Program Studi Sarjana

Program Sarjana

Tujuan dari Program Studi Sarjana (S1) Matematika adalah untuk menyediakan kesempatan proses belajar bermutu tinggi bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan kemampuan, motivasi dan perilaku belajar serta etos kerja yang tinggi. Mahasiswa akan diberikan pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika , yang terbagi dalam tiga rumpun mata kuliah yaitu analisis dan aljabar, matematika terapan (pemodelan sistem dan simulasi, masalah optimasi, matematika industri) dan ilmu komputer (ilmu komputasi dan Data science).

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana Matematika yang bereputasi internasional pada bidang analisis, aljabar dan komputasi untuk mendukung pengembangan teori dan terapan terutama dalam industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan

Misi

Bidang Pendidikan

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana matematika untuk menghasilkan lulusan berkualitas internasional dalam bidang analisis, aljabar dan komputasi serta penerapannya
  2. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; dan
  3. Membekali lulusan dengan pengetahuan kewirausahaan.

Bidang Penelitian

Berperan aktif dalam mendukung pengembangan matematika dan penerapannya melalui  kegiatan penelitian yang berkualitas nasional dan internasional terutama dalam bidang aljabar, analisis, pemodelan dan komputasi.

Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

Memberdayakan sumber daya departemen untuk berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, industri, dan pemerintahan dengan mengintegrasikan analisis, aljabar, pemodelan dan komputasi.

Bidang Manajemen

  1. Mengembangkan jejaring dan bersinergi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri, masyarakat, dan pemerintahan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi pada bidang matematika dan terapannya.
  2. Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan agar lebih kreatif dan profesional dalam menjalankan tugas

Tujuan

Tujuan Pendidikan Program studi sarjana Matematika adalah menghasilan :

  1. Lulusan yang dapat berkarir sebagai akademisi, peneliti, praktisi di bidang industri, dan wirausahawan yang dapat menggunakan pengetahuan, keterampilan dan pengalamannya untuk menyelesaikan permasalahan riil pada saat menjalankan praktek keprofesiannya.
  2. Individu yang dapat mengadopsi ilmu-ilmu baru yang terkait matematika untuk permasalahan real pada bidang industri, energi, kelautan, finansial dan teknologi informasi, serta menghasilkan karya inovatif matematika berbasis kearifan local.
  3. Individu yang mampu mengembangkan karir, bisa bekerja secara individu dan team, berjiwa pemimpin dan manajerial

Profil Alumni

No Profil Lulusan (PL) Deskripsi Profil Lulusan
1 Akademisi Akademisi adalah seorang yang bergelut di suatu bidang keahlian namun lebih banyak berorientasi pada dunia pendidikan, seperti seorang dosen dan guru. Seorang akademisi akan sulit untuk terjun langsung ke lapangan, namun seorang akademisi sangat cocok menjadi seorang konseptor suatu project.
2 Praktisi Pemerintahan Praktisi Pemerintahan adalah individu dalam instansi pemerintahan yang menjalankan fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.
3 Peneliti muda Peneliti adalah profesi yang melakukan penelitian. Peneliti muda  biasa disebut asisten peneliti adalah profesi yang membantu peneliti untuk melakukan penelitian. Tugas peneliti muda adalah membantu merencanakan kegiatan penelitian, membantu atau melakukan kegiatan penelitian sendiri di bawah bimbingan Peneliti (Ketua) dan menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitiannya
4 Pengembang  Perangkat Lunak Pengembang perangkat lunak adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan.
5 Ahli Sains data Ahli Sains data adalah sebuah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Ahli sains data  harus menguasai ilmu multi disiplin, yaitu matematika statistik, ilmu komputer, dan pengetahuan terhadap salah satu domain tertentu.
6 Praktisi Industri, keuangan dan perbankan Profesi praktisi industri merupakan seorang pelaksana atas suatu bisnis; seorang pelaksana kegiatan bisnis sebuah perusahaan. Seorang praktisi keuangan dan perbankan yang sangat berpengalaman di bidang keuangan dan perbakan bisa menjadi seorang konsultan yang sangat handal, karena pengetahuan lapangan yang mereka miliki yang kadang tidak dimiliki seorang konsultan yang latar belakangnya bukan seorang praktisi.
7 Entrepreneur/ Wirausahawan Wirausahawan adalah orang yang melakukan kegiatan usaha yang ditandai dengan kecerdasan atau bakatnya dalam mengenal produk baru, menentukan cara produksi baru, menyelenggarakan manajemen pembelian produk baru, memasarkannya dan mengelola modal kerjanya.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan: ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, etika dan integritas, berbudi pekerti luhur, peka dan peduli terhadap masalah sosial dan lingkungan, menghargai perbedaan budaya dan kemajemukan, menjunjung tinggi penegakan hukum mendahulukan kepentingan bangsa dan masyarakat luas, melalui kreatifitas dan inovasi, ekselensi, kepemimpinan yang kuat, sinergi, dan potensi lain yang dimiliki untuk mencapai hasil yang maksimal. [S]
  2. Mampu mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengaplikasikannya pada bidang matematika, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dari hasil kerja sendiri maupun kerja kelompok dalam bentuk laporan tugas akhir atau bentuk kegiatan pembelajaran lain yang luarannya setara dengan tugas akhir melalui pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif. [KU]
  3. Mampu mengelola pembelajaran diri sendiri, dan mengembangkan diri sebagai pribadi pembelajar sepanjang hayat untuk bersaing di tingkat nasional, maupun internasional, dalam rangka berkontribusi nyata untuk menyelesaikan masalah dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dan memperhatikan prinsip keberlanjutan serta memahami kewirausahaan berbasis teknologi. [KU]
  4. Mampu menerapkan dan mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari penguasaan  prosedural/komputasi  meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal. [KK]
  5. Mampu mengamati, mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah  melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan teknologi. [KK]
  6. Mampu merekonstruksi atau memodifikasi dan berpikir secara terstruktur terhadap model matematika dari suatu masalah nyata, serta mengkaji keakuratan dan mengintepretasikan hasil. [KK]
  7. Mampu memanfaatkan berbagai alternatif pemecahan masalah matematis yang telah tersedia secara mandiri atau kelompok untuk pengambilan keputusan yang tepat. [KK]
  8. Menguasai konsep dasar matematika yang meliputi konstruksi pembuktian secara logis/analitis, memodelkan dan menyelesaikan masalah-masalah sederhana, serta komputasi[P]
  9. Menguasai konsep teoritis tentang salah satu bidang matematika yaitu analisis, aljabar, pemodelan, optimasi sistem dan ilmu komputer serta menerapkannya dalam menganalisis, merancang, dan mengevaluasi penyelesaian masalah[P]

Kurikulum

Kurikulum 2023 Program Studi Sarjana Matematika (PSSM) mengacu pada Kebijakan ITS, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), rekomendasi IndoMS 2022 , dan kondisi Program studi sarjana Matematika FSAD ITS.  Selain itu dalam penyusunan kurikulum juga mempertimbangkan masukan dari ASIIN, AUN-QA, dan BAN PT.

Pada kurikulum 2023, struktur mata kuliah  dikatagorikan menjadi 5 mata kuliah yaitu  Math dan Basic Science, Inti Program Studi, Penciri ITS, Wajib Kurikulum, Pilihan dan Pengayaan.  Mata kuliah  Penciri ITS terdiri atas Bahasa Inggris, Kewirausahaan Berbasis Teknologi dan Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital. Sedangkan mata kulia wajib kurikulum terdiri atas Agama, Pancasila, Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia.

Perubahan utama pada kurikulum 2023 dibanding kurikulum 2018 adalah adanya peraturan mengenai kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kurikulum memerlukan penyesuaian secara menyeluruh agar hak mahasiswa untuk mengikuti program MBKM dapat difasilitasi. Penyesuaian yang dilakukan adalah meletakkan semua mata kuliah inti program studi pada semester I sampai dengan V, sehingga mahasiswa bisa mengikuti MBKM secara penuh di semester VI dan VII. Dampak lainnya adalah beberapa mata kuliah MKU dari semester 1 dan 2 di Kurikulum 2018 dipindahkan ke semester 6 dan 7 pada kurikulum 2023.

Bidang-bidang keahlian yang disediakan pada kurikulum 2018-2023 adalah:

  • Analisis dan Aljabar: menekankan pada pemahaman, pembelajaran dan pengembangan dasar-dasar matematika, analisis dan aljabar sehingga mampu mengikuti dan mengembangkan teori-teori baru matematika dan ilmu yang lain.
  • Matematika Terapan: Bidang Matematika Terapan merupakan penggabungan bidang Pemodelan Simulasi dan bidang Matematika industri dan keuangan. Pemodelan dan Simulasi menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika, pemodelan sistem dan simulasi, sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan nyata. Bidang Matematika industri dan keuangan: menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika, riset operasi, pengolahan data statistik dan proses stokastik sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam permasalahan nyata.
  • Ilmu Komputer: menekankan pada pemahaman dan pengembangan dasar-dasar matematika, ilmu komputer dan sains data sehingga mampu membangun dan mengembangkan perangkat lunak secara profesional.

Secara umum, kurikulum program studi berpedoman pada standar DIKTI dan ITS dengan penyetaraan kepada European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). SKS mengacu pada sistem kredit Indonesia. 1 SKS = 36 jam belajar / semester. Mengenai kesetaraan kredit antara SKS (kredit Indonesia) dan ECTS (Sistem Kredit Eropa), dapat dihitung melalui rumus: 1 SKS = 1,6 ECTS

Komponen SKS ECTS
Beban studi minimum 144 230.4
Publikasi artikel 2 3.2
Kemampuan bahasa inggris 2 3.2
Ekstrakurikuler 2 3.2
Total 240

Matakuliah

SEMESTER I
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234101 Kalkulus 1 3 Download 
2 SF234103 Fisika Mekanika 3 Download
3 SM234102 Geometri Analitik 3 Download
4 SM234103 Logika Matematika 3 Download
5 SM234104 Metode Statistika 3 Download
6 SM234105 Algoritma dan Pemrograman Komputer 1 3 Download
Jumlah sks 18
SEMESTER II
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234201 Kalkulus 2 3
2 SF234203 Fisika Listrik dan Magnet 3
3 SK234102 Kimia 3
4 SM234202 Matematika Diskrit 3 Download
5 SM234203 Aljabar Linier Elementer 3 Download
6 SM234204 Algoritma dan Pemrograman Komputer 2 3 Download
Jumlah sks 18
SEMESTER III
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234301 Aljabar I 3 Download
2 SM234302 Analisis I 4 Download
3 SM234303 Riset Operasi I 4 Download
4 SM234304 Metode Numerik 3 Download
5 SM234305 Persamaan Diferensial Biasa 3 Download
6 SM234306 Kalkulus Peubah Banyak 3 Download
Jumlah sks  20
SEMESTER IV
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234401 Aljabar II 3 Download
2 SM234402 Analisis II 2 Download
3 SM234403 Metode Matematika 3 Download
4 SM234404 Teori Peluang 3 Download
5 SM234405 Analisis Vektor 3 Download
6 SM234406 Persamaan Diferensial Parsial 3 Download
7 SM234407 Fungsi Peubah Kompleks 3 Download
Jumlah sks 20
SEMESTER V
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234501 Aljabar Linier 4 Download
2 SM234502 Teknik Simulasi 3 Download
3 SM234503 Matematika Statistika 3 Download
4 SM234504 Matematika Sistem 3 Download
5 SM234505 Pemodelan Matematika 4 Download
6 SM234506 Karier Matematika 2
7 SM234507 Penulisan Ilmiah Matematika 2
Jumlah sks 21
SEMESTER VI
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 UG234911 Pancasila 2
2 UG234912 Bahasa Indonesia 2
3 UG234914 Bahasa Inggris 2
4 UG234915 Kewirausahaan Berbasis Teknologi 2
5 MK Pengayaan 3
6 MK Pilihan 10
Jumlah sks 21

 

MATA KULIAH PILIHAN SEMESTER 6
No Kode MK Nama Mata Kuliah sks Module RMK
1 SM234611 Analisis Kombinatorik 3 Download Analisis Aljabar
2 SM234612 Geometri Diferensial 2 Download Analisis Aljabar
3 SM234613 Pengantar Teori Graph 2 Download Analisis Aljabar
4 SM234614 Logika Formal 2 Analisis Aljabar
5 SM234615 Pengantar Analisis Fungsional 3 Analisis Aljabar
6 SM234621 Persamaan Diferensial Biasa Numerik 3 Pemodelan
7 SM234622  Persamaan Diferensial Tak Linier 2 Pemodelan
8 SM234623 Pengantar Komputasi Dinamika Fluida 3 Download Pemodelan
9 SM234624 Pengantar Optimasi Dinamis 3 Download Pemodelan
10 SM234625 Pemodelan Matematika Sistem 2 Pemodelan
11 SM234631 Riset Operasi 2 3 Download MIKe
12 SM234632 Metode Peramalan 2 Download MIKe
13 SM234633 Proses Stokastik 2 Download MIKe
14 SM234634 Pengantar Matematika Derivatif 2 Download MIKe
15 SM234635 Pengantar Analisis Risiko 2 MIKe
16 SM234636 Matematika Bisnis 2 MIKe
17 SM234641 Kecerdasan Tiruan 2 Download PMBD
18 SM234642 Sistem Basis Data 2 Download PMBD
19 SM234643 Pengantar Bioinformatika 2 Download PMBD
20 SM234644 Pengantar Sains Data 2 Download PMBD
21 SM234645 Teori Fuzzy dan  Aplikasi 2 Download PMBD
22 SM234651 Perangkat Lunak Matematika 3 Download Provikom
23 SM234652 Desain dan Analisis Algoritma 2 Provikom
24 SM234653 Pengolahan Citra Digital 3 Download Provikom
25 SM234654 Rekayasa Perangkat Lunak 2 Provikom
26 SM234655 Pengantar Verifikasi Sistem 2 Download Provikom
SEMESTER VII
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Module
1 SM234701 Kerja Praktek 3
2 Agama 2
3 UG234913 Kewarganegaraan 2 Download
4 UG234916 Aplikasi Teknologi dan Transformasi Digital 3
5 MK Pilihan 10
Jumlah sks 20

 

MATA KULIAH PILIHAN SEMESTER 7
No Kode MK Nama Mata Kuliah sks Module RMK
1 SM234711 Pengantar Aproksimasi 3 Download Analisis Aljabar
2 SM234712 Aljabar Fuzzy 2 Download Analisis Aljabar
3 SM234713 Kalkulus Quantum 3 Download Analisis Aljabar
4 SM234714 Pengantar Kalkulus Stokastik 2 Download Analisis Aljabar
5 SM234715 Kapita Selekta Aljabar 2 Download Analisis Aljabar
6 SM234716 Kapita Selekta Analisis 2 Download Analisis Aljabar
7 SM234721 Pengantar Sistem dan Kontrol 2 Pemodelan
8 SM234722 Estimasi Optimum 2 Download Pemodelan
9 SM234723 Persamaan Diferensial Parsial Numerik 2 Download Pemodelan
10 SM234724 Pengantar Optimasi Numerik 3 Pemodelan
11 SM234725 Kapita Selekta Pemodelan, Sistem, dan Simulasi 2 Pemodelan
12 SM234731 Pengantar Matematika Keuangan 2 Download MIKe
13 SM234732 Pengendalian Kualitas Statistika 2 Download MIKe
14 SM234733 Kapita Selekta Matematika Industri 2 Download MIKe
15 SM234741 Pengantar Pembelajaran Mesin 2 Download PMBD
16 SM234742 Penambangan Data 2 Download PMBD
17 SM234743 Pengembangan Aplikasi Web 2 Download PMBD
18 SM234744 Teknologi Basis Data 2 PMBD
19 SM234745 Sistem Pendukung Keputusan 2 Download PMBD
20 SM234746 Kapita Selekta Sains Data 2 Download PMBD
21 SM234751 Pengantar Komputasi Kuantum 2 Download Provikom
22 SM234752 Kriptografi 2 Download Provikom
23 SM234753 Struktur Data 2 Download Provikom
24 SM234754 Komputasi Cloud 2 Download Provikom
25 SM234755 Kapita Selekta Sains Komputasi 2 Download Provikom
26 SM234702 Magang A 2
27 SM234703 Magang B 4
28 SM234704 Magang C 6
SEMESTER VIII
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks
1 SM234801 Tugas Akhir 6
Jumlah sks 6
Post Views: 16,109
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Ada yang bisa kami bantu ?