Himpunan Mahasiswa

Himpunan mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) merupakan wadah yang diberikan oleh Departemen untuk pengembangan kegiatan kemahasiswaan di Departemen Teknik Fisika FTI-ITS. Dalam menjalankan roda keorganisasian mendapatkan fasilitas berupa ruang sekretariat HMTF dan dana operasional sesuai dengan program kerja HMTF setelah mendapat persetujuan Departemen. Karena sifatnya untuk mewadahi kegiatan kemahasiswaan yang ada di Departemen, maka HMTF bekerja dibawah pembinaan team TKK yang diangkat dan diberhentikan oleh Pimpinan Departemen. Dengan adanya pengawasan TKK inilah setiap kegiatan yang dilakukan oleh HMTF harus sepengetahuan dan seijin dari team TKK. Lingkup utama dari kegiatan HMTF menyangkut pemahaman dan peningkatan profesi Teknik Fisika.

Visi HMTF

Terwujudnya HMTF ITS sebagai organisasi keprofesian berbasis keteknikfisikaan yang profesional, mandiri, kreatif, dinamis, serta bermanfaat bagi almamater dan bangsa dengan berlandaskan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan semangat solidarity together forever

HMTF

Misi HMTF

  1. Membina keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
  2. Membangun sikap kepemimpinan dan integritas diri bagi seluruh Warga HMTF
  3. Meningkatkan dan membina hubungan baik dengan seluruh stakeholder HMTF ITS
  4. Mengembangkan potensi warga HMTF ITS dalam bidang manajerial, dan keilmiahan
  5. Menumbuh kembangkan kepekaan dan peran aktif HMTF dalam permasalahan sosial kebangsaan serta pengembangan IPTEK yang berbasis pada keprofesian

Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) HMTF

  • Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa
  1. Mengadakan penerapan, kontroling serta transparansi yang berkelanjutan pada setiap tahapan PPSDM HMTF ITS.
  2. Mengadakan penanaman sikap kritis & nilai keagamaan, kepemimpinan, kebangsaan serta jiwa enterpreneurship dalam pengembangan mahasiswa Teknik Fisika
  3. Mengadakan wadah & pengembangan kemampuan bahasa asing, minat jurnalistik, & minat di bidang olahraga warga Teknik Fisika ITS.
  • Bidang Keprofesian
  1. Mengadakan pencerdasan mengenai kompetensi keprofesian Teknik Fisika & pemahaman isu-isu aktual yang bersangkutan, serta berkoordinasi dengan pihak dalam maupun luar lingkup ITS untuk pengadaan kegiatan – kegiatan keprofesian.
  • Bidang Kesejahteraan Mahasiswa
  1. Mengadakan daya dukung dalam hal meningkatkan kualitas akademik, finansial, & kesehatan dalam bentuk informasi ataupun kegiatan.
  • Bidang Riset dan Teknologi
  1. Mengadakan daya dukung terhadap karya Mahasiswa Teknik Fisika di bidang keilmiahan.
  2. Mengadakan penerapan aplikasi teknologi berbasis keprofesian Teknik Fisika.
  • Bidang Internal Organisasi
  1. Mengadakan pencerdasan konstitusi dasar yang ada di HMTF ITS & lingkup KM ITS.
  2. Mengadakan pengelolaan organisasi yang terukur & terstruktur di HMTF
  3. Melakukan usaha-usaha guna menunjang serta mengembangkan kemandirian finansial organisasi dengan penyusunan analisa dan rencana strategis usaha mandiri HMTF ITS.
  • Bidang Hubungan Luar Organisasi
  1. Menjalin & membangun hubungan dengan Stakeholder External HMTF ITS
  2. Menjaga & meningkatkan hubungan dengan Stakeholder External HMTF ITS.
  3. Membangun hubungan antar stakeholder HMTF ITS guna memenuhi kebutuhan mahasiswa Teknik Fisika ITS
  4. Mengadakan branding Departemen Teknik Fisika ITS melalui pengadaan acara.
  • Bidang Komunikasi dan Informasi
  1. Mengadakan komunikasi & informasi terhadap stakeholder HMTF ITS guna membangun citra positif & mendinamisasikan HMTF ITS melalui media informasi.
  2. Mengarsipkan segala bentuk forum yang berkaitan dengan HMTF ITS dengan transparansi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • Bidang Kemasyarakatan
  1. Mengadakan penanaman nilai kepedulian sosial berlandaskan keprofesian Teknik Fisika yang berkelanjutan bagi Mahasiswa Teknik Fisika