Riset Mahasiswa

Peluang Penelitian untuk Mahasiswa

Peluang-penelitian-untuk-mahasiswa

ITS terus berupaya mencetak para peneliti muda yang memberikan kontribusi bagi kesejahteraan bangsa dan perkembangan ilmu pengetahuan dengan memberikan peluang penelitian untuk mahasiswa melalui riset. Upaya itu diimplementasikan melalui kegiatan praktikum yang memiliki bobot Satuan Kredit Semester (SKS) khusus dalam beberapa mata kuliah. Selain itu, kurikulum di ITS juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang penelitian atau kerja praktek di berbagai universitas, lembaga penelitian, atau perusahaan.

Tak perlu menunggu menjadi peneliti atau mahasiswa pascasarjana untuk melakukan penelitian. Di ITS, mahasiswa program sarjana juga aktif melakukan penelitian di luar sistem mata kuliah. ITS juga memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswanya untuk mengembangkan riset mahasiswa secara independen maupun bergabung dengan berbagai proyek penelitian yang dilakukan oleh dosen. Mahasiswa ITS melakukan penelitian secara independen melalui berbagai kompetisi dan sayembara dana hibah. Dengan meneliti, mahasiswa akan terlatih mengembangkan keterampilan analitik, manajerial, kerja sama tim, dan penyelesaian terhadap berbagai masalah.

Di bawah ini adalah berbagai peluang penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa ITS.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program-kreativitas-mahasiswa-(PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah program besutan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa merealisasikan kreativitasnya melalui bantuan dana. Terdapat beberapa kategori program yang didanai melalui PKM, yaitu bidang penelitian (PKM-P), bidang kewirausahaan (PKM-K), bidang pengabdian masyarakat (PKM-M), Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T), bidang karsa cipta (PKM-KC), bidang gagasan tertulis (PKM-GT), bidang artikel ilmiah (PKM-AI), dan bidang gagasan futuristik konstruktif (PKM-GFK). Selain itu, PKM juga mengakomodasi kategori gagasan tertulis dan artikel ilmiah dan memberikan insentif bagi program terbaik. Informasi lebih lanjut mengenai PKM, dapat diakses di sini.

Dana Bantuan ITS

Selain melalui PKM, ITS juga menyediakan sumber dana internal. Daftar sumber dana untuk mendapat bantuan penelitian mahasiswa tersaji sebagai berikut:

Dana Hibah

Sumber dana untuk penelitian juga dapat diperoleh melalui hibah dari berbagai lembaga donor maupun sayembara dari institusi penelitian dan perusahaan. Untuk memperolehnya, mahasiswa ITS bisa mengajukan proposal penelitian yang sesuai dengan tema kompetisi yang diselenggarakan. Daftar kompetisi riset dan peluang dana hibah untuk mahasiswa tersaji sebagai berikut: