Tentang Kami

Dukung kami!

Silakan klik tautan di bawah untuk mendukung.

Sambutan Dekan

Selamat datang di Website FT-EIC

Terima kasih karena Anda sudah mengunjungi web site fakultas kami, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, ITS.  Fakultas ini terbentuk selaras dengan program ID 4.0 yang dicanangkan oleh Rektor ITS, Prof. DR. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. Salah satu program unggulannya yaitu melakukan pengembangan terhadap transformasi digital. Untuk mencapai hal tersebut, restrukturisasi fakultas merupakan langkah yang tepat. FT-EIC sendiri merupakan gabungan antara dua fakultas sebelumnya yaitu Fakultas Teknologi Elektro (FTE) dan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK). Dua fakultas tersebut memiliki peran masing-masing. FTE lebih fokus pada akuisisi data dan proses transformasinya, sedangkan FTIK lebih fokus dalam hal memproses data hasil transformasi tersebut.

Secara garis besar, dua fakultas tersebut berada di ruang lingkup yang sama yaitu Information and Communication Technology (ICT). Dengan menggabungkannya menjadi FT-EIC, diharapkan kolaborasi dan sinergi yang terjalin antar bidang menjadi lebih baik lagi. Proses kerja sama dan manajemen antar stakeholder terkait bisa lebih efisien dan tepat sasaran.

Program kerja sama dan inovasi juga akan lebih dimaksimalkan lagi terutama kepada pihak pemerintah maupun pihak internasional. Pemerintah akan lebih mudah dalam melakukan diskusi dengan pakar terkait maupun membuka lapangan pekerjaan bagi mahasiswa. Begitu juga dengan kerja sama internasional di bidang riset, bisa dilakukan dengan lebih tepat sasaran karena sudah berada dalam satu ruang lingkup yang sama yaitu FTEIC.

Untuk mahasiswa, beberapa hal yang diharapkan menjadi inovasi dalam hal pengembangan transformasi digital yaitu kemudahan akses dalam mendapatkan materi pembelajaran. Begitu juga dengan staf dan tenaga pendidik yang akan diberikan kemudahan informasi dalam hal mengurus kepangkatan. Proses transformasi digital di berbagai lini ini menjadi hal yang harus dijalankan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Saat ini, FT-EIC terdiri dari 6 Departemen yaitu: Teknik Elektro, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer dan Teknik Biomedik, serta Teknologi Informasi.

Terima kasih atas kunjungan anda ke website FT-EIC.  Semoga Anda mendapatkan semua informasi yang diinginkan.

 

Dekan FT-EIC

 

DR. I Ketut Eddy Purnama, S.T., M.T.

Sejarah FTEIC

  • Periode 1960-1983
    Pada tahun 1960 Departemen Teknik Elektro didirikan di ITS. Departemen ini  dipimpin oleh Ketua Departemen yang juga merupakan Presidium Institut.

    Selanjutnya, Departemen Teknik Elektro berubah menjadi Fakultas Teknik Elektro sejak tahun 1963. Fakultas Teknik Elektro terus berkembang yang semula memiliki 2 program studi, yaitu  arus kuat dan arus lemah, menjadi 11 Program Studi.  Namun, kemudian Program Studi di Fakultas Teknik Elektro disesuaikan  menjadi 5 Program Studi.

    Berdasarkan Keputusan Presiden No. 58 tahun 1982 tentang Perubahan Struktur Fakultas di ITS, Fakultas Teknik Elektro berubah nama menjadi Jurusan Teknik Elektro. Keputusan ini juga menempatkan Jurusan Teknik Elektro dan beberapa Jurusan lain berada di bawah Fakultas Teknologi Industri.

  • Periode 1984 – 2001
    Jurusan Teknik Elektro terus berbenah dan berkembang dengan komposisi  5 bidang studi, yaitu Teknik Sistem Tenaga, Telekomunikasi, Elektronika, Teknik Sistem Pengaturan dan Teknik Komputer.

    Pada tahun 1985, Bidang Studi Teknik Komputer berubah menjadi Jurusan Teknik Komputer sebagai jurusan ke enam didalam Fakultas Teknologi Industri.

    Pada tahun 1995, Jurusan Teknik Komputer berubah menjadi Jurusan Teknik Informatika.

  • Tahun 2001 – Berdirinya Fakultas Teknologi Informasi (FTIf)
    Pada tahun 2001,  Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) didirikan atas prakarsa dari Presiden R.I ke-4 K.H Abdurrahman Wahid. Secara resmi, pendirian fakultas ini menempatkan Jurusan Teknik Informatika berada di bawah FTIf. Selain itu, FTIf juga menaungi Jurusan Sistem Informasi sebagai jurusan baru. Sehingga, FTIf memililki dua jurusan, yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi.

  • Periode 2012 – 2016
    Jurusan Teknik Elektro terus berbenah dan berkembang dengan komposisi yang berubah, terdiri dari Teknik Sistem Tenaga, Telekomunikasi Multimedia, Elektronika, Teknik Sistem Pengaturan dan tambahan Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan dan Program Studi Teknik Biomedik.

    Pada tahun 2012, Bidang Studi Teknik Komputer dan Telematika berubah menjadi Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan. Perubahan ini mengacu pada  Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 382/E/O/2012.

    Pada tahun 2013, berdasarkan penugasan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 221/E/DT/2013, tanggal 20 Maret 2013 Jurusan Teknik Elektro mendapatkan amanah untuk mempersiapkan Program Studi Teknik Biomedik. Program studi ini mulai beroperasi pada tahun 2015 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 102/M/Kep/2015, tangal 30 Maret 2015. Program Studi Teknik Biomedik ITS telah menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2015/2016 melalui selesksi masuk mahasiswa baru ITS

  • Periode 2017 – 2019, Berdirinya FTIK dan FTE
    Fakultas Teknologi Elektro (FTE), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah berjalan sejak januari tahun 2017 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 54 tahun 2015 dan Peraturan Rektor No. 10 tahun 2016. Didirikan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Fakultas Teknologi Elektro .

    Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari 3 departemen yaitu

    Departemen Informatika
    Departemen Sistem Informasi
    Departemen Teknologi Informasi

    Fakultas Teknologi Elektro terdiri dari 3 departemen yaitu

    Departemen Teknik Elektro
    Departemen Teknik Komputer
    Departemen Teknik Biomedik

  • Tahun 2020 berdiri Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas FT-EIC
    Pada tahun 2020, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas didirikan berdasarkan Peraturan Rektor No. 25 Tahun 2019 tentang OTK Institut Teknologi Sepuluh Nopember.  FT-EIC terdiri dari 6 departemen yaitu

    Departemen Teknik Elektro
    Departemen Teknik Komputer
    Departemen Teknik Biomedik
    Departemen Teknik Informatika
    Departemen Sistem Informasi
    Departemen Teknologi Informasi

Struktur Organisasi FTEIC