Program Diploma

Program Diploma

Program Diploma Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berfokus untuk menjadi unggulan dalam bidang teknologi dan sains terapan di Indonesia, terutama yang menunjang pengembangan industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan melalui jalur vokasional. Program Diploma ITS menyiapkan peserta didik yang terampil pada bidang kerja tertentu sehingga siap terjun pada proyek dan pekerjaan riil. Program yang tersedia merupakan Diploma 4 Sarjana Terapan (D-IV) yang ditempuh selama empat tahun dengan beban kredit minimal 144 SKS. Program D-IV Sarjana Terapan, berada di bawah Fakultas Vokasi yang menyediakan 8 program studi. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi dan persyaratan program sarjana dapat diperoleh di SMITS.

Image

Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil

Program studi Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil mempersiapkan sarjana terapan untuk memiliki kompetensi dan kemampuan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip keilmuan khususnya dalam bidang infrastruktur untuk tujuan praktis meliputi gedung dan sarana transportasi. Lulusan program studi ini diharapkan untuk mempunyai wawasan yang luas dalam operasional, perbaikan, rehabilitasi, dan rekonstruksi bangunan sipil. Program studi D-1V Sarjana Terapan ini berada dibawah Departemen Teknik Infrastruktur Sipil.

Selengkapnya
Image

Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air

Program D-IV Sarjana Terapan ini berada dibawah Departemen Teknik Infrastruktur Sipil. Program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli yang berkompetensi di keilmuan infrastruktur sipil dalam tujuan praktis, khususnya di bidang bangunan air sebagai fokus dari program ini seperti bendungan, drainase, dan irigasi.

Selengkapnya
Image

Teknologi Rekayasa Manufaktur

Program Studi D-IV Sarjana Terapan ini berada di bawah Departemen Teknik Mesin Industri. Program studi Teknologi Rekayasa Manufaktur meningkatkan kompetensi mahasiswa pada bidang otomatasi industri, robotika, dan pengelasan, yang banyak dibutuhkan di industri bidang manufaktur. Lulusan program studi ini akan mempunyai kemampuan untuk menentukan proses dan kendali manufaktur secara tepat dan efisien, menerapkan teknik produksi, dan memperbaiki sistem manufaktur dan sistem produksi modern.

Selengkapnya
Image

Teknologi Rekayasa Konversi Energi

Program Studi D-IV Sarjana Terapan ini berada di bawah Departemen Teknik Mesin Industri. Teknologi Rekayasa Konversi Energi mendalami seputar energi terbarukan bermula dari prinsip dasar konversi energi, perancangan sistem, proses, produk, pemeliharaan komponen, hingga pengembangan teknologi terbaru yang menunjang konversi energi. Program studi ini menghasilkan lulusan dengan keahlian pemeliharaan otomotif dan mesin-mesin konversi energi.

Selengkapnya
Image

Teknologi Rekayasa Otomasi

Kemampuan dalam bidang otomasi dan kontrol sangat dibutuhkan di dunia industri. Program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomasi mencetak lulusan yang tidak hanya cakap dalam bidang otomasi, namun juga memiliki kemampuan yang dinamis serta konsep berfikir yang kreatif, mampu menerapkan, menganalisis, mengoptimasi dan mengembangkan bidang keahlian Teknologi Otomasi demi mendukung industri 4.0. Program studi ini berada di Departemen Teknik Elektro Otomasi

Selengkapnya
Image

Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Departemen Teknik Kimia Industri membuka program studi D-IV Sarjana Terapan Rekayasa Kimia Industri, bidang keahlian teknologi rekayasa proses berkelanjutan (clean & green technology) dalam menunjang pengembangan industri berbasis agro dan sumber daya maritim. Selama studi, mahasiswa mengembangkan laboratory skills, troubleshooting dan problem solving, merancang komponen teknologi proses, optimasi dan efisiensi proses, serta berjiwa technopreneur.

Selengkapnya
Image

Rekayasa Teknologi Instrumentasi

Sarjan Terapan (S.Tr) Teknologi Rekayasa Instrumentasi dirancang untuk mempersiapkan lulusan kompeten dalam perancangan, pembuatan, pengoperasian, pengujian (commisioning), trouble-shooting, perawatan, perbaikan sistem instrumentasi di industri proses dan jasa yang berbasis sistem cyber-physical serta pengembangan dalam bidang kontrol proses dan Internet of Things (IoT) sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ISO.

Selengkapnya
Image

Statistika Bisnis

Departemen Statistika Bisnis menawarkan jenjang pendidikan D-IV Sarjana Terapan Program Studi Statistika Bisnis. Dengan orientasi kurikulum Penerapan Statistika, prodi ini dapat mendukung penerapan dan hilirisasi riset dan pengembangan statistika. Prodi ini menyiapkan lulusannya untuk terampil dalam mengolah dan menganalisis data menjadi informasi yang mendukung proses pengambilang keputusan bisnis.

Selengkapnya