News

Professor di F-ELECTICS ITS Memperoleh Penghargaan dari Kementerian Luar Negeri Jepang

Kam, 03 Des 2020
2:40 pm
Berita Terkini
Oleh : adminelectics   |

Pada tanggal 1 Desember 2020, pihak Kementerian Luar Negeri Jepang telah mengumumkan daftar penerima penghargaan Menteri Luar Negeri pada tahun ini. Penerima penghargaan tahun  ini terdiri atas 65 organisasi dan 172 individu. Satu di antara penerima penghargaan ini adalah Guru Besar Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS, yaitu Prof. Dr. Agus Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom.

Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang ini merupakan bentuk pengakuan dan penghormatan kepada Prof. Dr. Agus Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom. yang telah berkontribusi luar biasa dalam mempromosikan kemitraan yang erat, pertukaran, dan saling pengertian antara Jepang dengan Indonesia. Prof. Dr. Agus Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom menempuh studi Doktoral di Department of Information Engineering, Graduate School of Engineering, Hiroshima University dari tahun 2003 hingga 2007 sebagai penerima beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho). Ketika studi di Jepang, Beliau juga aktif memperkenalkan Islam dan Indonesia kepada masayarakat Jepang. Hal ini, dibuktikan dengan peran aktif Beliau mendirikan organisasi  Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Jepang pada tahun 2005. Selanjutnya,  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  mensahkan KMNU Jepang sebagai Pengurus Cabang Istimewa(PCI) NU Jepang. Melalui kegiatan-kegiatan PCI NU, Beliau menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk memberikan pemahaman yang positif  mengenai Islam dan Indonesia.

Setelah selesai menempuh studi Doktoral, Prof. Dr. Agus Zainal Arifin, S.Kom., M.Kom kembali aktif mengajar di ITS. Selain itu, Beliau juga aktif mengadakan kunjunga-kunjungan ke berbagai Pondok Pesantren yang tersebar di Provinsi Jawa Timur. Dalam setiap kunjungan ini, Beliau membagikan pengalaman mengenai kehidupan masyarakat Jepang dan informasi seputar pendidikan di Jepang kepada Guru dan Santri. Melalui kegiatan ini, masyarakat Indonesia dapat memahami kehidupan masyakarat Jepang dengan lebih baik.

Sumber:

https://www.surabaya.id.emb-japan.go.jp/itpr_id/11_000001_00199.html

Latest News