Sarjana

PROGRAM SARJANA

Sarjana merupakan jenjang pendidikan Strata-1 atau biasa disingkat S1. Beban studi untuk meraih gelar Sarjana umumnya adalah 144 SKS (satuan kredit semester) dan secara normatif ditempuh selama 4 tahun. Berbeda dengan program sarjana terapan yang merupakan program pendidikan vokasi, program sarjana ini merupakan program pendidikan akademik.

Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan program pasca sarjana yang diarahkan pada penguasaan serta pengembangan cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Harapannya, para peserta didik mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Pendidikan akademis menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual berbudaya, mampu memasuki dan menciptakan lapangan kerja, serta mengembangkan diri menjadi profesional. Lulusan program sarjana berhak menggunakan gelar sarjana dan, jika diteruskan, dapat meraih gelar magister atau doktor.

Program Studi Sarjana di ITS

Program sarjana ITS  menyediakan 34 pilihan program studi yang dapat dipilih berdasarkan 7 bidang Fakultas. Fakultas Sains dan Analitika Data menyediakan 6 program studi sarjana. Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem menyediakan 6 program studi sarjana. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian menyediakan 6 program studi sarjana. Fakultas Teknologi Kelautan menyediakan 5 program studi sarjana. Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas menyediakan 6 program studi sarjana. Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital menyediakan 5 program studi sarjana. Program sarjana diambil selama empat tahun dengan beban kredit minimum 144 SKS.

Jadwal Penting

SNMPTN

Kegiatan Tanggal
Penetapan Siswa Eligible 4 Januari – 8 Februari 2022
Pengisian PDSS 8 Januari – 8 Februari 2022
Pendaftaran SNMPTN 14 – 28 Februari 2022
Pengumuman Hasil 29 Maret 2022

SBMPTN

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran UTBK  23 Maret – 15 April 2022
Pelaksanaan UTBK Gel. 1 17 – 23 Mei 2022
Pelaksanaan UTBK Gel. 2 28 Mei – 3 Juni 2022
Pengumuman Hasil 23 Juni 2022
Masa Unduh Sertifikat 25 Juni – 31 Juli 2022

Jalur Seleksi Program Sarjana Reguler

ITS membuka Program Sarjana Reguler melalui 4 periode jalur masuk. Program ini ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat. Program Sarjana Reguler ditempuh dalam waktu 4 tahun dengan dengan kewajiban merampungkan pendidikan minimal 144 SKS. Bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA/sederajat, ITS juga menawarkan Program Sarjana Terapan (untuk pendidikan vokasi) dan Program Sarjana Internasional (untuk pendidikan akademik bertaraf internasional).

Jalur Seleksi Program Sarjana RPL

ITS membuka 2 jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana RPL. Program ini ditujukan untuk mahasiswa/lulusan perguruan tinggi dengan capaian pembelajaran diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Program ini ditempuh dengan masa studi menyesuaikan SKS yang telah dicapai.

Home > Sarjana