Pimpinan ITS

Pimpinan ITS

Untuk menjadi Universitas kelas dunia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dipimpin oleh orang luar biasa di jajaran Pimpinan ITS untuk mencapai tujuannya dan mengelola ITS sehari-hari. Para pimpinan ITS adalah orang-orang yang terpilih dan dipercaya oleh seluruh mahasiswa, aktivis akademik, dan pegawai ITS. Tentunya dalam melaksanakan tugasnya pimpinan ITS mendapatkan beban berat namun dengan visi misi dan bantuan dari kampus perjuangan maka menjadi kampus kelas dunia bukan tidak mungkin akan terwujud.

Rektor dan Wakil Rektor ITS

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. lahir di kota Sidoarjo pada tahun 1965. Ashari telah menyelesaikan pendidikan magister sampai doktornya di Curtin University Australia pada bidang Teknik Elektro, program sarjana ia tempuh di Teknik Elektro ITS. Tahun 2012, Guru besar Teknik Elektro ini pernah menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya untuk pengabdiannya selama dua puluh tahun. Ashari merupakan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang ke-12 untuk periode 2019-2024. Sebelumnya Ashari pernah menjabat sebagai Rektor Telkom University Periode 2013-2018. Dengan program ID 4.0 yang diusung oleh Ashari ditujukan untuk mempersiapkan ITS menjadi World Class Research and Innovative University pada era Revolusi Industri 4.0 dan Education 4.0.

Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T. lahir di Lumajang pada tahun 1964. Alumni Teknik Sistem Tenaga ITB ini telah menyelesaikan pendidikannya yang diawali dengan Pendidikan sarjana Sistem Tenaga Listrik (STL) Institut Teknologi Bandung, dilanjutkan dengan magister Sistem Pengaturan di Institut Teknologi Bandung dan memperoleh gelar doktornya di Hiroshima University Jepang pada bidang Kestabilan Sistem Tenaga Listrik. Penggagas beasiswa fasttrack dan program joint degree antara Indonesia dengan sejumlah negara seperti Prancis, Jerman, Thailand, dan Jepan ini telah memperoleh penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dari Pemerintah Indonesia. Adi pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITS Periode 2015-2019 dan saat ini diamanahkan sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS untuk periode 2019-2024.

Ir. Mas Agus Mardyanto, M.E., Ph.D.

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana

Ir. Mas Agus Mardyanto, M.E., Ph.D. lahir di Blora pada tahun 1962. Alumni Teknik Sipil ITS ini telah menempuh Pendidikan di Diploma III Teknik Sipil ITS dan melanjutkan ke Program Sarjana Teknik Sipil ITS, Kemudian Mas Agus menempuh Pendidikan magister of Engineering di Univeristy of Roorkee (Indian Institute of Tehcnology at Roorkee, India) dan berhasil menyelesaikan pendidikannya sebagai Doctorate in Philosophy bidang Teknik Sipil di University of Ottawa, Kanada. Pada tahun 2016 Mas Agus ditunjuk sebagai Direktur Direktorat Perencanaan dan Pengelolaan Sarana dan Prasarana ITS. Saat ini, Mas Agus ditugaskan sebagai Wakil Rektor II Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana ITS untuk periode 2019-2024.

Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng.

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi

Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng. merupakan alumni Teknik Industri ITS yang telah menyelesaikan pendidikan sebagai Doctor of Engineering pada bidang Teknik dan Manajemen Industri di Tokyo Institute of Technology, Jepang setelah sebelumnya menempuh Pendidikan sarjana di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan meraih gelar masternya di Dalhousie Univeristy, Nova scoti, Canada. Dosen Teknik Industri yang pernah menjabat sebagai Kepala Laboratorium Logistics dan Suppy Chain Management Departemen Teknik Industri ITS dan Ketua Program Eco Campus, saat ini ditugaskan sebagai Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi ITS untuk 2019-2024.

Bambang Pramujati, S.T., M.Sc.Eng., Ph.D.

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian

Alumni Teknik Mesin ITS ini memulai pendidikannya di program S1 Departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebelum melanjutkan ke jenjang S2 Teknik Mesin di University of Brimingham, England dan telah menyelesaikan pendidikan doktornya pada bidang Teknik Mesin di University of New Brunswick, Fredericton-Canada. Pada tahun 2015, Bambang menerima penghargaan dari Kemenristekdikti sebagai ketua departemen berprestasi saat menjabat sebagai Ketua jurusan pada tahun 2011-2018, selain itu Bambang juga dipercaya sebagai Reviewer Penelitian Nasional dan Pendirian Prodi Baru oleh DIKTI. Saat ini, dosen Teknik Mesin ini ditugaskan sebagai Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian ITS untuk periode 2019-2024.

Dr. Suhartono, M.Sc

Sekretaris Institut

Dr. Suhartono, M.Sc telah menyelesaikan Pendidikan S1 Statistika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan melanjutkan Pendidikan S2 Statistika di University of Manchester Institute of Science and Technology (UMIST) Manchester, England sebelum menempuh studi doktornya di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pascadoktoral di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dalam bidang statistika. Alumni Statistika ITS ini adalah seorang peneliti terkemuka di Departemen Statistika ITS dan aktif dalam penulisan jurnal di google scholar, resits, scopus dan SINTA serta berhasil memperoleh penghargaan sebagai dosen dengan publikasi ilmiah terbanyak di ITS dengan total 51 publikasi ilmah. Saat ini, Suhartono diamanahkan sebagai Sekretaris Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2020-2024.