SNBT

AYO, KULIAH DI ITS!

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan PTN. SNBT menggantikan SBMPTN dengan tujuan menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru PTN akan mendorong siswa di pendidikan menengah untuk belajar secara menyeluruh, fokus kepada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, lebih transparan, dan lebih terintegrasi.

Seleksi nasional berdasarkan tes dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer, yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK/sederajat dan Kejar Paket C yang lulus tahun 2023, 2022, dan 2021.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2023

Program Studi dan Daya Tampung SNBT

Institut Teknologi Sepuluh Nopember membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2023 untuk program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4). Berikut adalah program studi yang menerima mahasiswa baru melalui SNBT 2023.

Fakultas Program Studi Daya Tampung SNBT 2023
Fakultas Sains dan Analitika Data Fisika 80
Matematika 80
Statistika 60
Kimia 80
Biologi 48
Sains Aktuaria 36
Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia 18
Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem Teknik Mesin 72
Teknik Kimia 60
Teknik Fisika 60
Teknik Industri 60
Teknik Material 60
Teknik Pangan 12
Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian Teknik Sipil 54
Arsitektur 36
Teknik Lingkungan 39
Perencanaan Wilayah dan Kota 51
Teknik Geomatika 39
Teknik Geofisika 27
Fakultas Teknologi Kelautan Teknik Perkapalan 36
Teknik Sistem Perkapalan 42
Teknik Sistem Perkapalan (Joint Degree) 18
Teknik Kelautan 36
Teknik Transportasi Laut 15
Teknik Lepas Pantai 12
Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas Teknik Elektro 72
Teknik Biomedik 24
Teknik Komputer 24
Teknik Informatika 81
Sistem Informasi 57
Teknologi Informasi 24
Teknik Telekomunikasi 24
Teknologi Kedokteran 36
Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Desain Produk Industri 36
Desain Interior 36
Desain Komunikasi Visual 48
Manajemen Bisnis 36
Studi Pembangunan 41
Fakultas Vokasi Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil 27
Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air 27
Teknologi Rekayasa Manufaktur 27
Teknologi Rekayasa Konversi Energi 27
Teknologi Rekayasa Otomasi 39
Teknologi Rekayasa Kimia Industri 39
Teknologi Rekayasa Instrumentasi 39
Statistika Bisnis 39
Total 1.934

Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2023 sebagai berikut:

  1. Memiliki Akun SNPMB;
  2. Warga Negara Indonesia yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023);
    Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan Kepala Sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan;
  5. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021 atau 2022;
  6. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra;
  7. Hanya diperbolehkan mengikuti UTBK satu kali di tahun yang sama dengan hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN tahun 2023;
  8. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS.

Persyaratan Lain

Khusus pemilih program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, dan Desain Komunikasi Visual wajib mengunggah Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya pada saat pendaftaran SNBT. Informasi detail tentang Portofolio dapat dilihat di laman SNPMB.

Ketentuan Program Studi SNBT

Jalur SNBT dibuka untuk semua program studi sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diselenggarakan oleh ITS, kecuali kelas internasional.

  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN;
  2. Pilihan tidak terbatas pada jurusan asal dengan pilihan merdeka bertanggungjawab. Kesesuaian pemilihan program studi perlu dilakukan semenjak awal di sekolah menengah melalui eksplorasi minat bakat, mencari informasi dan mempelajari beragam keahlian dan keterampilan langsung dari beragam sumber yang relevan.

Ketentuan Lain

Peserta yang diterima di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun sebelumnya, sesuai kebijakan SNPMB, tidak bisa mengikuti Seleksi Nasional  Berdasarkan Tes (SNBT).

Mekanisme SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2023 dilakukan dengan menggunakan tes terstandar berbasis komputer dengan nama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa inggris. Tujuannya untuk menjamin calon mahasiswa memiliki penalaran, pemecahan masalah, serta kemampuan belajar yang tinggi sehingga dapat memahami materi yang akan diajarkan pada program studi spesifik. Selain itu, diharapkan terbentuknya kesempatan yang sama kepada semua calon mahasiswa dengan latar belakang ekonomi maupun kualitas pembelajaran sekolah asal yang berbeda.

Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) meliputi:

  1. Tes Potensi Skolastik
    TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.
  2. Penalaran Matematika
    Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
    Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Pengembang instrumen seleksi masuk PTN berdasarkan tes terdiri dari pakar di bidang penilaian yang sudah mempertimbangkan aspek teknis dalam pelaksanaan; termasuk waktu tes maupun tingkat kesulitan soal.

Peserta yang memilih program studi S1 Desain Produk Industri, S1 Desain Interior, dan S1 Desain Komunikasi Visual wajib menunggah Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya sebagai penilaian selain hasil nilai UTBK.

Biaya Pendaftaran SNBT

  1. Biaya UTBK-SNBT sebesar Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah).
  2. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Pendaftaran Peserta SNBT

Secara umum, tahapan pendaftaran SNBT sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/;
  2. Login menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/;
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data untuk mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, verifikasi biodata, serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision;
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT untuk memilih program studi, mengunggah portfolio, memilih pusat UTBK, dan memperoleh slip pembayaran biaya UTBK;
  5. Melakukan pembayaran;
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT dengan login kembali dan memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT.

Informasi mengenai tata cara pendaftaran UTBK-SNBT secara lengkap dapat diperoleh di laman SNPMB.

Biaya Pendidikan

Uang Kuliah Tunggal

Biaya pendidikan mahasiswa baru yang diterima melalui SNBT menggunakan satu komponen biaya, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT di ITS dibagi dalam 7 (tujuh) kategori yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa dan dibayarkan tiap semester. Indeks kemampuan ekonomi orang tua ditentukan pada saat daftar ulang. UKT diberlakukan untuk semua calon mahasiswa yang diterima di berbagai program studi melalui SNBT kecuali Program Studi Joint Degree.

Kategori Tarif UKT (Rp)
1 500.000
2 1.000.000
3 2.500.000
4 4.000.000
5 5.000.000
6 6.000.000
7 7.500.000
Khusus untuk program Joint Degree Teknik Sistem Perkapalan, biaya pendidikan sebesar Rp 20.000.000 per semester.

Beasiswa yang ada di ITS

Kartu Indonesia Pintar Kuliah

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Calon peserta penerima KIP-Kuliah terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program KIP-Kuliah di laman Pendaftaran KIP Kuliah.

KIP-Kuliah memberikan pembiayaan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya;
  2. Bebas biaya pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru;
  3. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi;
  4. Subsidi biaya hidup.

KIP-Kuliah ditujukan secara eksklusif hanya untuk yang tidak mampu secara ekonomi. Siswa yang secara akademik unggul tapi mampu secara ekonomi tidak diperkenankan mendaftar. Dalam hal mendaftar KIP Kuliah dan ternyata tidak layak menerima karena ternyata mampu secara ekonomi, ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

  1. Jika dianggap kelalaian ringan/tidak disengaja, tidak akan ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah namun dianggap sebagai mahasiswa reguler;
  2. Jika dianggap melakukan pengisian data yang tidak benar secara sengaja dan/atau pemberian bukti pendukung yang tidak sah (cara mendapatkannya) dapat dibatalkan statusnya dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

Beasiswa Lain

Selain KIP-Kuliah, ITS juga bekerjasama dengan berbagai instansi dalam pemberian beasiswa untuk mahasiswa ITS. Para mahasiswa bisa memperoleh beasiswa dari berbagai sumber dengan mekanisme pengajuan sesuai ketentuan lembaga pemberi beasiswa, seperti setelah dinyatakan diterima atau setelah mendapatkan Indeks Prestasi akademik.

Jenis lembaga pemberi beasiswa meliputi:

  1. Kementerian/Lembaga
  2. Pemerintah Daerah
  3. BUMN
  4. Swasta/Industri
  5. Yayasan
  6. Alumni ITS

Jadwal Penting SNBT 2023

Tahapan Tanggal Pelaksanaan
Pembuatan Akun SNPMB 16 Januari – 15 Februari 2023
Pembuatan Akun SNPMB (bagi yang tidak mengikuti SNBP): 16 Februari – 3 Maret 2023
Pendaftaran UTBK-SNBT 23 Maret – 14 April 2023
Pelaksanaan UTBK Gelombang I 8 – 14 Mei 2023
Pelaksanaan UTBK Gelombang II 22 – 28 Mei 2023
Pengumuman Hasil SNBT 20 Juni 2023
Daftar Ulang Akan diumumkan saat Pengumuman
Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB. Informasi lebih lanjut kunjungi website SNPMB.

Kontak Informasi

Sekretariat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung D Lantai 2, Komplek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Jalan Pintu I Senayan, Jakarta 10270
Telepon: (021) 3104041
Email: snpmb@bppp.kemdikbud.go.id; halo-snpmb@bppp.kemdikbud.go.id
Call Center: 0804 1 450 450 (Pukul 08.00 – 18.00 WIB)
Helpdesk: https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

Direktorat Pendidikan ITS

Subdirektorat Admisi
Gedung KPA Lantai 1, Kampus ITS Sukolilo
Sukolilo, Surabaya 60111
Whatsapp: 085233235726 (Pukul 08.00 – 16.00 WIB)
Email: admisi@its.ac.id

Home > SNBT