Sarjana Terapan

PROGRAM SARJANA TERAPAN

Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program Sarjana Terapan (Diploma Empat) setara dengan lulusan program S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S1 merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan ilmu, maka program Sarjana Terapan merupakan pendidikan yang berorientasi pada penerapan ilmu dengan tujuan utama menyiapkan lulusannya agar mempunyai kompetensi siap kerja. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T.) untuk prodi di bidang teknologi dan Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat.) untuk prodi di Statistika Bisnis.

Program pendidikan Sarjana Terapan terdiri dari 40% untuk kegiatan yang bersifat teoritis dan 60% untuk kegiatan yang berupa praktek, seperti responsi, asistensi, praktek di laboratorium dan/atau lapangan, serta magang kerja selama 1 (satu) semester, baik di dalam maupun di luar negeri. Kurikulum ini sangat sesuai untuk lulusan SMA/MA/SMK yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat terapan atau aplikatif dan ingin langsung bekerja setelah menyelesaikan studinya.

Program Studi Sarjana Terapan di ITS

Program sarjana terapan ITS  menyediakan 8 pilihan program studi dalam naungan Fakultas Vokasi. Program sarjana terapan diambil selama empat tahun dengan beban kredit minimum 144 SKS.

Jadwal Penting

Seleksi Prestasi

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 1 Maret – 7 April 2022
Pengumuman Hasil 20 April 2022
Daftar Ulang 21 – 25 April 2022*

Seleksi Reguler dan Mandiri

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 6 Juni – 13 Juli 2022
Pelaksanaan TKA (nantikan informasi)
Pengumuman Hasil 22 Juli 2022
Daftar Ulang 27 – 29 Juli 2022*

Jalur Seleksi Program Sarjana Terapan Reguler

ITS membuka Program Sarjana Terapan Reguler melalui 3 jalur masuk. Program ini ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat. Program Sarjana Terapan Reguler ditempuh dalam waktu 4 tahun dengan kewajiban merampungkan pendidikan minimal 144 SKS. Bagi calon mahasiswa dari SMA/SMK/MA/sederajat, ITS juga menawarkan Program Sarjana (untuk pendidikan akademik reguler) dan Program Sarjana Internasional (untuk pendidikan akademik bertaraf internasional).

Jalur Seleksi Program Sarjana Terapan RPL

ITS membuka 2 jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana Terapan RPL. Program ini ditujukan untuk mahasiswa/lulusan perguruan tinggi dengan capaian pembelajaran diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Program ini ditempuh dengan masa studi menyesuaikan SKS yang telah dicapai.