Program Studi

Pusat Pendidikan Teknik Fisika Berbasis Riset dan Bereputasi Internasional

Pendidikan Teknik Fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan / rekayasa (engineering) dengan penguasaan dasar ilmu fisika dan matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif. Teknik Fisika lahir untuk menjawab tantangan perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai bidang yang membutuhkan engineer dengan dasar sains teoritis yang kuat disertai kemampuan bekerja dalam multi-disiplin ilmu.

Diasosiasikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang menghubungkan antara basic science dengan engineering, Teknik Fisika memiliki cakupan ilmu yang sangat luas mulai dari hulu hingga hilir, meliputi segala proses sejak konsep hingga terciptalah suatu produk teknologi. Pengajaran Teknik Fisika meliputi lmu sains dasar seperti matematika, fisika, kimia, dan statistika yang dikombinasikan dengan materi-materi keteknikan dari berbagai bidang (teknik elektro, teknik mesin, teknik material, dan teknik kimia). Lulusan teknik fisika diharapkan mampu memecahkan permasalahan dan menghasilkan karya inovatif dalam bidang teknologi pada saat ini maupun di masa mendatang berdasarkan analisis dan metode ilmiah. Peserta didik di Departemen Teknik Fisika ITS dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, serta perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri, dengan peminatan dalam bidang: Instrumentasi dan Kontrol, Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Rekayasa Bahan, Vibrasi dan Akustik, dan Rekayasa Fotonika.

Program Studi Teknik Fisika

Departemen Teknik Fisika menerima mahasiswa untuk tiga program studi utama, yaitu :

  • Program Studi Sarjana (S1) Teknik Fisika (jalur Reguler dan Lintas Jalur)
  • Program Studi Magister (S2) Teknik Fisika, dan
  • Program Studi Doktor (S3) Teknik Fisika

Tahun 2009-2011 Departemen Teknik Fisika FTI-ITS ditunjuk oleh ITS sebagai salah satu Departemen yang melaksanakan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) Tema B. Penunjukkan oleh ITS didasarkan pada kinerja yang telah dicapai oleh Departemen Teknik Fisika FTI-TS selama ini. PHKI ini bertujuan untuk meningkatkan effisiensi eksternal bagi lulusan Departemen Teknik Fisika FTI-ITS, sehingga lulusan Departemen Teknik Fisika FTI-ITS akan memiliki masa tunggu yang sedikit dalam memasuki pangsa kerja.

Informasi Riset

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.