News

ITS Kukuhkan 10 Guru Besarnya dan Diantara nya 3 Guru Besar dari Fakultas Teknologi Kelautan

Sen, 12 Apr 2021
10:28 am
Fakultas Teknologi Kelautan

Sorry, no posts matched your criteria.

Oleh : adminmartech   |

Tahun 2021 ini Rektor ITS telah mengukuhkan 10 Guru Besar atau Profesor baru dari berbagai bidang disiplin ilmu dalam Orasi Ilmiah Pengukuhan Profesor ITS yang dihelat oleh Dewan Profesor ITS, Rabu (31/3) di hadiri oleh pejabat-pejabat di ITS salah satunya Dekan Fakultas Teknologi Kelautan Dr. Eng. Trika Pitana, ST. MSc turut bangga dan memberikan ucapan selamat kepada ketiga Guru Besar di Lingkungan FTK jadi Guru Besar menjadi 13 di Fakultas Teknologi Kelautan. Di antara terdapat 3 Guru Besar dari Fakultas Teknologi Kelautan, dari Departemen Teknik Perkapalan Prof Aries Sulistyo ST MA Sc PhD, Prof Ir Aguk Zuhdi Muhammad Fathallah MEng PhD dari Departemen Teknik Departeman Teknik Sistem Perkapalan, Prof Dr Ir I Ketut Suastika MSc dari Departemen Teknik Perkapalan.


Rektor ITS Prof Ir Mochamad Ashari M Eng ketika memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada sepuluh profesor baru yang telah dikukuhkan

Prosesi pengukuhan yang digelar secara luring ini juga disiarkan langsung melalui media resmi Youtube ITS TV. Dalam acara yang berlangsung hampir lima jam ini masing-masing profesor baru itu memaparkan orasi ilmiah hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai bentuk kontribusinya pada masyarakat.

Dari Departemen Teknik Perkapalan Prof Aries Sulistyo ST MA Sc PhD yang mengangkat topik orasi mengenai simulasi dinamika kapal untuk membantu keselamatan dan kenyamanan penumpang dan muatan kapal di laut. Kecelakaan kapal di laut harus dihindari karena banyak mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material. Melalui penelitian simulasi dinamika kapal ini diharapkan dapat mengurangi kecelakaan kapal akibat human error.

Selanjutnya, Prof Ir Aguk Zuhdi Muhammad Fathallah MEng PhD, dalam orasi ilmiahnya memaparkan tentang pengaplikasian free piston liner engine pada teknologi hybrid. Konsep dari free piston linear engine adalah untuk mengurangi kerugian mekanik yang diatasi dengan menghilangkan gerakan putar atau rotasi. Disebutkan oleh dosen Departeman Teknik Sistem Perkapalan FTK ini bahwa pengkombinasian antara teknologi hybrid dan free piston linear engine dapat mencapai potensi maksimal dibandingkan penggunaan combustion engine konvensional.

Sedangkan Prof Dr Ir I Ketut Suastika MSc, ahli bidang ilmu hidrodinamika yang juga dari Departemen Teknik Perkapalan FTK membawakan topik orasi mengenai peran dinamika fluida komputasi dalam riset dan inovasi teknik perkapalan untuk kemajuan bangsa. Dinamika fluida komputasi, menurutnya, memegang peranan yang sangat penting baik dalam analisis ataupun desain pada hidrodinamika kapal.


Prosesi pengukuhan guru besar ITS yang berlangsung hybrid disiarkan langsung

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng juga berpesan agar para profesor baru tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan pendidikan di ITS sendiri. “Meningkatnya jumlah profesor ini juga sebagai bukti bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki ITS juga meningkat (kualitasnya),” ungkap guru besar Teknik Elektro tersebut.
Pada akhir sambutannya, Ashari mengungkapkan harapannya agar semakin meningkat jumlah mahasiswa ITS di tingkat pascasarjana, seiring dengan peningkatan jumlah profesor kali ini. Ashari juga mendorong agar prestasi mahasiswa ITS bisa meningkat lebih jauh lagi dengan semakin meningkatnya jumlah profesor di ITS. “Saya berharap kontribusi kita kepada bangsa secara umum, turut serta dapat terus ditingkatkan,” tandasnya menyemangati. (dikutip dari HUMAS ITS – HUMAS FTK)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.