ITS News

Selasa, 03 Agustus 2021
20 Juli 2010, 19:07

Kumamoto University Buka Kantor Cabang di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sudah banyak kerjasama yang dijalin oleh ITS dan Universitas Kumamoto selama lima tahun ini mulai dari pertukaran pelajar sampai penelitian bersama. Kini, Kumamoto memiliki kantor baru yang bertempat di Gedung Rektorat. "Ini adalah kantor ketiga yang didirikan oleh Universitas Kumamoto setelah sebelumnya telah ada di China dan Korea," papar Dr Ketut Buda Artana ST MSc selaku Kepala International Office (IO) ITS.

Ketut juga menjelaskan bahwa pendirian kantor baru ini merupakan pengakuan dan penghargaan dari Universitas Kumamoto untuk ITS. Misalnya saja dilihat dari program JICA (Japan International Corporation Agency) yang bekerjasama dengan ITS di bidang penelitian dinilai sukses.

Presiden Universitas Kumamoto, Prof Isao Taniguchi ikut datang ke ITS untuk meresmikan kantor barunya. "Saat ini pelajar Indonesia menempati pelajar terbanyak kedua dari luar negeri setelah China," ungkap Isao dalam bahasa Inggris. Profesor di bidang Teknik Kimia ini juga menjelaskan bahwa saat ini Universitas Kumamoto sedang gencar-gencarnya melakukan kolaborasi internasional, salah satunya dengan mendirikan kantor cabang di ITS.

"Kantor ini untuk umum, bukan hanya milik ITS," ujar Ketut. Lebih lanjutnya Ketut mengatakan bahwa sudah ada lima perguruan tinggi di Indonesia, termasuk ITS yang bekerjasama dengan universitas Kumamoto yaitu Universitas Mataram, Universitas Nusa Cendana, Universitas Cendrawasih dan Universitas Sam Ratulangi. "MoU yang ditandatangani hanya berjangka tiga tahun tapi masih bisa diperpanjang," jelas Ketut Buda.

Sementara itu, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD sebagai rektor ITS menyatakan akan menargetkan sepuluh perguruan tinggi untuk ikut bergabung. "Adanya kantor baru ini menguntungkan ITS misalnya saja apabila ada informasi beasiswa," ujar Priyo.(el/az)

Berita Terkait