Publikasi Riset

Publikasi Terkini Peneliti ITS

Selaras dengan visi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk menjadi perguruan tinggi sebagai rujukan dalam penelitian, peneliti ITS produktif dalam menghasilkan riset dalam publikasi ilmiah. Memiliki banyak disiplin ilmu, ITS kaya akan riset dan penelitian di berbagai bidang yang dikerjakan oleh para ahli. Pada SINTA Awards tahun 2019, ITS meraih penghargaan ketiga untuk Publikasi Ilmiah kategori lembaga. Tak ketinggalan penghargaan sebagai Penulis Ilmiah terproduktif diberikan pada Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD yang pada tahun 2020 ini juga menjadi peringkat 1 pada Scopus. Selain para dosen dan mahasiswa pascasarjana, mahasiswa ITS juga didorong untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam jurnal ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut merupakan platform publikasi terkini peneliti ITS.

Image

Resources at ITS (RESITS)

RESITS adalah situs publikasi terkhusus peneliti dan dosen di ITS dalam berbagai bidang keahlian. Karya monumental para ilmuan ITS dapat dilihat di sini.

Selengkapnya
Image

Publikasi Online Mahasiswa ITS (POMITS)

Sebagai bagian dari kelulusan, Tugas Akhir mahasiswa program sarjana ITS dipublikasikan dalam wadah media online POMITS, yang terdiri dari jurnal teknik dan jurnal sains dan seni ITS. Temukan publikasi terkini untuk Tugas Akhir ITS di sini.

Selengkapnya
Image

Repository ITS

Repository ITS yang menjadi wadah pre-print untuk karya ilmiah mahasiswa ITS sebelum dipublikasikannya di jurnal ilmiah terakreditasi.

Selengkapnya

Jurnal yang Dikelola ITS

Dalam rangka meningkatkan budaya ilmiah dikalangan civitas akademika, di samping mempublikasi mempublikasikan hasil penelitian, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga mengelola dan menerbitkan berbagai jurnal ilmiah yang terakreditasi. Beberapa jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh ITS, di bawah Pusat Publikasi Ilmiah, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) telah terindeks secara global, seperti oleh Google Scholars, IPI, dan Crossref. Bahkan menjadi publikasi resmi dari masyarakat ilmiah Indonesia dalam bidang keilmuan tertentu, seperti Indonesian Chemical Society. Jurnal-jurnal tersebut terbuka untuk para peneliti dari beragam keilmuan yang hendak mempublikasikan hasil penelitiannya.

ITS memiliki dua jenis jurnal yang dipublikasikan secara berkala yaitu, Jurnal Teknik ITS dan Jurnal Sains dan Seni ITS.
Bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Teknik antara lain: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Energi, Pemukiman dan Bencana, Bangunan Berorientasi Lingkungan, Transportasi, Teknologi Proses, Kelautan. Sedangkan bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Sains & Seni adalah: Matematika dan terapannya, Statistika dan terapannya, Fisika dan terapannya, Kimia dan terapannya, Biologi dan terapannya, Produk Desain, Arsitektur.