Program Sarjana Internasional di ITS

Program Sarjana Internasional di ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). ITS juga secara konsisten masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi QS World University Ranking dan Times Higher Education (THE) World University Ranking.Didukung oleh lingkungan hijau yang kondusif, lebih dari 1000 staf akademik berkualitas tinggi, dan luas area yang mencapai 180 hektar, ITS memprioritaskan pendidikan, penelitian, dan inovasi yang berkualitas tinggi. Fakta menunjukkan bahwa prestasi ITS telah diakui di tingkat nasional dan internasional.Pada 2019, ITS meluncurkan 20 Program Sarjana Internasional yang diperuntukkan baik bagi mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa internasional, dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Berikut adalah 20 Program Sarjana Internasional di ITS.

Program yang Tersedia

Image

Teknik Mesin

Program Sarjana Internasional di bidang Teknik Mesin beroperasi pada pengetahuan sains dan teknik melalui berbagai aplikasi sains mulai dari konversi energi, desain, manufaktur, hingga metalurgi. Pada Program Sarjana Internasional, bahasa Inggris digunakan sebagai pengantar kuliah utama.

Selengkapnya
Image

Teknik Kimia

Mahasiswa Program Internasional S1 dalam bidang Teknik Kimia akan mempelajari ilmu di balik merancang dan mengoperasikan pabrik, peralatan industri, dan proses dalam mengubah bahan baku menjadi bahan baku yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi, program ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah.

Selengkapnya
Image

Teknik Fisika

Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu yang memadukan konsep teknik dan penguasaan ilmu yang kuat di bidang Fisika dan Matematika. Difasilitasi dengan kelas-kelas yang diadakan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, mahasiswa Program Sarjana Internasional Teknik Fisika mencetak lulusan dengan kemampuan luar biasa dalam penelitian dan pengembangan, desain, dan analisis berbagai sistem fisik di industri.

Selengkapnya
Image

Teknik Sistem dan Industri

Teknik Sistem dan Industri merupakan perpaduan ilmu antara teknik sains dan ilmu sosial atau manajemen. Difasilitasi dengan kelas-kelas yang diadakan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, mahasiswa Program International S1 dalam bidang Teknik Industri akan belajar bagaimana merancang, mengelola, dan menerapkan semua elemen industri.

Selengkapnya
Image

Teknik Material

Mahasiswa Teknik Material ITS akan mengeksplorasi pengetahuan dan pemahaman tentang hubungan mendasar antara struktur, proses, dan kinerja bahan untuk menciptakan produk-produk inovatif dari manipulasi bahan. Dalam Program Internasional Teknik Material dan Metalurgi, mahasiswa dilatih untuk beradaptasi dalam kehidupan di luar pendidikan dengan kelas-kelas yang dilakukan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Selengkapnya
Image

Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah bidang studi profesional yang membahas lebih lanjut tentang aplikasi listrik, elektronik, dan elektromagnetik. Mahasiswa Teknik Elektro ITS juga dilatih untuk beradaptasi dalam kehidupan di luar pendidikan dengan kelas-kelas yang dilakukan dalam bahasa Inggris bersama akomodasi kelas satu melalui kursus yang ditawarkan Program Sarjana Internasional Teknik Elektro.

Selengkapnya
Image

Teknik Sipil

Departemen Teknik Sipil ITS membawa visi untuk menjadi figur referensi di bidang Teknik Sipil di Indonesia yang mendukung pengembangan infrastruktur inovatif dan reputasi internasional. Program studi ini ditawarkan sebagai salah satu Program Sarjana Internasional, di mana siswa dilatih untuk beradaptasi dalam kehidupan di luar pendidikan dengan kelas-kelas yang dilakukan dalam bahasa universal bahasa Inggris.

Selengkapnya
Image

Teknik Lingkungan

Program studi Teknik Lingkungan membantu mahasiswa dalam belajar lebih lanjut tentang prinsip-prinsip teknik, ilmu tanah, biologi, dan kimia. Program Internasional Teknik Lingkungan merupakan program sarjana yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, yang menawarkan kurikulum sarjana reguler bersama kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan internasional dalam bentuk Studi Ekskuris, Magang, Pertukaran Mahasiswa, Program Musim Panas, dan Gelar Ganda.

Selengkapnya
Image

Teknik Geomatika

Teknik Geomatika membawa visi menjadi lembaga internasional dalam pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Program Internasional Teknik Geomatika adalah program sarjana yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, yang menawarkan kurikulum sarjana reguler bersama kesempatan bagi siswa untuk mengambil bagian dalam kegiatan internasional dalam bentuk Studi Ekskursi, Magang, Pertukaran Mahasiswa, Program Musim Panas, dan Gelar Ganda.

Selengkapnya
Image

Teknik Geofisika

Teknik Geofisika adalah disiplin teknik dan teknologi yang digabungkan bersama untuk memeriksa struktur di bawah lapisan bumi dengan memanfaatkan sifat fisik batuan atau bahan yang ada di bumi. Program Sarjana Internasional (juga dikenal sebagai IUP) adalah program sarjana yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Selengkapnya
Image

Perencanaan Wilayah dan Kota

Mahasiswa Program S1 Internasional Perencanaan Wilayah dan Kota akan memperoleh keahlian dalam aplikasi sains, pengetahuan, dan teknologi, dan adaptasi di dunia nyata melalui kelas dengan pengantar berbahasa inggris berserta fasilitas belajar yang lengkap.

Selengkapnya
Image

Teknik Perkapalan

Departemen Teknik Perkapalan merupakan departemen yang menjadi pelopor di perkembangan sains maritim di Indonesia dan Asia Tenggara. Sains Maritim merupakan cabang pengetahuan teknologi maritime yang memelajari , meriset, dan medesain proses pembangunan kapal maupun perkembangan sistem transportasi armada laut sehingga dapat beroperasi secara optimal. Program Sarjana Internasional Teknik Perkapalan merupakan program S1 dengan implementasi bahasa inggris sebagai Bahasa pengajarannya.

Selengkapnya
Image

Statistika

Program studi Statistika membahas tentang pengembangan dan analisis statistic beserta aplikasinya di pelbagai bidang, khususnya di industri dan bisnis, komputasi, keuangan dan aktuaria, sosial dan demografis, serta lingkungan dan perawatan kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, program studi ini ditawarkan dalam Program Sarjana Internasional yang mengimplementasikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar berserta fasilitas belajar yang lengkap.

Selengkapnya
Image

Informatika

Departemen Informatika ITS menghasilkan mahasiswa berkemauan keras yang siap untuk memenuhi Kebutuhan ahli informatika dalam skala nasional maupun internasional. Mahasiswa juga dilatih untuk beradaptasi dengan dunia di luar kelas dengan pengajaran yang dilakukan dalam bahasa Bahasa Inggris beserta fasilitas lengkap melalui Program Sarjana Internasional Informatika.

Selengkapnya
Image

Sistem Informasi

Siswa dari Departemen Sistem Informasi mempelajari pengembangan dan manajemen suatu sistem informasi, pemodelan proses bisnis, hingga integrasi sistem informasi. Selain itu, siswa dilatih untuk beradaptasi dalam kehidupan di luar pendidikan melalui program Sarjana Internasional sistem informasi dengan kelas-kelas berpengantar bahasa inggris dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Selengkapnya
Image

Fisika

Program studi Fisika, sebagai bagian dari Fakultas Sains dan Analisis Data, mempelajari hukum-hukum dasar alam semesta dan penerapannya dalam teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Mahasiswa akan mengembangkan keterampilan matematis dan analitis, pengalaman eksperimen laboratorium, dan berkolaborasi dengan penelitian karya tulis ilmiah. Dalam Program Sarjana Internasional, kelas dilakukan dalam bahasa Bahasa Inggris dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap.

Selengkapnya
Image

Matematika

Matematika telah menjadi ilmu dasar bagi para ilmuwan sains, insinyur, dan ilmuwan sosial untuk membangun pemahaman dunia serta menciptakan alat untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Dalam program studi Matematika, pendidikan dan penelitian diarahkan dari matematika murni ke aplikasi signifikan di pelbagai bidang. Melalui program Sarjana Internasional, siswa didorong untuk menggunakan bahasa inggris dalam semua kegiatan belajar mengajar, yang pastinya akan meningkatkan kemampuan mereka di banyak bidang.

Selengkapnya
Image

Kimia

Kimia adalah ilmu dasar yang mempelajari materi pada skala atom dan molekuler. Ilmu ini mengungkap secara lebih rinci mekanisme molekuler yang berfungsi sebagai aktivitas yang mendasari organisme hidup. Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, kimia adalah jantung dari sebagian besar industri. Dalam program yang ditawarkan Program Sarjana Internasional Kimia, mahasiswa tidak hanya diajarkan untuk memahami konsep dasar kimia melalui kuliah dan pengalaman di laboratorium, mereka juga dilatih dengan pengantar Bahasa Inggris beserta fasilitas pembelajaran yang lengkap.

Selengkapnya
Image

Manajemen Bisnis

Program studi Manajemen Bisnis memberikan pendidikan kepada mahasiswa tentang dasar ilmu dan pengalaman bisnis. Siswa akan belajar banyak hal untuk menyelesaikan permasalahan bisnis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui program yang ditawarkan ini, ITS berupaya menghasilkan pemimpin bisnis yang memiliki keterampilan kewirausahaan, integritas, dan sosokyang beretika. Selain itu, melalui Program Sarjana Internasional Manajemen Bisnis, siswa dilatih untuk beradaptasi menggunakan kelas yang dilakukan dalam bahasa inggris dengan fasilitas terbaik demi memastikan kenyamanan pembelajaran.

Selengkapnya
Image

Arsitektur

Program studi Arsitektur menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan siap untuk membangun infrastruktur terbaik dengan tujuan mencapai kemajuan Indonesia. Program Sarjana Internasional Arsitektur ditawarkan kepada calon mahasiswa yang ingin menjadi ahli dan profesional di bidang arsitektur dan pengembangan, melalui kelas-kelas dengan pengantar bahasa inggris beserta akomodasi kelas satu untuk memfasilitasi kebutuhan siswa.

Selengkapnya

Persyaratan

  1. Scan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris: TOEFL ITP ≥ 500, IELTS ≥ 5.5, TOEFL iBT ≥ 61
  2. CV, Motivation Letter, Surat Komitmen Finansial dari Orang Tua (*)
  3. Hasil nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) atau tes Program Sarjana Internasional ITS

Mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN dapat menjalani transfer ke program ini setelah memenuhi persyaratan nomor 1 dan 2 seperti yang tertera di atas.*Registrasi online dan formulir yang disediakan dapat diakses di smits.its.ac.id

  1. Scan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris: TOEFL ITP ≥ 500, IELTS ≥ 5.5, TOEFL iBT ≥ 61
  2. Scan transkrip akademik SMA
  3. Hasil tes Program Sarjana Internasional
  4. CV, Motivation Letter, Surat Komitmen Finansial dari Orang Tua (*)
  5. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau Guru
  6. Scan passport yang masih berlaku minimal 18 bulan ketika masa pendaftaran

*Registrasi online dan formulir yang disediakan dapat diakses di smits.its.ac.id

Cara Mendaftar

Informasi lebih lanjut mengenai program Sarjana Internasional di ITS dan bagaimana cara mendaftar, dapat diakses pada button di bawah.