News

Studi Banding dan Raker Fakultas Vokasi ITS 2018

Mon, 22 Apr 2019
2:36 pm
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : fvokasiadmin2   |

Program Pendidikan Vokasi UI yang dibentuk pada tahun 2008 ini sudah mampu membuat gedung sendiri senilai 47 milliar sebagai hasil dari efisiensi kependidikan. Program Vokasi UI menjadi 3 (tiga) bidang keahlian yaitu bidang Kesehatan, Sosial Humaniora, dan Administrasi Bisnis yang membawahi 11 Program Studi jenjang Diploma (D-III).

Jum’at dinihari (28/9/18) setelah tiba di stasiun KA Gambir Jakarta, rombongan dari Fakultas Vokasi (FVok) ITS meluncur ke Universitas Indonesia (UI) Depok. Atmosphere yang berbeda langsung terasa saat memasuki area kampus UI Depok. Kenyamanan dan kesejukan  hutan kotanya dengan tanah yang berlereng serta rumput yang terawat seakan “menyapa” setiap pengunjung yang baru terlepas dari kemacetan lalu lintas Jakarta. Beberapa danau menambah kesejukan kampus ini.  Sebelum melakukan studi banding ke Program Pendidikan Vokasi UI, kami sempatkan berkunjung ke Gedung Pusat Administrasi Universitas Indonesia berlantai 12 sebagai pusat pelayanan adminstrasi dari semua Fakultas dan Program yang ada di UI.

Program Pendidikan Vokasi UI yang dibentuk pada tahun  2008 ini sudah mampu membuat gedung sendiri senilai 47 milliar  sebagai hasil dari efisiensi kependidikan. Program Vokasi UI menjadi 3 (tiga) bidang keahlian yaitu bidang Kesehatan, Sosial Humaniora,  dan Administrasi Bisnis yang membawahi 11 Program Studi jenjang Diploma (D-III). Dengan total jumlah 60 dosen dan 68 tendik, gaji SDM tendik program Vokasi UI relatif lebih tinggi dibanding program lain,  berkat efisiensi tersebut juga peran masing-masing SDM menjadi maksimal namun tetap memperhatikan kesejahteraannya. Semua kegiatan berjalan berdasarkan SOP yang mengacu pada Renstra UI dan sudah berstandar ISO sebagai pengontrol ketertiban. Dibandingkan dengan Fakultas Vokasi ITS, Progam Pendidikan Vokasi UI memang jauh lebih besar, namun FVok ITS selangkah lebih maju dalam hal mencetak para Sarjana Terapan (D-IV) yang belum dimiliki UI. Ini bisa menjadi inspirasi bagi mereka. Kegiatan Studi Banding harus diakhiri karena rombongan F Vok ITS  akan bertolak ke Bandung untuk Raker keesokan harinya. Waktu yang tersedia untuk saling sharing di UI rasanya kurang karena sebenarnya masih banyak ilmu baru dari hasil sharing yang  bisa kita terapkan dan kembangkan. (Ami)

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.