Diploma III

 

Program Diploma III

Departemen Statistika Bisnis berada di bawah Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Departemen Statistika Bisnis memiliki visi menjadi suatu program pendidikan Statistika Terapan tingkat madya yang berkonstribusi pada bidang: Industri, Bisnis, Ekonomi Finansial dan Sosial-Kependudukan.Menjadi suatu program pendidikan Statistika Terapan tingkat madya yang berkonstribusi pada bidang: Industri, Bisnis, Ekonomi Finansial dan Sosial-Kependudukan serta Lingkungan-Kesehatan. Mahasiswa Statistika Bisnis disiapkan menjadi manusia yang berbudi luhur, unggul dalam bidang statistika dan penerapannya, berkepribadian mantap dan mandiri, mempunyai kemampuan profesional dan etika profesi, memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi, mempunyai kemampuan mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional dan Internasional serta menjadi sumberdaya manusia tingkat madya dibidang statistika yang berkualitas, memiliki potensi berkembang dan mampu memberikan kontribusi pada penerapan statistika dalam bidang: Industri, Bisnis, Ekonomi Finansial dan Sosial-Kependudukan serta Lingkungan-Kesehatan.

.

Berdasarkan Pedoman Penyusunan Kurikulum ITS 2018 – 2023 pasal 9 ayat 1 dan 2, Kurikulum merupakan acuan baku mutu minimal penyelenggaraan program studi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan untuk mencapai tujuan program studi. Sesuai dengan Peraturan Presiden RI No 8 tahun 2012 tentang KKNI, Kurikulum program studi D-III Statistika disusun berdasarkan capaian pembelajaran lulusan yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dimana Capaian Pembelajaran kurikulum Program Studi D-III Statistika  meliputi 4 unsur yaitu Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Penguasaan Pengetahuan.

Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi D-III Statistika selain meliputi 4 unsur diatas, juga mempertimbangkan profil lulusan, dimana profil lulusan program studi D-III Statistika ITS  diantaranya adalah sebagai Analisis Data, Quality Control/Quality Assurance, PPIC, Birokrat, Analisis Kredit Bank/Assuransi, Analisis Biaya, Wirausahawan, Marketing.

Untuk mencapai keempat unsur KKNI tersebut, maka disusunlah kurikulum Program Studi DIII Statistika yang terdiri dari 110 sks,  dimana 59 sks mendukung unsur pertama yaitu Kemampuan Kerja yang terdiri dari 9 CP, 40 sks mendukung unsur kedua yaitu Penguasaan Pengetahuan yang terdiri dari 7 CP, dan 11 sks adalah mata kuliah muatan ITS. Sedangkan unsur ketiga yaitu Kemampuan Manajerial terdiri dari 5 CP, dan unsur keempat yaitu Sikap dan Tata Nilai terdiri dari 1 CP, sudah embided dalam setiap matakuliah yang ada, dimana 110 sks tersebut harus ditempuh dalam waktu 6 semester.

Kurikulum Program Studi D-III Statistika meliputi 4 (Empat) Rumpun Mata Kuliah (RMK) yaitu RMK Statistika Formal, Statistika Permodelan, Statistika Industri, dan Statistika Bisnis, dimana RMK Statistika Formal terdiri dari 14 sks (6 mata kuliah), RMK Statistika Permodelan terdiri dari 27 sks (9 mata kuliah) RMK Statistika Industri terdiri dari 18 sks (6 mata kuliah), dan RMK Statistika Bisnis terdiri dari 18 sks (7 mata kuliah). Untuk mata kuliah muatan ITS terdiri dari 27 sks (11 mata kuliah), sedangkan Kerja Praktek dan Tugas Akhir masing masing 2 sks dan 4 sks.

KURIKULUM DAN SILABUS

Kurikulum

Kurikulum untuk program studi Diploma III yang sekarang digunakan di Departemen Statistika Bisnis merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akedemik 2018/2019 hingga tahun akademik 2022/2023

Silabus

Program Studi Diploma III telah merancang Silabus sesuai dengan susunan mata kuliah per-rumpun mata kuliah. DIII Departemen Statistika Bisnis menawarkan 30 mata kuliah , yang terhimpun dalam empat Rumpun Mata Kuliah (RMK).