Kehidupan Kampus

Jelajahi dan temukan hal menarik di sini !

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam Interaksi yang berkaitan dengan akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, dan antar dosen telah berjalan dengan baik di PSSM. Beberapa bentuk interaksi tersebut antara lain:

  • Interaksi antara dosen-mahasiswa:Interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan secara akademik dan non-akademik. Interaksi yang bersifat akademik selama ini dilakukan melalui interaksi di dalam kelas pada saat perkuliahan berlangsung dan di laboratorium pada saat praktikum dan pengayaan materi kuliah. Interaksi di luar kelas dilakukan dalam bentuk bimbingan Kerja Praktek, Tugas Akhir, Interaksi juga dilakukan pada saat pengenalan kampus di awal kuliah yaitu OK2BK (Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum), perwalian di awal semester dan pertengahan semester. Selain itu, interaksi dosen dan mahasiswa terjalin cukup baik dalam kegiatan berbagai kegiatan penelitian, terbukti dengan banyaknya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen.Interaksi yang bersifat non-akademik berupa bimbingan pada Himpunan Mahasiswa Jurusan, unit Kegiatan Mahasiswa, unit kerohanian mahasiswa, bimbingan pada proses pembuatan proposal, pelaksanaan dan presentasi PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan PIMNAS, dan lomba-lomba terkait yang diikuti dosen dan mahasiswa. Selama ini interaksi antara dosen dan mahasiswa sudah berjalan dengan sangat baik dengan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, secara rutin dilakukan kegiatan olahraga antar jurusan yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam satu tim.

 

  • Interaksi antar mahasiswa:Interaksi antar mahasiswa PSMM sudah berjalan dengan sangat baik melalui kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik. Interaksi antar mahasiswa diawali pada kegiatan OK2BK, kegiatan di dalam kelas pada saat perkuliahan dan laboratorium pada saat praktikum dan responsi, kegiatan pendalaman (diskusi) di luar kelas. Interaksi antar mahasiswa didukung sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana untuk mendukung interaksi ini antara lain taman-taman yang asri dengan kursi-kursi yang cukup nyaman di lingkungan PSSM, kolam, plasa dan lain-lain.Interaksi antar mahasiswa di luar kegiatan akademik berupa kebersamaan dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan, BEM FMIPA, BEM ITS, DPM ITS, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Unit Kegiatan Kerohanian, dan lain-lain. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam berbagai kegiatan olah raga antar jurusan dan didukung dengan lapangan olah raga yang sangat memadai.

 

  • Interaksi antar dosen:Interaksi antar dosen dilakukan melalui beragam kegiatan baik secara akademik maupun non akademik. Kegiatan akademik antara lain berupa kegiatan penelitian bersama, tim pengajaran pada mata kuliah yang sama, maupun diskusi antar dosen pada bidang yang sama di setiap Laboratorium.
    Untuk memperkuat interaksi antar dosen, kegiatan-kegiatan yang bersifat non akademik secara intens telah dilakukan untuk menambah ikatan kebersamaan dosen PSSM FMIPA ITS. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain makan siang bersama setiap hari, rapat jurusan yang diadakan minimal empat kali dalam setiap semester, rapat bidang minimal 2 kali dalam setiap semester, dan setiap tahun sekali diselenggarakan kegiatan wisata/gathering bersama antara dosen, tenaga kependidikan dan keluarga mereka. Dengan semua kegiatan ini, interaksi yang sangat baik terjadi antar dosen PSSM FMIPA ITS, sehingga kehidupan sosial di kampus menjadi nyaman, dan  masalah-masalah yang mengganggu kegiatan akademik dapat diminimalisasi. Dengan demikian kehidupan akademik berjalan secara alamiah dengan rasa kebersamaan yang tinggi dalam kehidupan di kampus.
Image

Organisasi

Gabung bersama dengan organisasi mahasiswa di sini.

Selengkapnya
Image

Komunitas

Temukan komunitas yang ada di Departemen Matematika.

Selengkapnya