Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas

Tentang Fakultas

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (Electics) adalah fakultas unggulan di ITS yang didirikan sebagai gabungan dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) dan Fakultas Teknologi Elektro (FTE) yang terdiri dari 6 Departemen dengan lebih dari 2500 mahasiswa baik  di tingkat S1, S2 ataupun S3.Electics hadir dengan visi membentuk sumber daya manusia berkarakter, berbudi unggul serta berkelas dunia dalam bidang teknologi elektro, sistem informasi, biomedik, komputer,  informatika  dan teknologi informasi.

Selengkapnya

Visi dan Misi

Menjadi fakultas yang menjadi rujukan dalam pendidikan, dan penelitian di bidang teknologi elektro dan informatika yang cerdas dengan reputasi internasional dan berkontribusi pada kemanusiaan.

INFORMASI

Image

CLON, Aplikasi Belajar di Rumah Untuk Penyandang Difabel Ciptaan Mahasiswa ITS

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini proses pembelajaran kerap dilakukan melalui media jaringan (daring). Sayangnya media pembelajaran tersebut pada umumnya masih sulit diakses oleh murid berkebutuhan khusus. Berangkat dari permasalahan ini, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembangkan aplikasi Claster of Education (CLON) untuk bantu para penyandang disabilitas jalani proses pembelajaran daring.

Selengkapnya
Image

Dosen Departemen Teknik Informatika Merancang Inovasi untuk Minimalisir Kerugian Akibat Kebocoran Pipa Air

Ada banyak cara dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran pada pipa air yang bisa menyebabkan kerugian besar, salah satunya dengan menggunakan sensor arus air yang dipasang pada sistem pipa air. Terkait hal tersebut, dosen Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang metode penempatan sensor untuk mendeteksi kebocoran pipa air menggunakan teknik Lean Graph agar bisa meminimalisir kerugian.

Selengkapnya
Image

Webinar ELECTICS ke Sembilan, Kupas Tuntas Soal Kebakaran dan Listrik

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP), 42% dari kejadian 1355 kebakaran yang terjadi pada gedung memiliki korelasi dengan gangguan instalasi listrik. Melihat permasalahan tersebut, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adakan web seminar (webinar) yang mengangkat tema Kebakaran dan Listrik bersama dua ahli bidang kelistrikan pada Kamis (02/07) kemarin.

Selengkapnya

Awards

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin siap mengambil peran dalam perkembangan industri modern saat ini yang dikenal dengan revolusi industri 4.0.Read More
Image

Events

Salah satu bukti nyatanya adalah dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Gexcon Indonesia yang bergerak di bidang software (aplikasi) simulasi keselamatan pada suatu industri, Rabu (27/3).
Image
Image

Resources

Berlangsung di ruang kerja Rektor ITS, MoU ini ditandatangani langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dan Executive Vice President Gexcon Amerika Serikat (AS), Prof Jan Roar Bakke PhD.
Image

Contributions

Turut mendampingi dalam penandatanganan MoU tersebut adalah General Manager PT Gexcon Indonesia, Teguh Cahyono MSc dan Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari ST MEng PhD.

KERJA SAMA

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (Electics) telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa daftar instansi yang bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas .

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.