Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas

Tentang Fakultas

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (F-Electics) adalah fakultas unggulan di ITS yang didirikan sebagai gabungan dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) dan Fakultas Teknologi Elektro (FTE). F-Electics yang terdiri dari enam departemen serta delapan program studi untuk S1 ini memiliki lebih dari 2500 mahasiswa baik di tingkat S1, S2 ataupun S3 dengan visi membentuk sumber daya manusia berkarakter, berbudi unggul serta berkelas dunia dalam bidang teknologi elektro, sistem informasi, biomedik, komputer,  informatika  dan teknologi informasi.

Selanjutnya

Visi dan Misi

Menjadi fakultas yang menjadi rujukan dalam pendidikan, dan penelitian di bidang kelistrikan, elektronika, sistem dan teknologi informasi, dan bidang yang berhubungan dengan komputasi dengan reputasi internasional dan berkontribusi pada kemanusiaan.

Selanjuntya

Profil Fakultas

Berikut adalah halaman profil dari Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (F-ELECTICS).

Selanjutnya

INFORMASI

Image

TEKNOLOGI KEDOKTERAN: DIGITAL FABRICATION SALAH SATU SOLUSI

Jumat, 20 Januari 2023
Pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2023 lalu, Program Studi Teknologi Kedokteran Departemen Teknik Biomedik Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas mengadakan webinar. Webinar kali ini merupakan salah satu dari serangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Kedokteran Kesempatan kali ini digunakan untuk memperkenalkan prodi teknologi kedokteran kepada masyarakat umum. Webinar yang diselenggarakan secara online ini mengusung judul “Digital Fabrication sebagai salah satu solusi Teknologi Kedokteran di Indonesia”.

Selengkapnya
Image

FTEIC ADAKAN WORKSHOP PENULISAN BUKU AJAR

Jumat, 27 Januari 2022 Mendukung kontribusi para dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember terhadap dunia pendidikan, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas mengadakan Workshop Penulisan Buku Ajar. Acara ini dilaksanakan pada Jumat, 20 Januari 2023 di Ruang Rapat Utama lantai 1 Gedung Rektorat ITS. Menghadirkan dua Profesor berpengalaman sebagai narasumber, besar harapan agar para peserta dapat mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai penulisan buku ajar.

Selengkapnya
Image

PELATIHAN DAN OUTBOUND, MOTIVASI DAN KEKELUARGAAN FTEIC

Rabu, 1 Februari 2023
Dua hari lalu, tepatnya pada Jumat 27 Januari 2023 sebuah rombongan berangkat dari kampus ITS menuju lokasi pelatihan di Surya Hotel & Cottages, Pasuruan. Pelatihan yang diadakan selama tiga hari dua malam ini diikuti oleh 100 peserta termasuk Dekan FT-EIC ITS Bapak Ir. I Ketut Eddy Purnama dan Wakil Dekan Dr. Diana Purwitasi S.Kom., M.Sc., serta tenaga kependidikan dari enam departemen di Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC). Peserta mengikuti pemaparan program kerja di hari pertama, pelatihan dan workshop di hari kedua, outbound dan bonding di hari terakhir, dan beberapa kegiatan lainnya.

Selengkapnya

KEGIATAN MAHASISWA

Image

Juara 1: InCrane, Produk Berbasis IoT Milik Perusahaan Rintisan Mahasiswa

Senin, 28 November 2022
Produk InCrane berhasil menjadi yang terbaik di lomba IdenTIK (Indonesia Entrepreneur TIK) 2022 di kategori Private Sector, pada 10 November lalu. Lomba yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI ini merupakan lomba pertama yang diikuti oleh produk InCrane. Sebagai peraih juara 1, InCrane berhak untuk melanjutkan kompetisinya di ASEAN ICT Awards 2023 mewakili Indonesia bersaing dengan negara-negara setingkat ASEAN.

Selengkapnya
Image

ELECTICS TOURNAMENT

Jumat, 23 Desember 2022
Sejumlah enam departemen dan delapan program studi keluarga Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS mempererat hubungan kekerabatan melalui Electics Tournament. Acara yang merupakan salah satu program kerja dari BEM FTEIC ini diadakan pada bulan Oktober - November 2022 lalu. Lomba terdiri dari berbagai cabang olahraga mulai dari physical sport hingga e-sport.

Selengkapnya
Image

Kolaboratif, Mahasiswa ITS berhasil raih Juara 1 dalam “DERRICK 2022 : Geothermal Study Case Competition``

Selasa, 24 Januari 2022
Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh salah satu mahasiswa FTEIC. Pada perlombaan DERRICK 2022 “Geothermal Study Case Competition” yang diselenggarakan pada tanggal 24 s.d 25 September oleh PEM AKAMIGAS CEPU , Tim Samhyang Jampang berhasil mendapatkan Juara 1 dengan poin tertinggi, ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi dimana Tim Samhyang Jampang terdiri dari 4 mahasiswa dengan latar belakang jurusan yang berbeda. Kompetisi ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta untuk merancang pembangkit listrik tenaga panas bumi yang aman dan akan diimplementasikan dalam bentuk model pembangkit listrik

Selengkapnya

Awards

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin siap mengambil peran dalam perkembangan industri modern saat ini yang dikenal dengan revolusi industri 4.0.Read More
Image

Events

Salah satu bukti nyatanya adalah dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PT Gexcon Indonesia yang bergerak di bidang software (aplikasi) simulasi keselamatan pada suatu industri, Rabu (27/3).
Image
Image

Resources

Berlangsung di ruang kerja Rektor ITS, MoU ini ditandatangani langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScES PhD dan Executive Vice President Gexcon Amerika Serikat (AS), Prof Jan Roar Bakke PhD.
Image

Contributions

Turut mendampingi dalam penandatanganan MoU tersebut adalah General Manager PT Gexcon Indonesia, Teguh Cahyono MSc dan Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari ST MEng PhD.

KERJA SAMA

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (Electics) telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa daftar instansi yang bekerja sama dengan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas .

DOWNLOAD

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.