Penelitian/ Riset

Bagi mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti, merdeka belajar dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan penelitian di Lembaga riset/pusat studi. Melalui penelitian mahasiswa dapat membangung cara berpikir kritis, hal yang sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang pendidikan tinggi. Dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan lebih mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik. Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan keinginan berprofesi dalam bidang riset, peluang untuk magang di laboratorium pusat riset merupakan dambaan mereka. Selain itu, Laboratorium/ Lembaga riset terkadang kekurangan asisten peneliti saat mengerjakan proyek riset yang berjangka pendek (1 semester – 1 tahun).

Tujuan program penelitian/riset antara lain:

  1. Penelitian mahasiswa diharapkan dapat ditingkatkan mutunya. Selain itu, pengalaman mahasiswa dalam proyek riset yang besar akan memperkuat pool talent peneliti secara topikal.
  2. Mahasiswa mendapatkan kompetensi penelitian melalui pembimbingan langsung oleh peneliti di lembaga riset/pusat studi.
  3. Meningkatkan ekosistem dan kualitas riset di laboratorium dan lembaga riset Indonesia dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini.

Persyaratan:

  • Mahasiswa aktif, minimal semester 6
  • Memiliki dosen pembimbing dari Departemen Matematika-ITS dan pembimbing dari pihak mitra
  • Membuat dan mengisi logbook sesuai dengan aktivitas yang dilakukan
  • Menyertakan laporan kegiatan
  • Diusulkan maksimal 1 tahun setelah waktu pelaksanaan kegiatan

MK yang kemungkinan dapat ditransfer:

Semua MK Semester 6-8 kecuali TA

Keterangan:

  • Kegiatan yang diajukan harus memiliki kesamaan CPMK 80% dengan MK Departemen Matematika-ITS
  • Kepastian MK yang dapat dikonversi akan bergantung dari hasil evaluasi Tim Pelaksana Transfer Kredit
  • MK Proposal TA dan Tugas Akhir adalah MK yang wajib dijalani Mahasiswa, tidak bisa dikonversikan ke dalam kegiatan MBKM

Contoh kegiatan:

Program Penelitian Kolaborasi Indonesia (PPKI), Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PAKERTI), kemitraan, penelitian mandiri, dll

Penanggung jawab :

Dokumen pendukung:

Download Buku petunjuk teknis MBKM Penelitian DRPM ITS
Download Formulir Transfer Kredit Matematika-ITS

SOP

Post Views: 173