Fakultas Sains dan Analitika Data

Whistle Blowing System

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

adalah sebuah mekanisme yang disediakan bagi  seseorang (pelapor)  yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan ITS.

Bagaimana indikasi dan mekanisme pengaduannya ?
lebih lengkapnya BACA DISINI

Tentang Fakultas Kami

Fakultas Sains dan Analitika Data memiliki jejak perjalanan panjang dalam sejarah Kampus Pahlawan. Untuk mendukung visi ITS menjadi universitas bereputasi internasional atau World Class University, serta dalam rangka menjawab tantangan industri 4.0, pada tahun 2020 fakultas ini mendapat nama baru yakni Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD).

Fakultas yang berdiri pada tahun 1965 dengan nama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) ini saat itu hanya memiliki tiga departemen yaitu Fisika, Kimia, dan Matematika. 18 tahun setelah didirikan, nama FIPIA berubah menjadi FMIPA.

Pada tahun 1983 di dalam FMIPA bertambah satu departemen yakni Departemen Statistika. Perjalanan Fakultas MIPA terus berlanjut. Pada tahun 1998, departemen di FMIPA bertambah satu lagi yaitu Departemen Biologi.

Nama FMIPA bertahan hingga 19 tahun kemudian. Namun pada November 2018. berdasarkan Peraturan Rektor 2017, FMIPA dipisah menjadi dua fakultas. Yakni Fakultas Matematika, Komputasi dan Ilmu Data (FMKSD) yang menaungi Departemen Matematika, Statistika, dan Aktuaria, dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas Sains) yang menaungi Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi.

Akhirnya pada tahun 2020 kedua fakultas telah dipersatukan kembali di bawah naungan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) dengan tujuan menjawab tantangan Industri 4.0. Fakultas Sains dan Analitika Data memiliki beberapa departemen diantaranya:

NoDepartemenProdi SarjanaProdi MagisterProdi Doktor
1FISIKAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi A
2MATEMATIKAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi Baik
3STATISTIKAAkreditasi AAkreditasi UnggulAkreditasi A
4KIMIAAkreditasi AAkreditasi AAkreditasi A
5BIOLOGIAkreditasi AAkreditasi B
6AKTUARIAAkreditasi Baik

VISI

Fakultas yang unggul dan bereputasi internasional dalam pengembangan sains, matematika dan analitika data serta terapannya untuk kemanusiaan, kesejahteraan dan lingkungan

MISI

Misi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang sains, matematika, data analitika data serta terapannya untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

  1. Bidang Pendidikan : Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas internasional dalam bidang sains, matematika, dan analitika data. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai pengetahuan kewirausahaan.
  2. Bidang Penelitian : Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kreatif serta bereputasi internasional.
  3. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat : Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki fakultas untuk berperan aktif dalam menyelesaikan problem yang dihadapi oleh masyarakat, industri, dan pemerintahan.
  4. Bidang Manajemen : Pengelolaan kemampuan sumber daya antar departemen secara profesional dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Serta Mengembangkan jejaring dan bersinergi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri, masyarakat, dan pemerintahan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

FSAD bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara internasional di bidang Matematika, Statistika, Fisika, Kimia, Biologi  dan Aktuaria termasuk penerapannya.

INFORMATION

Image

Tim Spektronics ITS Berjaya Jadi Jawara Chem-E-Car di Jerman

Tim Spektronics ITS dengan bimbingan Prof. Hamzah Fansuri, S.Si., M.Si, PhD. berhasil meraih gelar juara pertama pada ajang Chem-E-Car yang diselenggarakan oleh kjVI VDI Germany

Selengkapnya
Image

Pendafataran Mahasiswa Baru

Informasi Seleksi Pendaftaran mahasiswa baru bisa diakses pada kolom ini

Selengkapnya
Image

Dua Orang Dosen Dilingkungan FSAD Telah Dikukuhkan

FSAD Telah Menambah dua Professor yang diantaranya Prof Dr Drs Muhammad Mashuri MT dari Departemen Statistika dan Prof Nurul Widiastuti SSi MSi PhD dari Departemen Kimia, adapun beritanya sebagai berikut

Selengkapnya
Image

Orasi Dari Prof.Dr. Drs Muhammad Mashuri, MT Departemen Statistika

Melalui penelitiannya tersebut, Prof Dr Drs Muhammad Mashuri MT menuturkan bahwa keseragaman produk suatu perusahaan menjadi salah satu patokan bahwa produk yang dihasilkan berkualitas.

Selengkapnya

Penghargaan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin siap mengambil peran dalam perkembangan industri modern saat ini yang dikenal dengan revolusi industri 4.0.
Image

Kegiatan

Salah satu bukti nyatanya adalah dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Gexcon Indonesia yang bergerak di bidang software (aplikasi) simulasi keselamatan pada suatu industri, Rabu (27/3).
Image
Image

Sumber Daya

Berlangsung di ruang kerja Rektor ITS, MoU ini ditandatangani langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dan Executive Vice President Gexcon Amerika Serikat (AS), Prof Jan Roar Bakke PhD.
Image

Kontribusi

Turut mendampingi dalam penandatanganan MoU tersebut adalah General Manager PT Gexcon Indonesia, Teguh Cahyono MSc dan Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari ST MEng PhD.

KOLABORASI

Fakultas Sains dan Analitika Data telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa daftar instansi yang telah bekerja sama.

DOWNLOAD

Faculty’s Brochure

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.