tentang Fakultas Vokasi

    Butuh Bantuan?

    Silakan hubungi kami di sini:

    Sambutan Dekan

    Prof. Ir. Muhammad Sigit Darmawan, M.Eng.Sc., Ph.D., IPM (HAKI), AM (PII).

    Fakultas Studi Vokasi (FV) adalah salah satu fakultas baru di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), yang didirikan di bawah Undang-Undang Rektor Nomor 10 pada tahun 2016 dan telah mulai beroperasi pada 26 Januari 2017. Namun, Tradisi program kejuruan di ITS telah dimulai pada tahun 1972 ketika ITS membuka program studi 3 tahun (Diploma-III) di bidang Teknik Sipil dan Teknik Mesin.Tujuan utama dari Fakultas Vokasi adalah untuk menghasilkan lulusan yang berpendidikan, terampil, kompeten, dan bersertifikat. Lulusan dari fakultas ini diharapkan siap bekerja setelah menyelesaikan program studi mereka. Berbeda dengan program akademik, yang berkonsentrasi pada pengembangan sains dan teknologi, program kejuruan fokus pada penerapan sains dan teknologi.Mulai dari 2019, semua program studi 3 tahun (Diploma-III) akan ditingkatkan menjadi program studi 4 tahun (Sarjana Sains Terapan atau Diploma-IV). Saat ini, terdapat 8 (delapan) program studi yang beroperasi di Fakultas Vokasi:

    •     Teknologi Teknik Manajemen dan Perawatan Bangunan Sipil
    •     Teknologi Rekayasa Konstruksi Pengairan
    •     Teknologi Rekayasa Pabrikan
    •     Teknologi Rekayasa Konservasi Energi
    •     Teknologi Rekayasa Otomasi
    •     Teknologi Rekayasa Kimia Industri
    •     Teknologi Rekayasa Instrumentasi
    •     Statistik Bisnis

    Sebagai Dekan Fakultas Studi Vokasi, saya percaya bahwa dengan peningkatan dan pembukaan program-program baru ini, fakultas ini dapat berkontribusi lebih banyak pada tiga program utama ITS, yaitu Internasionalisasi, Kontribusi Nasional, dan Transformasi Organisasi. Staf pengajar kami memiliki kerja sama yang sangat kuat dengan industri dan mengembangkan program pertautan melalui penelitian bersama dan layanan publik. Kurikulum kami terdiri dari lebih dari 60% pekerjaan praktis, yang meliputi pekerjaan laboratorium, kerja lapangan, dan magang industri. Di masa depan, program gelar ganda dengan universitas asing akan ditawarkan kepada siswa.Kami ingin mengundang siswa dari seluruh Indonesia untuk belajar di salah satu program studi di Fakultas Vokasi untuk mewujudkan impian mereka.

    Prof. Ir. Muhammad Sigit Darmawan, M.Eng.Sc., Ph.D., IPM (HAKI), AM (PII).

    Dekan Fakultas Vokasi

    STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS VOKASI

    SEJARAH FAKULTAS VOKASI

    Sejarah Fakultas Vokasi

    Struktur organisasi tingkat Fakultas.Tugas dan fungsi Fakultas beserta organ yang dibawahinya ditetapkan di dalam Organisasi dan Tata Kerja ITS.