FAQ

AYO, KULIAH DI ITS!

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa myITS ID dan password saya?

MyITS ID bagi pendaftar adalah email yang didaftarkan saat pendaftaran akun dan sudah diverifikasi, digunakan untuk log in ke my.its.ac.id. Password diisikan sesuai dengan password yang dibuat setelah verifikasi di email masing-masing.

Bagaimana jika saya sudah menerima email verifikasi akun namun tidak diarahkan ke pembuatan password?

Silakan hubungi kami melalui Whatsapp 085233235726 dengan melampirkan tangkapan layar dari kendala yang ditemui dan sebutkan myITS ID.

Saya lupa password. Apa yang harus saya lakukan?

Buat tiket di servicedesk.its.ac.id dengan isian sebagai berikut:
Ticket Subject: Lupa Password myITS Admission
Email: (email/myITS ID)
Priority: High atau Urgent
Ticket Type: Permintaan
Unit of Destination: Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI)
Ticket Category: Layanan Web dan SIM
Ticket Body: (deskripsikan kendala, sebutkan nama lengkap, myITS ID/email)
No HP/Telp: (nomor HP yang aktif, jika bisa yang juga terhubung dengan Whatsapp)
Attach Files: (tangkapan layar dan foto KTP)

Saya sudah mengisi namun mengapa tidak bisa disimpan?

Pastikan semua isian data sudah diisi, kami sangat merekomendasikan untuk mengisi secara urut dari atas. Pastikan semua data sudah benar sebelum menyimpan. Jika data sudah benar dan berhasil tersimpan akan muncul notifikasi dan tanda centang hijau pada menu isian (diakses di bagian kiri atas pada tampilan mobile).

Mengapa saya tidak menemukan menu isian secara lengkap?

Pastikan semua data sudah terisi dengan lengkap dan benar serta semua menu telah tertanda centang hijau. Anda akan menemui simpan permanen (finalisasi) dua kali review, yakni di tahapan pengisian data awal (sampai menu parents dan documents – KTP/KK) dan tahapan pengisian data pendaftaran seleksi (sampai menu achievements dan documents – Motivation Letter/Surat Rekomendasi).

Saya sudah mengisi secara lengkap namun tetap tidak bisa disimpan dan tidak muncul centang hijau.

Jika ada isian tanggal, jangan diketik manual, melainkan harus menggunakan date picker dengan memilih tahun, bulan, dan tanggal. Pastikan semua sudah diisi sesuai yang diminta. Jika masih ada kendala, silakan refresh laman dan/atau log out dan log in kembali. Setelah dipastikan internet lancar namun tetap tidak bisa, hubungi kami di Whatsapp 085233235726 dengan menyertakan tangkapan layar isian yang tidak bisa disimpan dan myITS ID.

Jika orang tua saya tidak bekerja, pilihan mana yang harus saya isikan untuk penghasilan?

Jika orang tua tidak bekerja, seperti Ibu Rumah Tangga, penghasilan diisikan “Sampai dengan Rp500.000” sebagai data awal pendaftaran. Data riil dan lebih detail akan diminta saat peserta diterima dan melakukan daftar ulang untuk penentuan Biaya Pendidikan.

Apakah itu program Sarjana Terapan dan bedanya dengan program Sarjana?

Program Sarjana Terapan merupakan program pendidikan vokasi dengan beban dan masa studi setara dengan program Sarjana, yakni 144 SKS ditempuh dalam 4 tahun. Berbeda dengan program Sarjana yang menitik beratkan pada pengembangan keilmuan secara teori, program Sarjana Terapan lebih condong pada praktikal. Program Sarjana Terapan juga memberi kesempatan untuk Kerja Praktik atau magang industri lebih intensif, yakni 12 SKS. Dengan demikian, lulusan program Sarjana Terapan diharapkan lebih memiliki pengalaman kerja selama kuliah untuk dapat mudah terserap dalam dunia kerja industri.

Apakah ITS menerima mahasiswa baru melalui jalur Tahfidz Qur’an?

ITS mengakui penghapal kitab suci sebagai sebuah prestasi yang membanggakan dengan memberikan nilai tambahan pada Jalur SNMPTN dan Seleksi Prestasi dengan syarat hapalan minimum 10 juz yang dibuktikan dengan surat keterangan. Surat ini juga dapat dilampirkan dalam seleksi Reguler dan Mandiri (untuk program Sarjana Terapan), SKM (untuk program Sarjana Reguler), dan seleksi IUP (untuk program Sarjana Internasional), sebagai pertimbangan kelulusan peserta.

Bagaimana jalur masuk program Sarjana Terapan? Apakah sama dengan jalur seleksi program Sarjana?

Jalur masuk program Sarjana Terapan berbeda dengan program Sarjana. Sarjana Terapan dibuka melalui seleksi Prestasi, seleksi Reguler, dan seleksi Mandiri. Seleksi Prestasi ditujukan untuk siswa kelas 12 yang memiliki prestasi luar biasa. Seleksi Reguler dan Mandiri merupakan tes masuk ITS dengan menggunakan nilai UTK atau Tes Kemampuan Akademik yang diselenggarakan oleh ITS.

Apakah lulusan gap-year dapat mendaftar di ITS?

Tentu. ITS membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA pada dua tahun sebelumnya (gap-year graduate) untuk menjadi mahasiswa ITS melalui jalur SBMPTN dan SKMP (untuk program Sarjana Reguler), jalur Reguler dan Mandiri (untuk program Sarjana Terapan), dan semua periode IUP Admission (untuk program IUP).

Apa saja persyaratan untuk mendaftar di ITS?

Persyaratan pendaftaran di ITS berbeda tergantung pada jalur atau seleksi masuk ITS yang diambil. Informasi lebih detail mengenai seleksi penerimaan masuk ITS tahun 2022 dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/ dengan memilih program yang dituju dan jalur seleksi yang diinginkan, kemudian pilih tab Persyaratan/Ketentuan/Requirements.

Kapan seleksi penerimaan program ini dilaksanakan?

Detail informasi mengenai tanggal dan tahapan pendaftaran dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/  dengan memilih jalur seleksi yang diinginkan, kemudian pilih tab Jadwal Penting/Important Dates.

Apakah siswa/lulusan SMK dapat mendaftar di ITS?

Siswa/Lulusan SMK dapat mendaftar di ITS pada program studi tertentu dengan menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik yang diterima nantinya dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Calon pendaftar dapat mengakses informasi tentang program studi termasuk kurikulumnya di https://www.its.ac.id/program-studi/ sebagai gambaran proses perkuliahan program studi yang dituju.

Apakah jurusan sekolah saya bisa masuk di program studi yang saya inginkan?

Seluruh program studi di ITS pada program Sarjana Terapan dapat didaftar oleh siswa/lulusan dari SMA/MA jurusan IPA. Siswa/lulusan dari SMK dengan jurusan relevan (dengan bidang mirip) dapat mendaftar di program studi tertentu.

Nilai mata pelajaran atau nilai materi tes UTBK/TKA ITS apa yang diutamakan dalam proses seleksi program studi di ITS?

Pada dasarnya, ITS menganggap semua mata pelajaran atau materi tes UTBK/TKA ITS adalah sama penting dan saling melengkapi keilmuannya. Sehingga ITS tidak membeda-bedakan nilai satu dengan lainnya karena semua mata pelajaran dan/atau nilai tes menunjukkan kemampuan siswa/peserta seleksi dan menunjang pembelajaran di perguruan tinggi secara langsung ataupun tidak langsung.

Berapa passing grade untuk tiap program studi di ITS?

Tidak ada passing grade pada proses seleksi. Informasi yang tersedia adalah jumlah kapasitas mahasiswa yang diterima tahun ini dan data peminat pada tahun sebelumnya. Peserta seleksi dapat menggunakan data tersebut sebagai prediksi tingkat keketatan relatif program studi di ITS.

Bisakah saya menggunakan nilai UTBK untuk mendaftar di jalur regular atau mandiri Sarjana Terapan ITS?

Bisa, peserta seleksi dapat menggunakan antara nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA ITS) atau nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan LTMPT.

Jika saya sudah pernah mengikuti TKA ITS tahun sebelumnya apakah bisa digunakan untuk mendaftar tahun ini?

Tidak bisa. Peserta wajib mengikuti Tes Kemampuan Akademik yang diselenggarakan pada tahun seleksi untuk kesetaraan penerimaan secara adil. Informasi mengenai Tes Kemampuan Akademik ITS dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/.

Nilai mata pelajaran atau nilai materi tes UTBK apa yang diutamakan dalam proses seleksi program studi di ITS?

Pada dasarnya, ITS menganggap semua mata pelajaran atau materi tes UTBK/TKA ITS adalah sama penting dan saling melengkapi keilmuannya. Sehingga ITS tidak membeda-bedakan nilai satu dengan lainnya karena semua mata pelajaran dan/atau nilai tes menunjukkan kemampuan siswa/peserta seleksi dan menunjang pembelajaran di perguruan tinggi secara langsung ataupun tidak langsung.

Apakah jurusan sekolah saya bisa masuk di program studi yang saya inginkan?

Siswa/lulusan SMA/MA dari jurusan IPA dapat mendaftar di semua program studi di ITS dengan nilai rapor IPA dan/atau nilai UTBK Saintek, kecuali peminat program studi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan, peserta dari jurusan IPA harus memiliki nilai UTBK Soshum (SBMPTN dan SKM).
Siswa/lulusan SMA/MA dari jurusan IPS dapat mendaftar di program studi Manajemen Bisnis dan Studi Pembangunan dengan nilai rapor IPS dan/atau nilai UTBK Soshum (SBMPTN dan SKM). Selain itu, peserta dari jurusan IPS juga dapat mendaftar di program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual dengan nilai UTBK Saintek (SBMPTN dan SKM).
Siswa/lulusan SMK dapat mendaftar di beberapa program studi di ITS dengan persyaratan jurusan relevan dengan program studi yang dituju.

Apakah siswa/lulusan SMK dapat mendaftar di ITS?

Siswa/Lulusan SMK dapat mendaftar di ITS pada program studi tertentu dengan menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik yang diterima nantinya dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Calon pendaftar juga dapat mengakses informasi tentang program studi termasuk kurikulumnya di https://www.its.ac.id/program-studi/ sebagai gambaran proses perkuliahan program studi yang dituju.

Kapan seleksi program ini dilaksanakan?

Detail informasi mengenai tanggal dan tahapan pendaftaran dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/sarjana/ dengan memilih jalur seleksi yang diinginkan, kemudian pilih tab Jadwal Penting/Important Dates.

Apakah lulusan gap year dapat mendaftar di ITS?

Tentu. ITS membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA pada dua tahun sebelumnya (gap-year graduate) untuk menjadi mahasiswa ITS melalui jalur SBMPTN, Seleksi Prestasi dan SKM (untuk program Sarjana Reguler), jalur Reguler dan Mandiri (untuk program Sarjana Terapan), dan semua periode IUP Admission (untuk program IUP).

Apa saja persyaratan untuk mendaftar di ITS?

Persyaratan pendaftaran di ITS dapat berbeda tergantung pada jalur atau seleksi masuk ITS yang diambil. Informasi lebih detail mengenai seleksi penerimaan masuk ITS dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/ dengan memilih program yang dituju dan jalur seleksi yang diinginkan, kemudian pilih tab Persyaratan/Ketentuan/Requirements.

Bagaimana cara masuk program Sarjana di ITS?

Jalur seleksi program Sarjana meliputi SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Prestasi, SKM, dan IUP. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah proses penjaringan siswa kelas 12 berprestasi yang diselenggarakan oleh LTMPT dengan mengikuti mekanisme LTMPT. SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi dengan tes tulis (Ujian Tulis Berbasis Komputer/UTBK). Seleksi Prestasi, SKM (Seleksi Kemitraan dan Mandiri), dan IUP adalah proses seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh ITS untuk menjaring dan membuka peluang bagi peminat program studi ITS. Informasi lebih lanjut tentang penerimaan mahasiswa program Sarjana dapat diakses di https://www.its.ac.id/admission/sarjana/.

Apakah siswa SMK dapat mendaftar program Sarjana di ITS?

Siswa/Lulusan SMK dapat mendaftar di ITS pada program studi tertentu dengan menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik yang diterima nantinya dapat mengikuti perkuliahan dengan baik.

Apakah ITS memberikan golden ticket atau free pass untuk menjadi mahasiswa ITS?

Golden ticket atau free pass merupakan hak istimewa yang diberikan oleh ITS melalui program studi kepada siswa berprestasi melalui proses seleksi dalam lomba atau kompetisi yang diselenggarakan oleh ITS. Informasi mengenai golden ticket atau free pass dapat diakses secara berkala di media sosial ITS untuk kegiatan-kegiatan yang memberikan kesempatan ini. Hak istimewa ini hanya dapat digunakan dengan jalur masuk SNMPTN atau jalur Prestasi.

Apakah ITS menerima mahasiswa baru melalui jalur Tahfidz Qur’an?

ITS mengakui penghapal kitab suci sebagai sebuah prestasi yang membanggakan dengan memberikan nilai tambahan pada Seleksi Prestasi Sarjana dengan syarat hapalan 30 juz yang dibuktikan dengan surat keterangan. Surat ini juga dapat dilampirkan dalam seleksi Reguler dan Mandiri (untuk program Sarjana Terapan), SKM (untuk program Sarjana Reguler), dan seleksi IUP (untuk program Sarjana Internasional), sebagai pertimbangan kelulusan peserta.

Apakah ITS memprioritaskan pendaftar dari sekolah dari kawasan tertentu?

Tidak. ITS membuka kesempatan yang adil dan merata sesuai dengan kemampuan atau capaian peserta dalam proses seleksi. ITS terbuka bagi seluruh WNI dan WNA dari seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ITS.

Apa saja portofolio yang harus disiapkan untuk mendaftar di program studi Desain Produk, Desain Interior, atau Desain Komunikasi Visual?

Secara umum, portofolio digunakan untuk mengukur kemampuan pendaftar untuk dinilai guna kelancaran proses pendidikan nantinya selama perkuliahan. Informasi lebih lanjut dan terkini dapat diakses saat pendaftaran berlangsung di laman https://ltmpt.ac.id untuk jalur (SNMPTN dan SBMPTN) dan https://its.ac.id/admission/.

Bagaimana cara mendapatkan informasi kapasitas penerimaan mahasiswa baru dan perbandingan keketatan pada penerimaan tahun sebelumnya?

Informasi kapasitas mahasiswa yang diterima akan diumumkan secara resmi oleh LTMPT (untuk program Sarjana jalur SNMPTN dan SBMPTN) dan oleh ITS untuk program lain dan/atau jalur lainnya melalui halaman website Admisi ITS di https://its.ac.id/admission/.

Apakah saya bisa menggunakan nilai UTBK SBMPTN atau TKA ITS tahun sebelumnya untuk mendaftar ke ITS?

Tidak bisa. Peserta wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau Tes Kemampuan Akademik yang diselenggarakan pada tahun seleksi untuk kesetaraan penerimaan secara adil. Informasi mengenai Tes Kemampuan Akademik ITS dapat diakses di halaman https://www.its.ac.id/admission/.

Berapa passing grade untuk tiap program studi di ITS?

Tidak ada passing grade pada proses seleksi. Informasi yang tersedia adalah jumlah kapasitas mahasiswa yang diterima tahun ini dan data peminat pada tahun sebelumnya. Peserta seleksi dapat menggunakan data tersebut sebagai prediksi tingkat keketatan relatif program studi di ITS.

Apakah jumlah alumni yang diterima di ITS di tahun-tahun sebelumnya berpengaruh terhadap kelulusan seleksi adik kelasnya?

ITS melaksanakan proses seleksi sesuai dengan nilai pendaftar, dengan mempertimbangkan peringkat sekolah sebagai acuan prestasi dan keketatan pembelajaran di sekolah terkait. Jumlah alumni yang sudah diterima di ITS tidak memberikan pembobotan dalam proses seleksi.

Jika saya tidak mengikuti UTBK SBMPTN, apakah saya bisa mendaftar ke ITS?

ITS menyadari tidak semua lulusan SMA/MA/SMK mengikuti SBMPTN, sehingga ITS memberikan kebijakan selain menggunakan UTBK, Seleksi Kemitraan dan Mandiri (Sarjana), seleksi Reguler dan Mandiri (Sarjana Terapan) juga dapat menggunakan nilai Tes Kemampuan Akademik yang diselenggarakan oleh ITS. Informasi mengenai Tes Kemampuan Akademik ITS dapat diakses di halaman https://its.ac.id/admission/.

What makes International Undergraduate Program different to regular one?

International Undergraduate Program (IUP) provides education with international standard by using English as the language of instruction. The number of student in IUP class will be maintained to make sure the education goals can be obtained by the low student-faculty ratio. Thus, the interaction between lecturer and student during the lecture can be more intensive. The students of this program can also get the benefit to take a part in international exposure activities through study abroad (outbound) in summer/short program, student exchange, or even joint degree program (in some study programs which have already had the partnership with abroad universities). Even more, they can manage to apply the internship in multinational company to expand their experience and career insight. By all of these experiences, the graduates of IUP will be expected to be more ready to step into global chance in careers or further studies.

When will IUP registration open to applicants?

There will be three periods of enrolment which you can apply. You can check the detailed information of IUP admission including the date of registration, interview, announcement, until the re-registration of your acceptance in our IUP website https://www.its.ac.id/admission/iup/.

What should I prepare to apply IUP?

The requirements of the enrolment can be accessed in IUP Admission page https://www.its.ac.id/admission/iup/. Overall, for the registration, all registrants have to prepare the academic score, one of language proficiency tests result, and motivation letter. For the registrants from abroad, there are some additional requirements which have to be completed.

Which academic report/test result will be prioritized to apply if I have some of them?

You can choose one of the academic report requirement which you have already had. If you are from Indonesian national curriculum-based school, you can use your GPA in academic report. If you are from international curriculum-based school, you can choose among GPA in academic report, A-level, or SAT.

How can I register myself to IUP Admission in ITS?

IUP Admission will be open into three periods of enrolment. You can apply to any period when you are ready with all of the requirements set by ITS. All of the information you need in IUP Admission can be accessed in https://www.its.ac.id/admission/iup/. All of the registration process will be held online by accessing our registration page in https://admission.its.ac.id/.

Can Indonesian nationality graduate from Indonesian national curriculum-based school propose IUP?

Sure. IUP is open to all graduates both Indonesian nationality or non-Indonesian nationality from any curriculum schools in Indonesia or abroad, as long as they fulfil the requirements set by ITS, namely sufficient academic ability and good English language skills.

Do I have to upload English proficiency test result? What should I do if I have not taken the test, can I take it in ITS?

In registering yourself into IUP, you are expected to have English proficiency test result with the predetermined score to upload. But if you don’t have any of them, you can choose to take the TOEFL test held by ITS during the selection process.

Will IUP students get a double degree?

Basically, IUP is not a joint degree/double degree program. For students in study programs that already have a joint degree collaboration, have the opportunity to join the joint degree program.

What is joint degree program?

The students of its program will gain experience studying at ITS and overseas university which already have partnership with the study program in ITS. The graduates of this program will get the bachelor’s degree from ITS and partner university.

What if I join the study program of IUP which offer joint degree, but I choose not to take a part in it?

You can take one or more of other international exposure activities, such as internship in multinational company, student exchange, short/summer program, or study excursion. We encourage our IUP students to have the international activities experience for their global insight to complete their program.

Will the tuition and living cost of international outbound study be paid of ITS or charged to participants?

All costs required for studying abroad are borne by the participants. ITS will help to guide the process of the student’s education in overseas university through our International Office.

Bagaimana bila skor TOEFL dibawah yang dipersyaratkan?

Silahkan mendaftar terlebih dahulu, bila nanti diterima dengan skor TOEFL dibawah yang dipersyaratkan maka akan diwajibkan ikut Program Pengayaan Bahasa di ITS

Apakah sertifikat TOEFL yang digunakan untuk mendaftar harus keluaran dari lembaga tertentu?

Tidak ada ketentuan mengenai hal ini, namun kesempatan diterima akan lebih besar bila menggunakan TOEFL ITP dari ETS atau menggunakan sertifikat TOEFL keluaran Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Bagaimana bila skor TPA dibawah yang dipersyaratkan?

Mohon Bapak/Ibu dapat melakukan tes ulang sehingga mencapai skor minimal yang disyaratkan

Bagaimana bila akreditasi prodi/kampus saya dibawah yang dipersyaratkan?

Mohon menginformasikan nama Perguruan Tinggi dan program studi yang Saudara/I ambil di Pendidikan sebelumnya, kami akan mengkonfirmasi sesudahnya.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan LoA?

Permohonan LoA dibagi 2 (dua) kategori:

  1. Pada saat mengisi form pendaftaran, mohon centang (V) permintaan LoA
  2. Apabila tidak mencentang permintaan LoA pada saat mengisi form pendaftaran, mohon mengajukan permohonan LoA kepada Program Studi dimana Saudara/I melamar, dan dari Prodi akan menyampaikan kepada Tim Pasca. Bapak/Ibu dapat menghubungi WA Admin Prodi Pascasarjana di program studi yang bersangkutan. Untuk nomer WA Admin Prodi dapat berkomunikasi kepada kami untuk informasinya. WA Official Pascasarjana 0811-3050-0022/0811-3050-0033 (chat only).

Bagaimana caranya untuk mendapat Pengembalian ke Instansi Asal?

Mohon mengajukan surat permohonan ke instansi asal kepada Program Studi yang bersangkutan, dalam hal ini dapat mengkontak admin prodi masing-masing. Dari Prodi yang bersangkutan akan meneruskan kepada Tim Pasca.  Bapak/Ibu dapat menghubungi WA Admin Prodi Pascasarjana di program studi yang bersangkutan. Untuk nomer WA Admin Prodi dapat berkomunikasi kepada kami untuk informasinya. WA Official Pascasarjana 0811-3050-0022/0811-3050-0033 (chat only).

Kapan Pendaftaran Pascasarjana ITS dibuka?

Informasi lengkap mengenai jadwal pendaftaran, persyaratan, tata cara pendaftaran pascasarjana, dll silahkan mengunjungi website admisi pascasarjana di laman https://www.its.ac.id/admission/pascasarjana/

Berapa jumlah minimal mahasiswa yang dibutuhkan untuk membuka kelas kerjasama?

Minimal 8 orang

Bagaimana cara saya mengetahui apakah prodi yang saya inginkan membuka kelas tertentu atau tidak atau membuka pendaftaran di semester ini atau tidak?

Silahkan mengunjungi laman https://www.its.ac.id/admission/pascasarjana/ pilih RPL atau non RPL lalu pilih menu Program Studi

Berapa biaya studi untuk program pascasarjana ITS?

Informasi lengkap mengenai biaya studi, jadwal pendaftaran, persyaratan, tata cara pendaftaran pascasarjana, dll silahkan mengunjungi website admisi pascasarjana di laman https://www.its.ac.id/admission/pascasarjana/

Saya membutuhkan surat pengembalian ke instansi asal, bagaimana prosedur pengajuannya?

Mohon kontak Admin Prodi di program studi yang bersangkutan untuk pengajuan suratnya. Dari departemen akan memproses langkah selanjutnya.

Saya melakukan tunda kuliah di semester sebelumnya, sekarang saya ingin berkuliah di semester yang akan datang, apa yang harus saya lakukan?

Mohon kontak Admin Prodi di program studi yang bersangkutan untuk pengajuan surat pengaktifan kembali. Dari departemen akan mengajukan permohonan kepada kami.

Pertanyaan disini

Jawaban disini

Pertanyaan disini

Jawaban disini

Pertanyaan disini

Jawaban disini

Home > FAQ