Penghargaan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberikan apresiasi penghargaan ITS kepada insan yang memiliki jasa besar kepada bangsa Indonesia. Penerima apresiasi ini berdasarkan ketokohan yang dikagumi masyarakat atas pencapaiannya dan yang menyumbang kontribusi besar bagi ITS. Apresiasi yang diberikan dapat berupa gelar kehormatan Honoris Causa (H.C.) dan ITS Awards. Dalam ITS Award, penghargaan yang diberikan ITS terbagi menjadi lima kategori. Diantaranya adalah Penghargaan Sepuluh Nopember, Penghargaan Angka Nitisastro, Penghargaan Dosen Inovatif, Penghargaan Dosen Berprestasi Nasional dan penghargaan bagi perusahaan yang memiliki kerja sama apik dengan ITS.

Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa diberikan dalam bidang Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada puncak peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada 04 Maret 2015.

Dr. (H.C.) Hermawan Kartajaya, S.E, M.Sc

Gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa pertama sepanjang sejarah ITS diberikan dalam pencapaian ilmu pemasaran dunia. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada Tanggal 15 Desember 2010.

Prof. Dr. Ir. Rahardi Ramelan M.Sc

Gelar Professor diberikan dalam bidang Ilmu Sistem Manufaktur. Penganugerahan gelar ini, diberikan pada Rapat Terbuka Senat ITS pada tanggal 22 Nopember 1997.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA

Beliau telah berjasa bagi bangsa dengan menjadi Rektor ITS periode 2003-2007 dan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia periode 2009-2014. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Ir. Agus Rahardjo M.S.M.

Beliau adalah alumni Teknik Sipil ITS yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Prof. Ir. Priyo Suprobo, M.S., Ph.D.

Beliau adalah orang yang memiliki prestasi, penelitian, dan kontribusi besar dalam menggali, mengembangkan, dan mensosialisasikan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan/atau seni atas nama ITS. Kini, dipercayakan sebagai salah satu anggota Majelis Wali Amanat ITS. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ke-60 ITS.

Dr. Ir. Dwi Sucipto

Beliau adalah orang yang memiliki prestasi, penelitian, dan kontribusi besar dalam menggali, mengembangkan, dan mensosialisasikan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan/atau seni atas nama ITS. Kini dipercaya sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS yang ke-60.

Prof. Dr. Ir. Johan Silas

Beliau telah membangun dan membesarkan ITS di kancah nasional maupun internasional dalam bidang tata kota Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Prof. Mahmud Zaki M.Sc.

Beliau memiliki karya, prestasi jasa bagi pengembangan ITS dan menjadi Rektor ITS Periode 1973-1982. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. Sutopo Kristanto, M.M

Beliau membesarkan ITS dalam bidang konstruksi melalui PT Jaya Konstruksi Menggala Pratama. Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Prof. Dr. jur Bodo Wiegand-Hoffmeister

Beliau adalah pemimpin universitas internasional, Wismar University yang telah mempromosikan kolaborasi pendidikan dan penelitian dengan ITS. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Anugerah Wira Adhiwasesa

Penghargaan ini diberikan kepada Alumni ITS yang telah berkontribusi besar bagi ITS dan/atau masyarakat

Ir. Arif Wibowo

Beliau adalah Alumni Jurusan Teknik Mesin, F-Indsys. Beliau kini dipercaya sebagai Presiden Direktur PT. AIRFAST Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Ir. Musyanif

Beliau adalah alumni Jurusan Teknik Sipil F-Civplan yang memulai usahanya sebagai pengembang properti. Beliau sekarang fokus mengembangkan PT. Saligading Bersama. Beliau juga dipercaya sebagai Wakil Ketua MWA ITS periode 2016-2021. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Dr. Prahoro Yulianto Nurtjahyo

Beliau adalah Alumni F-Scientics yang kini dipercaya sebagai Penasihat Senior Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ke-60 ITS.

Ir. Brahmantya Satyamurti Poerwadi

Beliau adalah alumni F-Vocations yang kini dipercaya sebagai Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero). Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Ir. Dian Rachmawan, M.Sc.

Beliau adalah alumni Jurusan Teknik Elektro F-Electics yang kini dipercaya sebagai Direktur Telkom Wholesale and International Services, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Dr. Mulyono

Beliau adalah Alumni Departemen Teknik Elektro F-Electics dan Program Doktor Departemen Sistem Transportasi Laut, F-Martech yang kini dipercaya sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur di PT. Pertamina (Persero). Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Muhammad Arif Susanto, ST.

Beliau adalah alumni Desain Industri dan Produk, F-Creabiz. Beliau adalah CoFounder & CEO PT. Kreasi Karya Raya – DUS DUK DUK dan juga tercatat di Forbes 30 Under 30. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Ir. M. Choliq, MM

Selain mempunyai prestasi nasional, beliau mampu meningkatkan hubungan kerjasama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan ITS dan citra ITS di bidang BUMN. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Fajar Hutomo, ST. M.MT.

Beliau meningkatkan hubungan kerjasama pemerintah dengan ITS dan meningkatkan citra ITS di bidang pemerintahan. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. H. Ibnu Susilo

Beliau adalah alumni Teknik Mesin ITS dalam bidang pengembangan industri terutama dalam bidang desain dan analisa pesawat terbang, otomotif, simulator, dan integrasi sistem otomasi. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Dr. Siti Machmudah ST. M.Eng

Beliau telah mengangkat citra ITS dalam dunia sains dan teknologi. Award diberikan pada Dies Natalis ITS ke-57.

Ir. Lies Hartono

Beliau telah berprestasi dalam bidang seni dan budaya serta pengembangannya. Award diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-57.

Anugerah Wira Adhiacarya

Penghargaan ini diberikan kepada Dosen ITS atas kontribusinya yang besar bagi ITS dan/atau masyarakat

Prof. Hamzah Fansuri, S.Si., M.Si., Ph.D

Beliau adalah dosen Departemen Kimia yang kini dipercaya sebagai dekan F-Scientics. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-60.

Dr. Maria Anityasari, S.T., M.Eng.

Beliau adalah dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri, yang saat ini dipercaya sebagai Director of ITS Global Engangement Directocrate. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-60.

Dr. Ing. Ir. Setyo Nugroho

Beliau adalah dosen dan juga Kepala Departemen Teknik Transportasi Laut saat ini. Penghargaan ini diberikan pada saat Dies Natalis ITS ke-60.

Prof. Dr. Ir. Mauridhi Hery Purnomo, M.Eng

Beliau adalah dosen di Departemen Teknik Komputer. Penghargaan ini diberikan pada saat Dies Natalis ITS ke-60.

Dr. Drs. Darminto M.Sc.

Beliau mendapatkan juara dua Academic Leader bidang keilmuan sains. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Drs. EC. Ir. Riyanarto Sarno M. Sc. Ph.D.

Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59. Beliau meraih peringkat pertama publikasi ilmiah kategori penulis dalam Science and Technology Index (SINTA) Award 2019.

Prof. Dr. Ir. Suprapto DEA

Beliau adalah pemenang pertama Academy Leader 2019 kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Prof. Dr. Ketut Buda Artana ST. M.Sc.

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59. Beliau adalah pemenang pertama Academy Leader 2019 dalam bidang keilmuan kemaritiman.

Ir. Witantyo M.Eng Sc.

Beliau mengawal tim otomotif ITS dalam kompetisi tingkat internasional. Penghargaan diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Dr. Muhammad Nur Yuniarto

Dosen Teknik Mesin ini, merupakan pembimbing Tim Lowo Ireng ITS yang berkompetisi dalam bidang otomotif. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Dr. Ing. Ir. Bambang Soemardiono

Beliau adalah dosen Arsitektur dan pembimbing tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS. Beliau telah mengantarkan tim PSM ITS menjadi juara dalam kompetisi paduan suara. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-59.

Rudy Dikairono, ST. MT.

Beliau adalah dosen departemen Teknik Elektro ITS dan menjadi pembimbing tim Barunastra ITS. Beliau telah mengantarkan tim Barunastra menjuarai kompetisi robotika sampai tingkat internasional. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Muhtadin, ST. MT.

Beliau adalah dosen departemen Teknik Komputer ITS dan menjadi pembimbing tim ICHIRO (ITS Champion in Robocup) ITS. Beliau telah mengantarkan tim ICHIRO menjuarai kompetisi robotika sampai tingkat internasional. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-59.

Prof. Dr. I Ketut Aria Pria Utama, M.Sc

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-58. Beliau adalah Dosen Teknik Perkapalan yang punya kontribusi besar pada perkembangan bidang perkapalan di level nasional dan internasional.

Prof. Ir. I Nyoman Pujawan., M.Eng., Ph.D., CSCP

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-58. Beliau adalah Dosen Teknik Industri yang telah banyak memberikan kontribusi besar pada bidang Supply Chain Engineering dan Logistics Management, serta telah banyak mendapatkan penghargaan baik di level nasional dan internasional.

Sri Fatmawati S.Si., M.Sc., Ph.D.

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-58. Beliau adalah Dosen Kimia yang telah memberikan kontribusi besar pada bidang analisa potensi medis dari zat-zat alami yang terkandung dalam tumbuhan dan jamur, khususnya yang digunakan dalam obat-obatan herbal. Hasil temuannya telah mendapatkan banyak penghargaan baik di level nasional dan internasional.

Dr. Agus Windharto, DEA

Beliau adalah dosen Departemen Desain Produk yang telah memberikan kontribusi besar dalam desain produk yang digunakan secara nasional, diantaranya desain Kereta Tidur mewah hasil kerjasama dengan PT INKA dan desain Mass Rapid Transportation (MRT) untuk kota Palembang. Penghargaan ini diberikan pada Dies Natalis ITS ke-58.

Dr.Eng. Januarti Jaya Ekaputri, ST, MT.

Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-58. Beliau adalah Dosen Teknik Sipil yang telah banyak memberikan kontribusi besar pada bidang beton dan bahan bangunan. Salah satu temuannya yang mendapatkan penghargaan di level nasional dan internasional adalah pembuatan paving dari bahan baku limbah batu bara.

Anugerah Wira Adhisatya

Penghargaan ini diberikan kepada Tenaga Kependidikan ITS yang berprestasi, berintegritas, dan patut dijadikan tauladan

Drs. Ec. Murtriyono, M.Si

Beliau adalah Kepala Biro Umum dan Reformasi Birokrasi ITS. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Agus Santoso, S.Sos., M.Med.Kom.

Beliau adalah Kasubbag Kearsipan dan Dokumentasi Multimedia ITS yang juga berhasil meraih Juara I Arsip Nasional tahun 2017. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ke-60 ITS.

Anugerah Wira Adhimukti

Penghargaan ini diberikan kepada Mahasiswa ITS yang berprestasi luar biasa dalam bidang akademik dan/atau non akademik

I Made Pande Ari Wijaya

Adalah mahasiswa Departemen Teknik Elektro yang terbagung dalam divisi programming tim robotik ICHIRO ITS. Serta, berprestasi dalam bidang non-akademik berupa Juara Harapan Regional IV KRSBI Humanoid 2018.

Shintya Rezky Rahmayanti

Adalah mahasiswi Departemen Teknik Informatika yang tergabung dengan tim Roboboat Barunastra ITS 2018-2020. Serta, berprestasi dalam bidang non-akademik berupa kontribusi dalam pembuatan Robot medical Assistant ITS – Airlangga (RAISA), Robot pelayan pasien COVID-19.

Sulaiman Ali

Adalah mahasiswa Departemen Teknik Fisika yang menjadi ketua tim ICHIRO 2018-2019. Serta, berprestasi dalam bidang non-akademik berupa juara pertama Robocup Humanoid Soccer League kategori Teen Size Technical Challenge di ajang Robocup 2019 Australia.

Anugerah Wira Adhibrata

Penghargaan ini diberikan kepada Masyarakat yang mempunyai semangat kepahlawanan dan memberikan kontribusi bagi kemaslahatan umat

Wayan Supadno

Beliau adalah seorang petani dari Banyuwangi dengan ide-ide inovatif di bidang Agribisnis. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si.

Beliau adalah Walikota Batu periode 2017-2022. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Dies Natalis ITS ke-60.

Anugerah Mitra Acityamahartha

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang berkontribusi besar dalam pengembangan ITS.

PT. Barata Indonesia (Persero)

PT. Profesional Telekomunikasi Indonesia

PT. Industri Kereta Api (Persero)

PT. Pertamina (Persero)

PT. Waskita Karya (Persero)

PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero)

PT. Wijaya Karya Beton Tbk

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk

PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk