Fokus Riset

Riset untuk Kepentingan Bangsa, Ilmu Pengetahuan dan Kemanusiaan

ITS merupakan kombinasi unik antara rumpun keilmuan sains, teknik, bisnis dan seni. Rumpun keilmuan tersebut memberikan karakter bagi ITS sebagai perguruan tinggi unggul yang mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa, ilmu pengetahuan, dan kemanusiaan. Penelitian di ITS difokuskan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dan dunia, mulai dari perubahan iklim, krisis energi, keamanan negara, serta kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Penelitian tersebut telah menghasilkan berbagai macam penemuan penting dalam ilmu pengetahuan dan menginspirasi lahirnya teknologi mutakhir untuk menjawab kebutuhan manusia. Hasil penelitian dari civitas academica ITS selalu dikomunikasikan kepada masyarakat ilmiah melalui publikasi di jurnal internasional terakreditasi. Pada 2017, ITS menduduki peringkat kelima sebagai perguruan tinggi dengan publikasi terbanyak di Indonesia yang terindeks Scopus. Rata-rata pertumbuhan publikasi ilmiah di ITS dalam lima tahun terakhir sebesar 39,06 persen, tercepat kedua di Indonesia. Angka-angka itu menunjukkan bahwa ITS sangat produktif dalam menghasilkan penelitian.

Terdapat sembilan bidang unggulan yang menjadi fokus penelitian di ITS. Fokus penelitian ini dikelola oleh pusat studi yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Bidang unggulan ini menjadi wadah penelitian inter, trans, dan multi-disipliner dari berbagai departemen di ITS. Para peneliti ITS saling berkolaborasi dan menghilangkan sekat antar bidang ilmu. Eksplor sembilan fokus penelitian yang terdapat di ITS berikut ini.

Berita

Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Eksplor lebih lanjut riset dan inovasi di ITS, khususnya energi, kelautan, dan pemukiman berwawasan lingkungan, yang menjadi bidang unggulan ITS.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.

Beranda > Riset > Fokus Riset