Profil Singkat

Profil Singkat

Sejarah Singkat

Sejarah didirikannya Institut Teknologi Sepuluh Nopember berawal dari pengusulan pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) di Surabaya oleh dr. Angka pada Lustrum I PII Jawa Timur 10 November 1957. Pada tahun 1960, namanya berubah menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan satu tahun kemudian, resmi menjadi Perguruan Tinggi. Perubahan status ini juga disertai penambahan menjadi lima fakultas, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Teknik Perkapalan.

Di tahun 2002, ITS terdiri dari lima fakultas dan dua politeknik. Pada 2014, ITS ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) berdasar Peraturan Pemerintah No. 83 Tahun 2014. ITS mengemban amanah baru yaitu mampu melakukan pengelolaan secara otonom di bidang akademik, norma dan kebijaksanaan operasional serta pelaksanaan organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan, serta sarana prasarana. Berdasarkan peraturan Rektor ITS No, 25 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Fakultas di Lingkungan ITS, ITS saat ini memiliki 7 fakultas, 39 departemen, dan 82 program studi.

Sejarah lengkap ITS dapat dibaca pada laman berikut ini.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan perguruan tinggi unggulan bidang sains dan teknologi di Indonesia.

Kualitas pendidikan ITS tidak perlu diragukan lagi. Akreditasi ITS meliputi akreditasi dari BAN-PT, ABET, IABEE, dan sertifikasi AUN-QA. Di level internasional, ITS menduduki peringkat ke-3 terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Ranking selama 3 tahun berturut-turut, 2019 hingga 2021. Selain itu, ITS juga meraih peringkat nasional seperti peringkat 1 SINTA Awards dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 2019, dan Peringkat 2 universitas dengan jumlah pendanaan PKM terbanyak di Indonesia pada 2021.

TIGA ORGAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 54 Tahun 2015 tentang Statuta ITS, tiga organ ITS meliputi  Majelis Wali Amanat, Rektor, dan Senat Akademik.

Majelis Wali Amanat yang selanjutnya disingkat MWA merupakan organ ITS yang menetapkan, memberikan pertimbangan pelaksanaan kebijakan umum, serta melaksanakan pengawasan di bidang nonakademik

Rektorat adalah organ ITS yang memimpin penyelenggaraan dan pengelolaan ITS.

Senat Akademik yang selanjutnya disingkat SA adalah organ ITS yang menetapkan kebijakan, memberikan pertimbangan, dan melakukan pengawasan dibidang akademik.

ITS MULTIKAMPUS

Image

Kampus utama berareal 187 Ha & berlokasi di Ibukota Provinsi

Jl. Raya ITS, Sukolilo, Surabaya

Image

 Kampus ITS Manyar

Jl. Menur 127, Kec. Mulyorejo, Surabaya

Image

Kampus ITS Tjokroaminoto

Jl. Cokroaminoto No.12A, Kec. Tegalsari, Surabaya

GEDUNG UTAMA

Image
 Rektorat
Image
Pusat Robotika
Image
Perpustakaan ITS
Image
 Research Center
Image
NASDEC
Image
Science Tower

SUASANA KAMPUS

Image
 Rektorat
Image
 Bundaran ITS
Image
Graha ITS 
Image
Taman Alumni
Image
Study Cafe

Image
Plasa Dokter Angka 

Rasakan suasana kampus lebih dalam disini.

FAKULTAS, DEPARTEMEN, DAN PRODI

Image
Image

ITS memiliki 7 Fakultas dan 39 Jurusan atau Departemen, serta 82 Program Studi yang mewakili rumpun keilmuan sains, teknologi, seni, dan humaniora, seperti infografis di atas. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai fakultas dan departemen di ITS, ketahui selengkapnya disini.

LOGO ITS

logo-its

Berdasarkan Statuta Institut Perguruan Tinggi Negeri Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)Lambang dan Logo Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dibedakan penampilan penggunaannya. Lambang ITS digunakan untuk kegiatan internal kampus yang bersifat akademik, sedangkan logo ITS dipergunakan untuk keperluan eksternal, seperti public relation, public image, dan sebagainya.Informasi selengkapnya dan akses untuk mengunduh lambang dan logo bisa dilakukan di sini.