Program Studi Magister

Program Magister (S2)

Program Studi Magister Matematika (PSMM) FSAD ITS telah menghasilkan lulusan yang berkontribusi sangat signifikan pada pembangunan sumberdaya manusia, terutama di Indonesia bagian timur. Hal ini ditunjang oleh penguasaan pokok-pokok bidang analisis, aljabar dan komputasi yang berkaitan dengan pengembangan matematika terapan. Sejak berdiri tahun 2003, PSMM telah meluluskan 472 magister sains hingga wisuda periode ke-121 (Maret 2019). Saat ini, PSMM dibina oleh 4 Profesor dan 15 Doktor yang berkompeten pada bidang Aljabar Max-Plus, Data Sains, Teori Graf, Komputasi Dinamika Fluida, Sistem Dinamik, Matematika Finansial, Bioinformatika, Teori Sistem, Asimilasi Data dan Pengolahan Citra Digital. PSMM telah bekerjasama dengan beberapa universitas, baik dalam maupun luar negeri, misalnya Shibaura Institute of Technology (Jepang), University of Oxford (Inggris), University of Essex (Inggris), Technische Universiteit Delft (Belanda) dan Universiti Malaysia Pahang (Malaysia). Sejak tahun 2019, PSMM telah terakreditasi A dengan nomor SK 4332/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2019.

Visi

Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan magister matematika yang bereputasi internasional, terutama dalam bidang analisis, aljabar, dan komputasi untuk mendukung dan mengembangkan matematika terapan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister matematika untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, menguasai pokok-pokok bidang analisis, aljabar, dan komputasi serta penerapannya.
  2. Mengembangkan kerja sama nasional dan internasional di bidang pendidikan dan penelitian matematika.
  3. Menumbuhkan dan menjaga moral dan etika akademik.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen agar lebih kreatif dan professional dalam menjalankan tugas

Tujuan

  1. Menghasilkan Magister Matematika berintegritas tinggi yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kompetensi dalam bidang Analisis dan Aljabar Terapan, Pemodelan dan Simulasi, serta Ilmu Komputer.
  3. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kemampuan, motivasi dan perilaku belajar serta etos kerja yang tinggi dalam penelitian dan pengembangan keilmuan matematika.
  4. Menghasilkan Magister Matematika yang mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata, khususnya yang berkaitan dengan bidang energi, transportasi, lingkungan, kelautan dan industri, serta teknologi informasi.

Sasaran

Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan dengan memerhatikan sumberdaya serta sarana dan prasarana yang tersedia di PSMM-ITS, ditetapkan sasaran PSMM-ITS sebagai berikut:

  1. Kualitas calon mahasiswa
  2. Kualitas lulusan
  3. Kerjasama secara nasional maupun internasional
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Kinerja Program Studi

Profil Alumni

Lulusan Program Studi Magister Matematika diharapkan untuk bekerja pada bidang berikut:

  1. Keuangan, perbankan, dan asuransi: menerapkan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan, perbankan, dan asuransi, berdasarkan metode matematika dan statistika.
  2. Analis sistem dan programmer: menerapkan pengetahuan dan keterampilan bahasa pemrograman dan analisis algoritma, dan rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi.
  3. Analis data: menerapkan pengetahuan dan keterampilan berdasarkan pemikiran matematis dalam pengolahan data dan pemrograman untuk menganalisis data dan penerapannya.
  4. Pendidik: menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika untuk memberikan mata kuliah matematika dan bidang terkait.
  5. Entrepreneur: menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kerangka berpikir matematis yang berkaitan dengan bisnis kreatif dan kewirausahaan.
  6. Asisten peneliti: menerapkan pengetahuan dan keterampilan matematika dan pengolahan data di bidang penelitian.
  7. Studi lanjut dalam program doktor.

Tujuan Pendidikan

  1. Lulusan dengan kompetensi meliputi analisis, aljabar, matematika terapan dan ilmu komputasi
  2. Lulusan yang mampu bersaing secara internasional
  3. Lulusan yang mampu mengembangkan jejaring penelitian terkait dengan aplikasi matematika untuk masalah kehidupan nyata, terutama di bidang industri, teknologi informasi, energi, maritim, lingkungan dan keuangan
  4. Lulusan yang mampu mengembangkan karir, bekerja lebih efisien baik secara individu maupun dalam tim, memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang lebih baik

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. [C2] Mahasiswa dapat menyelesaikan masalah matematika dengan menerapkan pernyataan, metode, dan perhitungan matematika yang dasar
  2. [C3] Mahasiswa mampu menganalisis masalah matematika dalam salah satu bidang: analisis, aljabar, pemodelan, sistem, optimasi atau ilmu komputasi
  3. [C5] Mahasiswa mampu bekerja dan meneliti secara kolaboratif masalah matematika baik dalam bidang matematika murni, matematika terapan atau ilmu komputasi
  4. Mahasiswa mampu mengkomunikasikan dan mempresentasikan ide matematika dengan jelas dan koheren, baik secara tertulis maupun lisan
  5. Mahasiswa mampu memanfaatkan prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat untuk meningkatkan pengetahuan dan permasalahan terkini tentang matematika
  6. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap religius dan toleransi
  7. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dan komitmen terhadap penegakan hukum, etika, norma-norma untuk masyarakat dan kelestarian lingkungan

Kurikulum

Pada kurikulum 2018, beban studi ditetapkan sebanyak 36 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan paling lama 8 (delapan) semester termasuk penyelesaian tesis (Peraturan Akademik ITS 2019). Mata kuliah wajib terdiri dari 4 mata kuliah (11 SKS), yaitu Teori Modul, Analisis Fungsional, Pemodelan Matematika dan Komputasi Numerik.

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Beban kuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi di PSMM-ITS adalah 36 sks, dengan waktu 4 semester.

Seluruh mata kuliah dikelompokkan sebagai berikut:

  • Kelompok mata kuliah wajib: Teori Modul (3sks), Analisis Fungsional (3sks), Pemodelan Matematika (3sks) dan Komputasi Numerik (2sks).
  • Kelompok mata kuliah wajib bidang minat berjumlah 6 sks: Teori Aproksimasi (3sks), Aljabar Max-Plus (3sks), Sistem Dinamik (3sks), Kalkulus Stokastik (3sks), Algoritma Komputasi (3sks), Matematika Pembelajaran Mesin (3sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Analisis dan Aljabar Terapan: Transformasi Diskrit (3sks), Aljabar Graf (3sks), Wavelet dan Aplikasi (3sks), Graf dan Aplikasi (2sks), Topik Analisis Terapan (2sks), Topik Aljabar Terapan (2sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Pemodelan dan Simulasi: Sistem dan Kontrol (3sks), Komputasi Dinamika Fluida (3sks), Optimasi Dinamis (3sks), Matematika Keuangan (3sks), Matematika Biologi (3sks), Asimilasi Data (3sks), Matematika Derivatif (3sks), Analisis Risiko (3sks), Persamaan Diferensial Parsial Lanjut (2sks), Masalah Invers (2sks), Topik Pemodelan Matematika (2sks), Topik Optimasi (2sks).
  • Kelompok mata kuliah pilihan bidang minat Ilmu Komputer: Verifikasi Formal (3sks), Pengolahan Citra Digital dan Analisis (3sks), Komputasi Biologi (3sks), Teori Komputasi (3sks), Sistem Fuzzy (2sks), Topik Komputasi (2sks).

ECTS

Jumlah minimum sks yang ditempuh oleh mahasiswa adalah 36 sks, yang ekivalen dengan 170 menit belajar mandiri dan kuliah pada setiap minggu. Di setiap semester, terdiri dari 16 minggu kuliah termasuk evaluasi. Jumlah minimum sks dan aktivitas wajib lain ekivalen dengan 99.96 ECTS, dengan 1 ECTS setara dengan 25 jam. Aktivitas wajib lain terdiri dari:

  1. Beberapa matakuliah pilihan di Semester 2 dan 3 memberikan tugas ke mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan tertentu, menuliskan hasil dalam bentuk laporan dan mempresentasikan hasilnya. Aktivitas ini ekivalen dengan 3 SKS.
  2. Sebagai salah satu syarat lulus, setiap mahasiswa harus mempublikasikan beberapa hasil pada tesis di suatu seminar internasional atau jurnal. Ada beberapa aktivitas yang dilakukan, misalnya mempersiapkan makalah, menulis makalah, merevisi makalah, mempersiapkan layout makalah agar sesuai dengan template, dan mempresentasikan hasilnya. Aktivitas ini ekivalen dengan 5 SKS.
  3. Ada beberapa aktivitas di tesis yang membutuhkan waktu cukup banyak, seperti menuliskan proposal, mempresentasikan proposal, merevisi proposal, mempresentasikan proposal, mempresentasikan hasil tesis. Aktivitas ini ekivalen dengan 5 SKS.

Konversi antara jumlah minimum sks dan beberapa aktivitas wajib lain, dari SKS ke ECTS dituliskan pada table berikut:

Komponen SKS ECTS
Jumlah minimum sks 36 73.44
Aktivitas pada beberapa matakuliah pilihan 3 6.12
Publikasi pada seminar atau jurnal 5 10.20
Beberapa aktivitas pada tesis 5 10.20
Jumlah 99.96

Daftar Matakuliah

SEMESTER 1
No. Kode MK Nama Mata Kuliah (MK) sks Unduh
1 KM185101 Teori Modul 3 Silabus  Modul
2 KM185102 Analisis Fungsional 3 Silabus  Modul
3 KM185103 Pemodelan Matematika 3 Silabus  Modul
4 KM185104 Komputasi Numerik 2 Silabus  Modul
Jumlah sks 11
SEMESTER 2
No KODE NAMA MATAKULIAH SKS
1 KM1852xx MK Wajib Bidang Minat
2 KM1852xx Pilihan Bidang Minat 3
Jumlah SKS 9
SEMESTER 3
KODE NAMA MATAKULIAH SKS
KM1853xx Pilihan Bidang Minat 8
Jumlah SKS 8
SEMESTER 4
No. Kode NAMA MATAKULIAH PILIHAN SKS Unduh
1 KM185401 Tesis 8 SilabusModul
Jumlah SKS 8
SEMESTER 2
No. Kode NAMA MATAKULIAH WAJIB BIDANG MINAT SKS Unduh
1 KM185211 Teori Aproksimasi 3 Silabus Modul
2 KM185212 Aljabar Max-Plus 3 Silabus Modul
3 KM185221 Sistem Dinamik 3 Silabus Modul
4 KM185222 Kalkulus Stokastik 3 Silabus  Modul
5 KM185231 Algoritma Komputasi 3 Silabus  Modul
6 KM185232 Matematika Pembelajaran Mesin 3 Silabus  Modul
No. Kode NAMA MATAKULIAH PILIHAN SKS Unduh
1 KM185271 Transformasi Diskrit 3 Silabus Modul
2 KM185272 Verifikasi Formal 3 Silabus Modul
3 KM185273 Sistem dan Kontrol 3 Silabus  Modul
4 KM185274 Komputasi Dinamika Fluida 3 Silabus  Modul
5 KM185275 Optimasi Dinamis 3 Silabus  Modul
6 KM185276 Matematika Keuangan 3 Silabus Modul
7 KM185277 Pengolahan Citra Digital dan Analisis 3 Silabus  Modul

 

SEMESTER 3
No. Kode NAMA MATAKULIAH PILIHAN SKS Unduh
1 KM185372 Matematika Biologi 3 Silabus  Modul
2 KM185373 Asimilasi Data 3 Silabus  Modul
3 KM185374 Komputasi Biologi 3 Silabus  Modul
4 KM185375 Matematika Derivatif 3 Silabus  Modul
5 KM185376 Analisis Risiko 3 Silabus Modul
6 KM185377 Aljabar Graph 3 Silabus Modul
7 KM185378 Teori Komputasi 3 Silabus Modul
8 KM185379 Wavelet dan Aplikasi 3 Silabus Modul
9 KM185380 Persamaan Diferensial Parsial Lanjut 2 Silabus Modul
10 KM185381 Masalah Invers 2 Silabus Modul
11 KM185382 Sistem Fuzzy 2 Silabus Modul
12 KM185383 Graph dan Aplikasi 2 Silabus Modul
13 KM185384 Topik Analisis Terapan 2 Silabus Modul
14 KM185385 Topik Komputasi 2 Silabus Modul
15 KM185386 Topik Pemodelan Matematika 2 Silabus Modul
16 KM185387 Topik Aljabar Terapan 2 Silabus Modul
17 KM185388 Topik Optimasi 2 Silabus  Modul

Contoh Portofolio

1 Data Assimilation Download
2 Biological Computing Download
3 Numerical Computing Download
4 Dynamical Optimization Download
5 Stochastic Calculus Download

Daftar Tesis

No Nama/NRP Judul Tesis
1 Prima Aditya
06111750010008
Penerapan Robust Kalman Filter dan Kontrol Konsensus pada Sistem Gerak Multi-robot
2 Helisyah Nur Fadhilah
06111750010005
DESAIN SENTRALISASI DAN DESENTRALISASI KONTROL H_infinity DENGAN PENDEKATAN LINEAR MATRIX INEQUALITY
3 Firdaus Priyatno P
06111750010003
Estimasi Gelombang Tsunami di Selatan Pulau Jawa Menggunakan Metode Ensemble Kalman Filter
4 Dian Ayu Merdekawati
06111650012009
Optimasi Penjadwalan Closed Shop Menggunakan Max-Plus Automata
5 Sitti Rosnafi’an Sumardi
06111650012014
Kendali Optimal Pada Penyebaran Virus Ebola Dengan Mempertimbangkan Pengaruh Perubahan Perilaku Manusia Dan Iklim. (Studi Kasus : Republik Demokratik Kongo)
6 Shaffiani Nurul Fajar
06111750010002
Estimasi Gelombang Pasang Surut di Pesisir Selatan Pulau Jawa dengan Metode Ensemble Kalman Filter
7 Dian Kusuma Rahma Putri
06111750010020
Kendali Haluan Kapal untuk Pelacakan Lintasan Dubins dengan Halangan Dinamis Menggunakan Model Predictive Control
8 Fedric Fernando
06111750010013
BAT ALGORITHM UNTUK MOLECULAR DOCKING SENYAWA ALKALOID SA2014 TERHADAP PROTEIN CYCLIN D1 PADA KANKER
9 Zulfa Afiq Fikriya
06111750010004
Molecular Docking Senyawa Alkaloid SA2014 Terhadap Protein Cyclin D1 pada Kanker Menggunakan Firefly Algorithm
10 Ninik Hariati
06111750010015
Valuasi Asuransi Deposito yang Menyertakan Risiko pada Model Heston
11 Muftiyatul Azizah
06111750012003
PREDIKSI HARGA SAHAM MENGGUNAKAN MODEL GEOMETRIC BROWNIAN MOTION DENGAN METODE HYBRID
12 Dauliyatu Achsina
06111750012002
KONTROL OPTIMAL MODEL SMOKING DENGAN OPTIMALISASI PEMBOBOT MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY
13 Alvina Khairun Nisa’
06111750012012
IDENTIFIKASI POTENSI BENCANA LONGSOR DI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN MODEL JARINGAN SYARAF TIRUAN
14 TITO NUR MUSTIKA
06111750012010
Prediksi Harga Saham dengan Geometric Brownian Motion dan ARIMA – Termodifikasi Kalman Filter
15 Herlina Stephani
06111750012013
ANALISIS MODEL MATEMATIKA ALIRAN FLUIDA MIKROKUTUB YANG MELALUI BOLA BERMAGNET TERIRIS
16 Oryza Safitri
06111750012008
MODEL MATEMATIKA MAGNETOHIDRODINAMIKA YANG MELALUI BOLA BERMAGNET TERIRIS DALAM FLUIDA NANO DENGAN PENGARUH KONVEKSI CAMPURAN
17 Sarah Maghfiroh Ilahi
06111750012005
KONTROL OPTIMAL MODEL PENYEBARAN RUMOR DENGAN OPTIMALISASI PEMBOBOT MENGGUNAKAN ARTIFICIAL BEE COLONY
18 LULUK IANATUL AFIFAH
06111750010019
Penentuan Premi Asuransi Deposito Menggunakan Model Heston dengan  Transformasi Fourier
19 Muhammad Thahiruddin
06111750012006
ANALISIS MODEL MATEMATIKA ALIRAN FLUIDA NANO MAGNETOHIDRODINAMIK YANG MELALUI BOLA MAGNET BERPORI TERIRIS
20 Adhi Surya Nugraha
06111750012001
Analisis Model Matematika Aliran Fluida Kental Magnetohidrodinamik yang Melalui Bola Bermagnet Teriris
21 Aditya Pratama Nusantara
06111750012004
Reduksi Noise Hujan Menggunakan Guided Filter Untuk Meningkatkan Akurasi Counting Kendaraan Bergerak
22 Muhammad Muslim
06111750012011
Identifikasi Lubang pada Jalan menggunakan Pengolahan Citra Digital
23 KURNIAWAN SUGIARTO
06111750012009
KOMBINASI WAVELET DAN KALMAN FILTER UNTUK PERAMALAN TIME SERIES MENGGUNAKAN METODE ARIMA
24 Imroatus Siyamah
06111750010017
Analisa Perbandingan Valuasi CAT Bond dengan Metode Monte Carlo dan Kuasi Monte Carlo
25 L..ABD.RAZID
1215201208
PERENCANAAN MUSIM TANAM TANAMAN PANGAN MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV
26 M. Ulul Albab
06111650010007
Peramalan Produksi Udang Vannamei Berdasarkan Data Cuaca Menggunakan Pendekatan Jaringan Radial Basis Function (Studi Kasus: Kabupaten Lamongan)
27 Khusnul  Yaqin
06111650012005
PREDIKSI CURAH HUJAN DAN POLA HUBUNGANNYA TERHADAP PRODUKSI PADI DAN JAGUNG DI MALANG JAWA TIMUR
28 M Anas Fikri Muzaki
06111650012002
Pemodelan Matematika dan Perbandingan Kendali PID dan Sliding Mode Control pada Remote Control Weapon Station Kaliber 12.7mm
29 Ahmad Maulana Syafii
06111750010009
Kendali Haluan Kapal dengan Menggunakan Modifikasi Model Predictive Control-Kalman Filter
30 Selvister Heri WIbawa
06111750010012
Pendekatan Model Matematika Dalam Sistem Perbankan di Indonesia Dengan Menggunakan Model Lotka Volterra Tingkat Tiga
31 Airin Nur Hidayati
06111750010014
KONTROL OPTIMAL MODEL PADA SIKLUS BISNIS IS-LM DUA TUNDAAN
32 Rikcy Bayu Suhendra
06111650012015
Bilangan Dominasi Pada Graf Sierpinski S(n,C4)
33 Nur Afnia
06111750010016
Valuasi Asuransi Deposito yang meyertakan Resiko dengan Transformasi Fourier
34 Akhmad Mujayyid
06111750010001
Simulasi Numerik Aliran Darah Melalui Percabangan Dalam Sistem Arteri Dengan Adanya Multi-Stenosis
35 Andika Ardiansyah
06111750010021
Penentuan Lokasi dan Jumlah Halte Monorel di Surabaya dengan Model Max Covering Problem
36 Muhammad Ikhwan
06111650010011
Sistem Kendali Aktif Pasif pada Motor Penjejak Matahari Dua Sumbu Menggunakan Fuzzy Logic Control – Model Predictive Control
37 Muhamad Suef
06111650010018
MODIFIKASI DEKOMPOSISI DULMAGE-MENDELSOHN PADA MATRIKS PERSEGI REGULER TEREDUKSI ATAS ALJABAR MAX-PLUS
38 Yolanda Norasia
06111650012011
MAGNETOHIDRODINAMIK FLUIDA NANO TAK TUNAK YANG MENGALIR MELEWATI BOLA BERMAGNET DIPENGARUHI OLEH KONVEKSI CAMPURAN
39 Lutfi Mardianto
06111650010008
Simulasi Numerik dari Aliran Konveksi Campuran Magnetohidrodinamik Tak Tunak untuk Fluida Kental Melalui Bola Bermagnet
40 CHARISMA JUNI KUMALASARI
06111650012001
ALIRAN FLUIDA MAGNETOHIDRODINAMIK  MIKROKUTUB YANG MELALUI BOLA BERPORI DI BAWAH PENGARUH KONVEKSI CAMPURAN DAN MEDAN MAGNET
41 Maulidyani Abu
06111650012007
ALIRAN FLUIDA NANO MELALUI BOLA BERPORI DIBAWAH PENGARUH KONVEKSI CAMPURAN DAN MEDAN MAGNET
42 Mufatin Fauziyah
06111650012010
MAGNETOHIDRODINAMIK FLUIDA MIKROKUTUB TAK TUNAK YANG MELEWATI BOLA DI BAWAH PENGARUH KONVEKSI CAMPURAN DAN MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SKEMA IMPLISIT EULER
43 Asmianto
06111650012012
Kontrol Formasi pada sistem beberapa dubins pesawat dengan adanya pemimpin
44 Heri Purnawan
06111650010016
Disturbance Compensating Model Predictive Control untuk Kendali Gerak Kapal Perang dengan Misi Penembakan Misil
45 Prismahardi Aji Riyantoko
1216201213
Kendali Optimal Produksi Lipid pada Mikroalga dengan Keterbatasan Nutrisi dan Karbondioksida Menggunakan Metode Linear Quadratik Regulator
46 ABDUL MAHATIR NAJAR
06111650010012
PENERAPAN METODE EXTREME LEARNING

MACHINE UNTUK PREDIKSI TINGKAT RISIKO WABAH DEMAM BERDARAH BERDASARKAN KEADAAN CUACA

47 Nur Ilmayasinta
06111650012003
KENDALI OPTIMAL PADA MODEL EKSTRAKSI LIPID MIKROALGA MENGGUNAKAN METODE LQR (LINIER QUADRATIC REGULATOR) DAN METODE PMP (PONTRYAGIN MAXIMAL PRINCIPLE)
48 AMIRUL HAKAM
1216201017
SIMULASI NUMERIK ALIRAN FLUIDA DI SEKITAR SILINDER SIRKULAR DAN TIGA KENDALI PASIF
49 Nihaya Alivia Coraima Dewi
06111650012004
Optimasi Domain of Attraction Model Epidemik pada Dua Wilayah dengan Tiga Lintasan
50 ravy hayu
06111650010019
Deteksi dan Klasifikasi Kerusakan Jalan Aspal Menggunakan Metode YOLO Berbasis Citra Digital
51 zaimatul firdaus
06111650010001
Penerapan Metode Connected Component Labelling (CCL) Untuk Pengukuran Dimensi Lubang Jalan Aspal Berbasis Citra Digital
52 Handy Frank Wily Ambarita
06111650010020
PENERAPAN ALGORITMA DISCRETE CUCKOO SEARCH PADA MULTIPLE TRAVELLING SALESMAN PROBLEM
53 Luqman Affandi
06111650012006
Estimasi Parameter-Parameter Yield Surat Utang Negara Indonesia Menggunakan Metode Ensemble Kalman Filter
54 Tri Maryono Rusadi
1214201020
KONTROL OPTIMAL SISTEM PERAWATAN PRODUK DENGAN MEMPERHATIKAN KERUSAKAN PRODUK, PAJAK EMISI, INVESTASI R&D PADA TEKNOLOGI POLUSI DAN TINGKAT DISKON
55 Yan Aditya Pradana
06111650010003
Analisis Data Cuaca untuk Estimasi Produksi Padi dengan Menggunakan Metode Hidden Markov Model
56 Jaya Santoso
06111650010004
Dimensi Metrik dan Dimensi Partisi Graf Cycle Books
57 Ahmad Khairul Umam
1215201005
Transformasi Wavelet Quaternion dengan Filter Rata-rata pada Proses Denoising Citra
58 siti khotijah
1214201204
Penerapan Transformasi Wavelet Daubechies untuk Mereduksi Noise Hujan pada Video
59 Wardatus Syarifah
1215201204
Perbandingan Kalman Filter dan Ensemble Kalman Filter untuk Estimasi Penyebaran Api pada Kebakaran Hutan
60 Harmerita
1214201203
Estimasi Suku Bunga Model Cox Ingersoll Ross (CIR) Menggunakan Extended Kalman Filter untuk Perhitungan Supplemental Cost pada Program Pensiun
61 YESSY VITA OKTAVIANA
1215201210
Perbandingan Kalman Filter dan Fraksional Kalman Filter untuk Estimasi Konsentrasi Polutan pada Masalah Polusi Udara
62 Nabila Asyiqotur Rohmah
1215201207
ESTIMASI CURAH HUJAN BERDASARKAN MODEL TFR MENGGUNAKAN METODE ENSEMBLE KALMAN FILTER
63 Mey Lista Tauryawati
1215201205
Metode Volume Hingga dalam Menentukan Harga European Call Option dengan Regime-Switching Volatilitas
64 Zainullah Zuhri
06111650010009
PENGEMBANGAN TIPE 2 FUZZY SLIDING MODE CONTROL (T2FSMC) PADA KONTROL POSISI PANEL SURYA DENGAN OPTIMASI GAIN SCALE FACTOR MENGGUNAKAN FIREFLY ALGORITHM
65 AHMAD JAMIL
06111650010013
OPTIMALISASI PERTUMBUHAN ALGA DENGAN VARIABEL KENDALI ALIRAN KARBON DIOKSIDA DAN NUTRISI MENGGUNAKAN ALGORITMA KUNANG-KUNANG
66 Aditya Putra Pratama
06111650010014
Abstraksi Berhingga Sistem uncertain-Max-Plus-Linear
67 Annisa Rahmita Soemarsono
06111650010015
Kelengkapan Ruang Barisan l_2(P) dan Ruang Fungsi L_2(P) di Dalam Ruang Metrik Parsial
68 Bagus Juliyanto
1214201016
Pengaruh Pembangkitan Panas Pada Aliran Konveksi Campuran Fluida Nano Melalui Permukaan Silinder Sirkular Horizontal
69 Vimala Rachmawati
1215201202
IMPLEMENTASI ALGORITMA FILTER KALMAN PADA MODEL TEREDUKSI DENGAN METODE SINGULAR PERTURBATION APPROXIMATION
70 Zendhiastara Arthananda
1214201040
Ko-Optimasi Source dan Mask Pattern Berdasarkan Algoritma Multi-Objektif Particle Swarm Optimization
71 Deri Triana
06111650010002
Sifat-Sifat Elementer Segitiga di Ruang Bernorma dan Ruang Bernorma-2
72 Alifiah Yulisda Badri
06111650010010
KAJIAN DIMENSI METRIK KETETANGGAAN DAN DIMENSI METRIK KETETANGGAAN  LOKAL PADA GRAF MATAHARI  DAN GRAF BUKU BERTUMPUK
73 Hasanuddin Al-Habib
1215201211
METODE HYBRID UNTUK MENGHILANGKAN BAYANGAN DENGAN MODIFIKASI SUB REGION MATCHING DAN GAUSSIAN MIXTURE MODEL