Program Sarjana Internasional di ITS

Program Sarjana Internasional di ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). ITS juga secara konsisten masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi QS World University Ranking dan Times Higher Education (THE) World University Ranking.

Didukung oleh lingkungan hijau yang kondusif, lebih dari 1000 staf akademik berkualitas tinggi, dan luas area yang mencapai 150 hektar, ITS memprioritaskan pendidikan, penelitian, dan inovasi yang berkualitas tinggi. Fakta menunjukkan bahwa prestasi ITS telah diakui di tingkat nasional dan internasional.

Pada 2019, ITS meluncurkan 14 Program Sarjana Internasional yang diperuntukkan baik bagi mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa internasional, dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Berikut adalah 14 Program Sarjana Internasional di ITS.

Program yang Tersedia

Image

Teknik Mesin

Bidang Teknik Mesin beroperasi di batas pengetahuan tentang sains dan engineering, mengeksplorasi berbagai penerapan ilmu mulai dari konversi energi, desain, manufaktur hingga metalurgi. Teknik Mesin mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Selengkapnya
Image

Teknik Kimia

Engineer teknik kimia merupakan kreator dari berbagai komponen kecil di kehidupan sehari-hari. Mulai dari pakaian, bahan bakar pupuk, hingga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Secara umum, teknik kimia merupakan ilmu untuk merancang dan mengoperasikan suatu pabrik, peralatan dan proses untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan baku yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Selengkapnya
Image

Teknik Fisika

Disiplin ilmu teknik fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan atau rekayasa (engineering) dengan penguasaan ilmu Fisika dan Matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif. Peserta didik di Departemen Teknik Fisika ITS dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri.

Selengkapnya
Image

Teknik Industri

Teknik industri merupakan gabungan ilmu keteknikan dan ilmu sosial atau manajemen. Di departemen ini, mahasiswa ITS akan mempelajari cara merancang, mengelola, dan menerapkan semua elemen industri, seperti manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan menjadi sistem yang berkaitan dengan fungsi pabrik.

Selengkapnya
Image

Teknik Material

Material dan metalurgi merupakan bidang ilmu paling multidisipliner dan dinamis di bidang teknik. Engineer di bidang material menggali ilmu dan pemahaman tentang hubungan fundamental antara struktur, proses dan performa material untuk membuat material sintesis dan mengembangkan material baru.

Selengkapnya
Image

Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah bidang ilmu profesional yang mempelajari aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnet. Di Departemen Teknik Elektro ITS, dosen dan mahasiswa ditantang untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi berbagai persoalan yang berhubungan dengan kedokteran, energi, dan lingkungan.

Selengkapnya
Image

Teknik Sipil

Departemen Teknik Sipil ITS mengusung visi untuk menjadi pusat rujukan bidang Teknik Sipil di Indonesia yang menunjang pembangunan infrastruktur yang inovatif dan bereputasi internasional. Departemen ini memiliki enam fokus bidang keahlian yang dapat dipilih sesuai minat dan kemampuan mahasiswa, yaitu Geoteknik, Struktur, Manajemen Proyek Konstruksi (MP), Manajemen dan Rekayasa Sumber Air (MRSA), Manajemen dan Rekayasa Transportasi (MRT), dan Manajemen Aset (khusus kerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum).

Selengkapnya
Image

Teknik Lingkungan

Departemen Teknik Lingkungan ITS mempelajari dan mengeksplorasi bidang rekayasa dan manajemen lingkungan, seperti misalnya Teknologi Penyediaan dan Pengolahan Air Minum, Penyaluran dan Pengolahan Air Limbah, Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Pengelolaan Sampah, Pencemaran Lingkungan, Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Selengkapnya
Image

Teknik Geomatika

Program Studi Teknik Geomatika ITS mengusung visi menjadi institusi bertaraf internasional dalam pemanfaatan dan pengembangan ilmu dan teknologi survei pemetaan untuk menunjang industri informasi geospasial dan pengelolaan Sumber Daya Alam. Bidang minat di Departemen Teknik Geomatika ITS secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu Bidang Geodesi, Geomatika, Pertanahan, dan Hidrografi.

Selengkapnya
Image

Teknik Geofisika

Teknik Geofisika adalah disiplin ilmu rekayasa dan teknologi untuk meneliti struktur pelapisan bumi di bawah permukaan bumi dengan memanfaatkan sifat-sifat fisik batuan/material yang ada dibumi. Departemen Teknik Geofisika ITS mempunyai bidang penelitian yang digeluti diantaranya Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi, Geothermal, Bahan Tambang atau Mineral Ekonomis, dan Mitigasi Bencana Alam.

Selengkapnya
Image

Perencanaan Wilayah dan Kota

Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota mencetak mahasiswa yang mampu memperbaiki wilayah perkotaan Indonesia. Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan tempat yang cocok untuk mahasiswa dalam mempelajari faktor-faktor pembentuk lingkungan hidup yang baik. Mahasiswa akan belajar mengenai kependudukan, lingkungan,kondisi politik, hingga kondisi sosial penduduk.

Selengkapnya
Image

Teknik Perkapalan

Departemen Teknik Perkapalan ITS merupakan pelopor pengembangan ilmu kemaritiman di Indonesia dan Asia Tenggara. Mahasiswa departemen ini akan mempelajari, meneliti, mendesain pembangunan kapal, pengembangan sistem transportasi hingga menjalankan operasi bisnis dalam armada laut.

Selengkapnya
Image

Statistika

Departemen Statistika ITS bertujuan untuk mengembangkan statistika dan penerapannya di berbagai bidang, khususnya di bidang industri dan bisnis, komputasi, ekonomi finansial dan aktuaria, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, departemen ini mendirikan lima laboratorium sebagai pusat pengembangan dan penerapan statistika dan pusat pengembangan kurikulum.

Selengkapnya
Image

Informatika

Departemen Informatika ITS mencetak mahasiswa yang siap memenuhi kebutuhan akan ahli informatika, baik di Indonesia maupun di
dunia internasional. Dalam perkuliahan, mahasiswa mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman terkait komputer, pemrograman terstruktur, dan dalam tahap sarjana mahasiswa berhak memilih program studi yang disediakan.

Selengkapnya
Image

Sistem Informasi

Departemen Sistem Informasi ITS mempelajari pengembangan dan manajemen suatu sistem informasi, pemodelan proses bisnis, hingga integrasi sistem informasi. Selain meningkatkan ilmu perihal sistem informasi, mahasiswa juga belajar untuk menjadi kreatif dan inovatif, memiliki sifat kepemimpinan, terintegrasi, serta dapat bekerja dengan baik dalam sebuah tim.

Selengkapnya

Persyaratan

  1. Scan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris: TOEFL ITP ≥ 500, IELTS ≥ 5.5, TOEFL iBT ≥ 61
  2. CV, Motivation Letter, Surat Komitmen Finansial dari Orang Tua (*)
  3. Hasil nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) atau tes Program Sarjana Internasional ITS

Mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN dapat menjalani transfer ke program ini setelah memenuhi persyaratan nomor 1 dan 2 seperti yang tertera di atas.

*Registrasi online dan formulir yang disediakan dapat diakses di smits.its.ac.id

  1. Scan sertifikat kemampuan Bahasa Inggris: TOEFL ITP ≥ 500, IELTS ≥ 5.5, TOEFL iBT ≥ 61
  2. Scan transkrip akademik SMA
  3. Hasil tes Program Sarjana Internasional
  4. CV, Motivation Letter, Surat Komitmen Finansial dari Orang Tua (*)
  5. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau Guru
  6. Scan passport yang masih berlaku minimal 18 bulan ketika masa pendaftaran

*Registrasi online dan formulir yang disediakan dapat diakses di smits.its.ac.id

Cara Mendaftar

Informasi lebih lanjut mengenai program Sarjana Internasional di ITS dan bagaimana cara mendaftar, dapat diakses pada button di bawah.