Visi dan Misi

Visi Departemen Matematika

Menjadi departemen yang bereputasi internasional dalam bidang matematika dan komputasi serta terapannya yang menunjang sains dan teknologi terutama dalam bidang industri, energi, kelautan, finansial dan teknologi informasi yang berwawasan lingkungan.

Misi Departemen Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berkualitas internasional, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, tanggap terhadap perkembangan sains dan teknologi serta mempunyai pengetahuan kewirausahaan.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian matematika dan terapannya bertaraf nasional maupun internasional yang menunjang sains dan teknologi terutama dalam bidang industri, energi, kelautan, finansial dan teknologi informasi yang berwawasan lingkungan.
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan matematika dan penerapannya.
  4. Mengembangkan jejaring dan bersinergi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri, masyarakat, dan pemerintahandalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi pada bidang matematika dan terapannya.
  5. Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan agar lebih kreatif dan profesional dalam menjalankan tugas

Visi Program Studi Sarjana

Program Studi Sarjana Matematika (PSSM) ITS sebagai institusi unggulan dalam pendidikan sarjana matematika yang bereputasi internasional terutama dalam bidang analisis, aljabar dan komputasi untuk mendukung dan mengembangkan matematika terapan pada bidang industri, energi, kelautan, finansial dan teknologi informasi yang berwawasan lingkungan

Misi Program Studi Sarjana

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana matematika berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berkualitas internasional, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, tanggap terhadap perkembangan sains dan teknologi serta mempunyai pengetahuan kewirausahaan.
  2. Meningkatkan kualitas penelitian matematika dan terapannya bertaraf nasional maupun internasional yang menunjang sains dan teknologi terutama dalam bidang industri, energi, kelautan, finansial dan teknologi informasi yang berwawasan lingkungan.
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan matematika dan penerapannya.
  4. Mengembangkan jejaring dan bersinergi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri, masyarakat, dan pemerintahandalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi pada bidang matematika dan terapannya

Tujuan Program Studi Sarjana

Menyediakan pendidikan dan penelitian bermutu tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan sarjana matematika yang:

  1. Tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  2. Berkualitas internasional yang mempunyai kompetensi dalam bidang Analisis, Aljabar, Matematika Terapan, dan Ilmu Komputer yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,
  3. Mampu membantu menyelesaikan masalah-masalah nyata, khususnya yang berkaitan dengan bidang energi, transportasi, lingkungan, kelautan, finansial, industri, dan teknologi informasi, dan
  4. Mempunyai pengetahuan kewirausahaan.

Misi Program Studi Pascasarjana

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister matematika untuk menghasilkan lulusan yang bermoral, menguasai pokok-pokok bidang analisis, aljabar, dan komputasi serta penerapannya.
  2. Mengembangkan kerja sama nasional dan internasional di bidang pendidikan dan penelitian matematika.
  3. Menumbuhkan dan menjaga moral dan etika akademik.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen agar lebih kreatif dan professional dalam menjalankan tugas

Tujuan Program Studi Pascasarjana

  1. Menghasilkan Magister Matematika berintegritas tinggi yang tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kompetensi dalam bidang Analisis dan Aljabar Terapan, Pemodelan dan Simulasi, serta Ilmu Komputer.
  3. Menghasilkan Magister Matematika yang mempunyai kemampuan, motivasi dan perilaku belajar serta etos kerja yang tinggi dalam penelitian dan pengembangan keilmuan matematika.
  4. Menghasilkan Magister Matematika yang mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah nyata, khususnya yang berkaitan dengan bidang energi, transportasi, lingkungan, kelautan dan industri, serta teknologi informasi.

Sasaran Program Studi Pascasarjana

Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan dengan memerhatikan sumberdaya serta sarana dan prasarana yang tersedia di PSMM-ITS, ditetapkan sasaran PSMM-ITS sebagai berikut:

  1. Kualitas calon mahasiswa
  2. Kualitas lulusan
  3. Kerjasama secara nasional maupun internasional
  4. Sumber Daya Manusia
  5. Kinerja Program Studi