Profesi Insinyur

Pengumuman

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PROGRAM PROFESI INSINYUR (PSPPI) JALUR KERJASAMA SEMESTER GENAP 2023/2024 DISINI

 

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PROGRAM PROFESI INSINYUR (PSPPI) SEMESTER GENAP 2023/2024 DISINI

 

PENGUMUMAN TES WAWANCARA PSPPI SEMESTER GASAL 2023/2024 GELOMBANG II

Program Profesi Insinyur

Calon mahasiswa yang dapat mendaftar merupakan lulusan dari prodi Sarjana/ Sarjana Terapan berikut ini:

  • Teknik Geofisika
  • Teknik Geomatika/ Teknik Geodesi
  • Teknik Sipil
  • Perencanaan Wilayah Kota/ Planologi
  • Teknik Mesin
  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri
  • Teknik Fisika
  • Teknik Material dan Metalurgi
  • Teknik Elektro
  • Teknik Biomedik
  • Teknik Pangan
  • Teknik Lingkungan/ Teknik Penyehatan
  • Teknik Kelautan
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Sistem Perkapalan
  • Teknik Transportasi Laut
  • Teknik Informatika
  • Teknik Arsitektur

    Dalam Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di PSPPI ITS, mahasiswa direncanakan menempuh program satu semester dengan beban studi 24 SKS. Beban 24 SKS tersebut terbagi pada beberapa Mata Kuliah yaitu:

    1. Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks)
    2. Profesionalisme (2 sks)
    3. Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (2 sks)
    4. Praktek Keinsinyuran (12 SKS)
    5. Studi Kasus (4 sks)
    6. Seminar (2 sks)

    Sistem RPL Mata Kuliah Praktek Keinsinyuran (12 SKS):

    1. Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana terapan/ diploma empat.
    2. Selain itu, calon mahasiswa juga harus mengisi portofolio, yang berisi kegiatan keinsinyuran sejak lulus sarjana/ sarjana terapan bidang teknik
    3. Saat tes wawancara, dokumen self assessment dan portofolio kegiatan keinsinyuran tersebut akan dikonfirmasi ulang oleh Tim Penguji
    4. Tim Penguji memutuskan apakah mahasiswa diterima atau tidak menjadi mahasiswa di PSPPI ITS
    5. Proses self assessment, mengisi portfolio kegiatan keinsinyuran dan wawancara tersebut merupakan proses Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di PSPPI ITS, dan diakui sebagai Mata Kuliah Praktek Keinsinyuran (12 SKS).

    Sistem RPL Mata Kuliah Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (2 sks), Profesionalisme (2 sks) dan Keselamatan, Kesehatan, Keamanan Kerja dan Lingkungan (2 sks):

    1. Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana terapan/ diploma empat.
    2. Selain proses self assessment tersebut, mahasiswa akan diberi pembekalan pada minggu pertama tatap muka, yaitu pada minggu ke-1 sesuai kalender akademis ITS. Dalam pembekalan tersebut, mahasiswa akan diberi materi yang disertai dengan diskusi di dalam kelas. Di akhir pembekalan, mahasiswa akan diberi tugas terkait kode etik, profesionalisme dan K3L di tempat kerja masing-masing. Contoh bentuk tugas tersebut misalnya melakukan evaluasi atas sistem K3L di tempat kerja masing-masing mahasiswa, dsb.
    3. Pada minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-7 mahasiswa dapat berkomunikasi secara daring dengan dosen masing-masing, terkait tugas pembelajaran tersebut.
    4. Pada minggu ke-8 dilaksanakan tatap muka kedua yang kegiatannya dapat berupa pembahasan tugas dan/atau evaluasi, tugas lanjutan dan diskusi.
    5. Pada minggu ke-9 sampai dengan minggu ke-15 mahasiswa dapat berkomunikasi secara daring dengan dosen masing-masing, terkait tugas pembelajaran tersebut.
    6. Pada minggu ke-16 dilakukan evaluasi akhir.
    7. Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk ketiga mata kuliah tersebut.

    Sistem RPL Mata Kuliah Studi Kasus (4 SKS):

    1. Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana terapan/ diploma empat.
    2. Pada minggu ke-1 mahasiswa akan diberi studi kasus keinsinyuran yang harus dikerjakan. Konsultasi studi kasus tersebut dapat dilakukan secara daring antara mahasiswa dengan dosen.
    3. Minggu ke-16 mahasiswa melakukan presentasi hasil dari studi kasus.
    4. Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk Mata Kuliah Studi Kasus tersebut.

    Sistem RPL Mata Kuliah Seminar (2 SKS):

    1. Setelah calon mahasiswa melakukan pendaftaran, kemudian melakukan self assessment dengan cara menjawab pertanyaan secara daring. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus dijawab sesuai pengalaman yang sudah dilalui setelah selesai pendidikan di sarjana/ sarjana terapan/ diploma empat.
    2. Pengakuan mata kuliah ini adalah berupa pengalaman mahasiswa melakukan presentasi karya ilmiah pada forum ilmiah di bidang keinsinyuran. Sebagai bukti kegiatan tersebut mahasiswa harus mengunggah soft copy makalahnya (prosiding) pada proses self assessment di atas, disertai data kegiatan seminar, waktu dan lokasi kegiatan. Ketentuan lain dari syarat ini adalah bahwa mahasiswa harus menjadi penulis pertama dan mempresentasikan sendiri makalah tersebut. Apabila mahasiswa pernah melakukan hal tersebut maka akan dinilai sebagai bentuk RPL Mata Kuliah Seminar (2 sks).
    3. Dalam hal mahasiswa tidak memiliki karya ilmiah yang diseminarkan, maka presentasi di Mata Kuliah Studi Kasus merupakan pengganti dari poin 2 tersebut di atas.
    4. Hasil dari proses tersebut merupakan bentuk RPL untuk Mata Kuliah Seminar tersebut.

    Persyaratan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

    1. Berlatar belakang Sarjana (S1) bidang teknik / sarjana terapan bidang teknik yang didapat dari perguruan tinggi yang terakreditasi, minimal B.
    2. Berasal dari program studi yang termasuk dalam bidang konsentrasi pembimbingan yang ada di PSPPI ITS.
    3. Telah memiliki pengalaman kerja dalam praktik bidang keinsinyuran paling sedikit 2 (dua) tahun setelah lulus sarjana/ sarjana terapan tersebut.
    4. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
      • Self Assessment
      • Wawancara
    5. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.
    6. Bagi pendaftar harus mengisi portofolio pengalaman keinsinyurannya sesuai format, yang dapat diunduh disini.

    Persyaratan Program Reguler

    1. Lulusan sarjana bidang teknik atau lulusan sarjana terapan bidang Teknik (tanpa pengalaman keinsinyuran)
    2. Lulusan sarjana pendidikan bidang teknik atau sarjana bidang sains yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik melalui program penyetaraan dengan pengalaman kerja dalam Praktik Keinsinyuran paling sedikit 3 (tiga) tahun dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan perusahaan atau lembaga pemberi kerja dan/atau surat pernyataan
    3. Berasal dari program studi yang termasuk dalam bidang konsentrasi pembimbingan yang ada di PSPPI ITS.
    4. Lulus seleksi masuk/tes masuk :
      • Self Assessment
      • Wawancara
    5. Menyatakan kesanggupan untuk memenuhi ketentuan/prosedur akademik dan finansial yang berlaku.

    Profesi Insinyur

    Tata Cara Pendaftaran

    1. Melalui web ITS: https://smits.its.ac.id/reg/ppi/getkap/getkap.php calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
    2. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
    3. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,00
      melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).

      • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
    4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat https://smits.its.ac.id/reg/ppi/pinlogin.php , dengan login menggunakan KAP dan PIN.
    5. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
      1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
      2. Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
      3. Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4).
      4. Paper seminar yang pernah dipresentasikan dan sebagai penulis pertama (jika ada)
      5. Harus membuat isian pengalaman kegiatan keinsinyuran dengan format dapat diunduh disini
    6. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
    7. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
    8. Kartu peserta dibawa pada waktu test wawancara.
    9. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

    Uang Kuliah PSPPI ITS adalah sebagai berikut :

    Uang Kuliah RPL Keterangan
    Rp 12.500.000,00 Biaya kuliah selama 1 semester dan Pengenalan Sistem Informasi PSPPI – ITS

    Uang Kuliah Reguler

    (Per semester)

    Keterangan
    Rp 12.500.000,00 Masa perkuliahan 2 semester

    Waktu Pendaftaran

     

    Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Genap
    Pendaftaran 04 Maret 2024 – 25 April 2024
    Pengumuman Peserta Tes Wawancara 1 Mei 2024
    Pelaksanaan Tes Wawancara dan Tes Keinsinyuran 2 – 3 Mei 2024
    Pengumuman Kelulusan Tes Wawancara dan Tes Keinsinyuran 6 Mei 2024
    Pengisian SIPMABA secara online 7 – 9 Mei 2024
    Validasi Data 13 – 15 Mei 2024

    Pendaftaran Program Profesi Insinyur
    Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi ITS
    Jl. Cokroaminoto 12A, Surabaya

    WA (Admin PPI) Yusra: 081138006622
    Download Brosur PPI: bit.ly/Pra-Reg-PPI

    Butuh bantuan?