Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Banguna Air (S.Tr-TRKBA)

Program Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Banguna Air (S.Tr-TRKBA)

Program Sarjana Terapan (S.Tr) beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S-1 (Sarjana) merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penelitian, maka program Sarjana Terapan merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dan dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja.
Selain kemampuan akademis dan teknis, mahasiswa Sarjana Terapan TRKBA akan dibekali juga dengan kemampuan berkomunikasi efektif melalui media lisan dan tulisan, serta kemampuan berorganisasi dan soft skill lainnya, seperti Kemampuan Berbahasa Asing; mendayagunakan Teknologi Informasi; Pengetahuan Etika & Tanggung-jawab Profesi; Kepribadian Berintegritas Tinggi; Technopreneur; Kepemimpinan serta Kerjasama Dalam Tim. Lulusan Sarjana Terapan TRKBA juga dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi misalnya, Magister (S2), Magister Terapan (S2 terapan), Doktor (S3), serta Doktor Terapan (S3 terapan).

Kurikulum

Kurikulum S.Tr – TRKBA didesain untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi menjadi engineer perencana dan pengawas bangunan air. untuk dapat mencapai kompetensi tersebut, maka capaian tingkat kompetensi mahasiswa yang dicapai sebagai berikut:

  • Tahun ke-1:¬†Kemampuan menggambar teknik, berbahasa, pengetahuan basic science, agama, dan nasionalisme.
  • Tahun ke-2:¬†Kemampuan melakukan surveying dan testing material sesuai standard SNI / Standard internasional yang diadopsi.
  • Tahun ke-3: Kemampuan Rekayasa dan Pengendalian Banjir, RAB & Penjadwalan Proyek. Kemampuan Rekayasa Pengembangan Sumber2 Air, Irigasi, Rekayasa Sungai dan Pengendalian Moroflogi. Rekayasa Struktur Bangunan Air.
  • Tahun ke-4: Pengetahuan Etika dan Aspek Hukum dalam Industri Konstruksi, Sistem Manajemen K3L, Konstruksi dan Pemeliharaan Bangunan Penangkap Air.

Silabus