News

INFORMASI TENTANG KUALIFIKASI DAN HASIL YANG DICAPAI MAHASISWA DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI

Sel, 18 Jun 2019
9:29 am
Berita Terkini
Share :
Oleh : ftikamam   |

INFORMASI TENTANG KUALIFIKASI DAN HASIL YANG DICAPAI MAHASISWA DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI

 

SIKAP DAN TATA NILAI 

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung  perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

KEMAMPUAN KERJA

  1. Mampu meningkatkan efektifitas & efisiensi proses organisasi & bisnis.
  2. Mampu mengenali dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan informasi organisasi & bisnis.
  3. Mampu mengidentifikasi & mengevaluasi (termasuk analisis keuntungan-kerugian/trade-offs) alternatif solusi dan pengadaan SI/TI organisasi.
  4. Mampu merancang, Membangun, mengimplementasikan, & mengevaluasi solusi-solusi SI/TI.
  5. Mampu mengelola operasional SI/TI & mengimplementasikan tata-kelola TI.
  6. Mampu menghasilkan karya ilmiah, dokumentasi & pelaporan

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN 

  1. Memahami konsep-konsep Manajemen Organisasi & Bisnis.
  2. Memahami peluang-peluang yang dapat diciptakan oleh inovasi-inovasi teknologi terkini bagi kemajuan organisasi/bisnis.
  3. Memahami arsitektur SI/TI perusahaan & manajemen pengelolaannya.
  4. Memahami alternatif solusi dan pengadaan SI/TI organisasi.
  5. Memahami konsep & metode perancangan, pembangunan, implementasi, dan evaluasi aplikasi SI.
  6. Memahami konsep-konsep logika & matematika untuk dasar pemrograman komputer dan analisis informasi.
  7. Memahami konsep-konsep manajemen resiko TI, pengamanan data & infrastruktur SI/TI.
  8. Memahami bagaimana data dalam jumlah yang sangat besar dikumpulkan oleh organisasi modern dapat digunakan untuk mengevaluasi, mendesain kembali, dan meningkatkan proses-proses & keunggulan bisnis/organisasi.
  9. Menguasai konsep-konsep & metode Tata-Kelola & Manajemen SI/TI.
  10. Memahami metode ilmiah & penulisan ilmiah

 

KEMAMPUAN MANAJERIAL

  1. Kepemimpinan & kerja-sama tim.
  2. Komunikasi.
  3. Negosiasi.
  4. Berpikir analitis dan kritis, kreatif dan etis.

 

KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA  (KKNI)

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan    mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur diberbagai sektor pekerjaan.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.

KKNI menyatakan sembilan (9) jenjang kualifikasi sumberdaya manusia Indonesia yang produktif, yang secara komprehensif mempertimbangkan dua sisi penting relevansi pendidikan dan pelatihan yaitu kebutuhan kompetensi kerja (job competence) dalam ranah dunia kerja serta capaian pembelajaran yang dihasilkan oleh suatu proses pendidikan.

Latest News