Program Studi Sarjana Inovasi Digital

Program Studi Inovasi Digital

Awal Mula Inovasi Digital

Bermula dari keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk mahasiswa, ITS dan negara Indonesia. Departemen Sistem Informasi FTEIC-ITS, di tahun 2022 mengusulkan pendirian Program Studi Sarjana Inovasi Digital ITS (Prodi iD) yang merupakan pengembangan dari Program Studi Sarjana Sistem Informasi ITS (Prodi SI).

Saat ini Prodi SI berkonsentrasi pada pengelolaan proses, human dan organisasi TI yang ditujukan untuk meningkatkan produktifitas bisnis. Adapun Prodi iD berfokus pada keilmuan untuk menciptakan, mendistribusikan dan mengkomersilkan produk digital. Kedua bidang keilmuan tersebut dipandang penting dan saling terkait untuk menjawab tantangan masa depan yang penuh ketidakpastian. Oleh karenanya, ide mendirikan Prodi iD ini disambut baik oleh seluruh civitas ITS dengan diberikannya persetujuan pendirian dari Senat Akademik ITS pada Rabu (8/6/2023).

Kini, Prodi iD menjadi pioner program studi sarjana multidisiplin di ITS. Prodi iD berinduk ke Departemen Sistem Informasi ITS dan mendapat dukungan penuh dari Departemen Manajemen Bisnis ITS. Pengelolaan operasional akademik dan administrasi dilaksanakan dengan memanfaatkan sumberdaya Departemen Sistem Informasi ITS dan support tim dari Departemen Manajemen Bisnis ITS. Mereka diantaranya menjadi inisiator pendiri Prodi iD dan sekaligus yang mengelola akademik dan administrasi Prodi iD, seperti:

  1. Dr. Apol Pribadi S.T., M.T. (Dosen iD-ITS)
  2. Reny Nadlifatin, S.Kom., MBA., PhD. (Dosen iD-ITS)
  3. Sholiq, S.T., M.Kom., MSA. (Dosen iD-ITS)
  4. Ir. Achmad Holil Noor Ali, MKom. (Dosen iD-ITS)
  5. Radityo Prasetyanto Wibowo, S.Kom., MKom. (Dosen iD-ITS)
  6. Gogor Arif Handiwibowo, M.MT. (Dosen MB-ITS)
  7. Yeni Febriani, S.Psi (Tendik iD-ITS)

Sebagai program studi baru, perjalanan yang akan ditapaki nanti, pastilah penuh tantangan. Seberat apapun tantangan yang ada, civitas Prodi iD bertekat selalu “melihat dengan hati dan mengerjakan dengan rasa” agar tantangan tersebut berubah menjadi pengalaman yang menginspirasi, seperti pencapaian berikut ini.

Visi Misi Nilai

Misi 💖

Menjadi katalisator keunggulan pendidikan TI di FTEIC ITS dengan

  • Menghasilkan sarjana inovasi digital yang bermoral, beretika serta mau dan mampu
    • Meluncurkan dan mengelola startup digital
    • Mengelola proyek agile pengembangan Minimum Viable Product (MVP)
    • Memformulasikan proses penemuan dan tantangan bisnis baru
    • Menunjukkan jiwa kewirausahaan dan interpersonal yang produktif
  • Membina lingkungan dimana sarjana Inovasi Digital dapat mencapai potensi terbaik.
  • Memberikan pengalaman akademik yang luar biasa dan peluang untuk terlibat dalam penelitian yang merubah peradaban dunia.
  • Mencapai pengakuan terbaik sebagai model pendidikan Inovasi Digital di Indonesia.

Visi 🎯

Menjadi Program Studi yang terdepan dalam pendidikan Inovasi Digital

Nilai 💢

Ethics and Integrity, menjunjung etika dan integritas dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun profesi, serta selalu berpegang teguh pada Norma dan Peraturan yang berlaku di Masyarakat, Negara, dan Agama.

Creativity and Innovation, membudayakan sikap kreatiif dan inovatif untuk mencari ide baru dalam menjalankan tugas dan memberikan solusi.

Excellence, berusaha secara maksimal mencapai hasil yang unggul.

Strong Leadership, menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab.

Synergy, bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.

Socio-cohesiveness and Social Responsibility, menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar

Profil Lulusan

Penetapan profil lulusan Prodi Sarjana Inovasi Digital ITS (Prodi iDITS), berdasarkan pertimbangan Scientific Vision yang mengacu pada nilai-nilai ITS dan SWOT Departemen Sistem Informasi ITS, serta Market Signal yang memotret kebutuhan pasar atas lulusan prodi. Upaya Scientific Vision dan Market Signal telah dilakukan dengan melakukan proses.

  • Telaah dokumen terkait, seperti
  • Benchmark ke program studi sejenis, baik yang ada di dalam ataupun luar negeri, antara lain
  • Diskusi saat Digital Startup Festival (DSF-DSi) dengan pelaku dalam ekosistem startup Indonesia, antara lain



    Lucky Esa
    Konsultan Digitalisasi Perusahaan & Senior coach Startup
    Leonika B  CEO Reblood
    Jacob Win Profesional eBusiness Coach
    Robbi Baskoro CTO & Co-Founder at Logisly

Adapun Prodi iDIT bertujuan untuk menghasilkan sarjana komputer (S.Kom.) program studi inovasi digital, yang memiliki profil lulusan sebagai

Harapan dengan adanya sarjana komputer program studi inovasi digital ini, dapat memenuhi SDM yang kreatif dalam arah cipta-kreasi, distribusi, komersialisasi produk baru dari teknologi digital, sehingga mereka menjadi pelopor untuk meningkatkan efisiensi operasional, mendorong keterlibatan pelanggan, atau mengembangkan produk atau layanan inovatif di berbagai startup, intitusi, organisasi dan/atau perusahaan nasional dan internasional.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian pembelajaran lulusan (CPL) Prodi iDITS dibangun menggunakan diskriptor CP KKNI level 6 atau setingkat sarjana. Penggunaan diskriptor CP ini, memformulasi semua kompetensi penciri perguruan tinggi dan penciri program studi menjadi capaian pembelajaran setingkat sarjana dalam aspek sikap, pengethauan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus, seperti di bawah ini.

Sikap

Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum, mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, melalui inovasi, kreatifitas, dan potensi lain yang dimiliki. (CPL 1)

Pengetahuan

Mempunyai pengetahuan proses penemuan dan tantangan model bisnis baru untuk penciptaan rintisan bisnis yang sukses di ekosistem startup, seperti: matematika, statistik, ekonomi, bisnis, hukum dalam startup, pemasaran, pengembangan produk, finansial, model bisnis baru, termasuk tentang pemasaran, opsi pembayaran, masalah keamanan, layanan pelanggan, dan e-commerce. (CPL 2)

Keterampilan Umum

Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikan-nya pada bidang keahlian tertentu, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kerja kelompok melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif. (CPL 3)

Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan memperhatikan prinsip keberlanjutan. (CPL 4)

Mampu meluncurkan dan mengelola rintisan bisnis berbasis inovasi teknologi dan berpusat pada manusia guna menciptakan solusi bernilai tinggi dan pengalaman pelanggan yang menarik dalam lingkungan kerja yang luar biasa. (CPL 5)

Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan teknologi baru dan menggali pengetahuan dari big data untuk mengembangkan MVP yang mendorong pengalaman pengguna dan nilai bisnis meningkat. (CPL 6)

Mampu mengelola proyek agile di lingkungan disrupsi untuk menghemat sumber daya secara ekstrim. (CPL 7)

Kurikulum

Sebagai Program Studi Sarjana Inovasi Digital pertama di Indonesia yang memadukan program akademik, akselerasi usaha startup, dan pengalaman dunia nyata untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi generasi berikutnya yang mau dan mampu berperan sebagai Perintis Bisnis Digital, Kreator Produk Digital dan Growth Hacker yang sukses. Program studi ini menyatukan talenta muda untuk menyampaikan nilai abadi melalui penciptaan, pendistribusian, dan pengkomersilan produk digital.

Diharapkan mahasiswa yang bergabung dengan program studi ini, terus mencari solusi dari tantangan masa depan, menerobos batasan teknologi, dan melatih kepribadian diri untuk membuat perbedaan sebagaimana yang mereka impikan. Struktur kurikulum pogram studi ini dibagi menjadi tiga tahap yang secara logis mengikuti perkembangan pembangunan usaha startup. Mahasiswa diminta siap untuk belajar dan bekerja di lingkungan sangat kompetitif yang akan menantang keterampilan dan ketekunan mereka setiap hari.

Mahasiswa menyatu dengan metodologi lean startup untuk mempelajari kerangka kerja, metode, dan tindakan penting yang diperlukan dalam peluncuran dan komersialisasi rintisan bisnis digital.

Mata kuliah Semester I dan II

  • Matematika
  • Ekonomi & Bisnis
  • Kreasi Startup
  • Design Thinking
  • Pemrograman Dasar
  • Pengantar Teknologi Elektro & Informatika Cerdas (TEIC)
  • Statistika Bisnis
  • Sistem Basis Data
  • Manajemen Proyek Agile
  • Lean Startup
  • Bercerita dalam Bisnis
  • Ide Capstone

Mahasiswa menyatu dalam pembentukan rintisan bisnis untuk membangun MVP yang cocok di pasar penuh ketidakpastian.

Mata kuliah Semester III dan IV

  • Teknologi Big Data
  • Pola Pikir Produk
  • Kepemimpinan & Tim
  • Model Bisnis
  • Proposisi Nilai
  • Akuisisi Pelanggan
  • Rancang Bangun Perangkat Lunak
  • MVP Capstone
  • Negosiasi
  • Legal Startup
  • Analisis Finansial Startup
  • Pemasaran & Penjualan Berbasis Data

Rintisan bisnis mahasiswa akan berubah menjadi perusahaan nyata, dan atas implementasi strategi yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan.

Mata kuliah Semester V dan VI

  • Teknologi Bergerak
  • Perdagangan Elektronik
  • Strategi Digital
  • Program CRM & Loyalitas
  • Investasi & Modal Ventura
  • Intelijen Bisnis
  • Pemasaran Digital
  • Aplikasi Teknologi & Transformasi Digital
  • Mata Kuliah Pilihan 1
  • Mata Kuliah Pilihan 2
  • Mata Kuliah Pilihan 3
  • Kewirausahaan & Inovasi Sosial
  • Agama
  • Kewarganegaraan

Mata kuliah Semester VII dan VIII

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
  • Perancangan Organisasi Kreatif
  • Manajemen Strategis Teknologi & Inovasi
  • Keamanan Informasi
  • Technoprenuer
  • Pancasila
  • Tugas Akhir

Mata kuliah Pilihan

  • Komputasi Awan
  • Sprint
  • Desain Pengalaman Pengguna
  • Manajemen Pertumbuhan Perusahaan
  • Motivasi Startup
  • Manajemen Perubahan Organisasi
  • Strategi Rantai Nilai Global
  • Model Bisnis Baru
  • Pasar Internet