Program Studi Magister

Program Magister (S2)

Program Studi Magister Matematika (PSMM) FSAD ITS telah menghasilkan lulusan yang berkontribusi sangat signifikan pada pembangunan sumberdaya manusia, terutama di Indonesia bagian timur. Hal ini ditunjang oleh penguasaan pokok-pokok bidang analisis, aljabar dan komputasi yang berkaitan dengan pengembangan matematika terapan. Sejak berdiri tahun 2003, PSMM telah meluluskan 472 magister sains hingga wisuda periode ke-121 (Maret 2019). Saat ini, PSMM dibina oleh 4 Profesor dan 15 Doktor yang berkompeten pada bidang Aljabar Max-Plus, Data Sains, Teori Graf, Komputasi Dinamika Fluida, Sistem Dinamik, Matematika Finansial, Bioinformatika, Teori Sistem, Asimilasi Data dan Pengolahan Citra Digital. PSMM telah bekerjasama dengan beberapa universitas, baik dalam maupun luar negeri, misalnya Shibaura Institute of Technology (Jepang), University of Oxford (Inggris), University of Essex (Inggris), Technische Universiteit Delft (Belanda) dan Universiti Malaysia Pahang (Malaysia). Sejak tahun 2019, PSMM telah terakreditasi A dengan nomor SK 4332/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2019.

Visi

Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan magister matematika yang bereputasi internasional, terutama dalam bidang analisis, aljabar, dan komputasi untuk mendukung dan mengembangkan matematika terapan.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan magister matematika untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, menguasai pokok-pokok bidang analisis, aljabar, dan komputasi serta penerapannya.
  2. Mengembangkan kerja sama nasional dan internasional di bidang pendidikan dan penelitian matematika.
  3. Menumbuhkan dan menjaga moral dan etika akademik.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen agar lebih kreatif dan professional dalam menjalankan tugas

Tujuan

1. Menghasilkan Magister Matematika berintegritas tinggi yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kompetensi dalam bidang Analisis dan Aljabar Terapan, Pemodelan dan Simulasi, serta Ilmu Komputer.
  3. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kemampuan, motivasi dan perilaku belajar serta etos kerja yang tinggi dalam penelitian dan pengembangan keilmuan matematika.
  4. Menghasilkan Magister Matematika yang mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata, khususnya yang berkaitan dengan bidang energi, transportasi, lingkungan, kelautan dan industri, serta teknologi informasi.

Sasaran

Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan dengan memerhatikan sumberdaya serta sarana dan prasarana yang tersedia di PSMM-ITS, ditetapkan sasaran PSMM-ITS sebagai berikut:

1. Kualitas calon mahasiswa
  2. Kualitas lulusan
  3. Kerjasama secara nasional maupun internasional
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Kinerja Program Studi

Profil Alumni

Lulusan Program Studi Magister Matematika diharapkan untuk bekerja pada bidang berikut:

1. Keuangan, perbankan, dan asuransi: menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan, perbankan, dan asuransi, berdasarkan metode matematika dan statistika.
  2. Analis sistem dan programmer: menerapkan pengetahuan dan keterampilan bahasa pemrograman dan analisis algoritma, dan rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi.
  3. Analis data: menerapkan pengetahuan dan keterampilan berdasarkan pemikiran matematis dalam pengolahan data dan pemrograman untuk menganalisis data dan penerapannya.
  4. Pendidik: menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memberikan mata kuliah matematika dan bidang terkait.
  5. Entrepreneur: menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kerangka berpikir matematis yang berkaitan dengan bisnis kreatif dan kewirausahaan.
  6. Asisten peneliti: menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika dan pengolahan data di bidang penelitian.
  7. Studi lanjut dalam program doktor.

Tujuan Pendidikan

1. Lulusan dengan kompetensi meliputi analisis, aljabar, matematika terapan dan ilmu komputasi
  2. Lulusan yang mampu bersaing secara internasional
  3. Lulusan yang mampu mengembangkan jejaring penelitian terkait dengan aplikasi matematika untuk masalah kehidupan nyata, terutama di bidang industri, teknologi informasi, energi, maritim, lingkungan dan keuangan
  4. Lulusan yang mampu mengembangkan karir, bekerja lebih efisien baik secara individu maupun dalam tim, memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang lebih baik

Capaian Pembelajaran Lulusan

1. [C2] Mahasiswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan pernyataan, metode, dan perhitungan matematika yang dasar
  2. [C3] Mahasiswa mampu menganalisis masalah matematika dalam salah satu bidang: analisis, aljabar, pemodelan, sistem, optimasi atau ilmu komputasi
  3. [C5] Mahasiswa mampu bekerja dan meneliti secara kolaboratif masalah matematika baik dalam bidang matematika murni, matematika terapan atau ilmu komputasi
  4. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan dan mempresentasikan ide matematika dengan jelas dan koheren, baik secara tertulis maupun lisan
  5. Mahasiswa mampu memanfaatkan prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat untuk meningkatkan pengetahuan dan permasalahan terkini tentang matematika
  6. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap religius dan toleransi
  7. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dan komitmen terhadap penegakan hukum, etika, norma-norma untuk masyarakat dan kelestarian lingkungan

Kurikulum

Pada kurikulum 2018, beban studi ditetapkan sebanyak 36 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan paling lama 8 (delapan) semester termasuk penyelesaian tesis (Peraturan Akademik ITS 2019). Mata kuliah wajib terdiri dari 4 mata kuliah (11 SKS), yaitu Teori Modul, Analisis Fungsional, Pemodelan Matematika dan Komputasi Numerik.

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Beban kuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi di PSMM-ITS adalah 36 sks, dengan waktu 4 semester.

Seluruh mata kuliah dikelompokkan sebagai berikut:

• Kelompok mata kuliah wajib: Teori Modul (3sks), Analisis Fungsional (3sks), Pemodelan Matematika (3sks) dan Komputasi Numerik (2sks).
  • Kelompok mata kuliah wajib bidang minat berjumlah 6 sks: Teori Aproksimasi (3sks), Aljabar Max-Plus (3sks), Sistem Dinamik (3sks), Kalkulus Stokastik (3sks), Algoritma Komputasi (3sks), Matematika Pembelajaran Mesin (3sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Analisis dan Aljabar Terapan: Transformasi Diskrit (3sks), Aljabar Graf (3sks), Wavelet dan Aplikasi (3sks), Graf dan Aplikasi (2sks), Topik Analisis Terapan (2sks), Topik Aljabar Terapan (2sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Pemodelan dan Simulasi: Sistem dan Kontrol (3sks), Komputasi Dinamika Fluida (3sks), Optimasi Dinamis (3sks), Matematika Keuangan (3sks), Matematika Biologi (3sks), Asimilasi Data (3sks), Matematika Derivatif (3sks), Analisis Risiko (3sks), Persamaan Diferensial Parsial Lanjut (2sks), Masalah Invers (2sks), Topik Pemodelan Matematika (2sks), Topik Optimasi (2sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Ilmu Komputer: Verifikasi Formal (3sks), Pengolahan Citra Digital dan Analisis (3sks), Komputasi Biologi (3sks), Teori Komputasi (3sks), Sistem Fuzzy (2sks), Topik Komputasi (2sks).

ECTS

Jumlah minimum sks yang ditempuh oleh mahasiswa adalah 36 sks, yang ekivalen dengan 170 menit belajar mandiri dan kuliah pada setiap minggu. Di setiap semester, terdiri dari 16 minggu kuliah termasuk evaluasi. Jumlah minimum sks dan aktivitas wajib lain ekivalen dengan 99.96 ECTS, dengan 1 ECTS setara dengan 25 jam. Aktivitas wajib lain terdiri dari:

1. Beberapa matakuliah pilihan di Semester 2 dan 3 memberikan tugas ke mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan tertentu, menuliskan hasil dalam bentuk laporan dan mempresentasikan hasilnya. Aktivitas ini ekivalen dengan 3 SKS.
  2. Sebagai salah satu syarat lulus, setiap mahasiswa harus mempublikasikan beberapa hasil pada tesis di suatu seminar internasional atau jurnal. Ada beberapa aktivitas yang dilakukan, misalnya mempersiapkan makalah, menulis makalah, merevisi makalah, mempersiapkan layout makalah agar sesuai dengan template, dan mempresentasikan hasilnya. Aktivitas ini ekivalen dengan 5 SKS.
  3. Ada beberapa aktivitas di tesis yang membutuhkan waktu cukup banyak, seperti menuliskan proposal, mempresentasikan proposal, merevisi proposal, mempresentasikan proposal, mempresentasikan hasil tesis. Aktivitas ini ekivalen dengan 5 SKS.

Konversi antara jumlah minimum sks dan beberapa aktivitas wajib lain, dari SKS ke ECTS dituliskan pada table berikut:

Komponen SKS ECTS

Daftar Tesis

No Nama/NRP Judul Tesis