News

Peringatan Hari Cahaya Internasional Tingkatkan Pemahaman Optik dan Fotonik

Jum, 26 Okt 2018
5:06 pm
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |

Departemen Teknik Fisika ITS sebagai salah satu institusi yang berperan dalam pengembangan ilmu optik dan fotonik, turut serta dalam peringatan hari cahaya internasional atau International Day of Light (IDL) pada Rabu, 9 Mei dan Minggu, 13 Mei 2018. Hari Cahaya Internasional merupakan perayaan yang ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 16 Mei setiap tahunnya untuk memperingati pentingnya kontribusi cahaya dalam berbagai aspek kehidupan manusia seperti bidang kesehatan, teknologi pangan, bidang pertahanan dan keamanan, industri dan manufaktur, serta energi baru dan terbarukan. Terdapat dua kegiatan yang diselenggarakan yaitu Workshop Optik dan Fotonik bagi guru SMA, SMK, MA pada 9 Mei dan Seminar “Light for Youth” bagi siswa yang diadakan pada 13 Mei. Kedua kegiatan ini didukung oleh APKS PGRI Provinsi Jawa Timur.

IMG_9574

Dalam sambutan yang diberikan, ketua panitia sekaligus perwakilan OSA Indonesia, Dr.rer.nat Aulia MT Nasution menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Fisika ini memenuhi 3 dari 7 tujuan IDL yang ditetapan UNESCO, yaitu : meningkatkan pemahaman masyarakat umum, meningkatkan kapasitas pendidikan masyarakat , dan mempromosikan pentingnya teknologi pencahayaan. Tujuan ini dicapai melalui materi yang disampaikan pada workshop guru oleh pembicara yang ahli dibidangnya, diantaranya Prof. Sekartedjo, Ir. Hestu Widhinugroho (Konsultan LITAC), Dr. Sasono Rahardjo (BPPT), Dr.rer.nat Aulia Nasution, Agus M. Hatta, Ph.D. serta Drs. Didiek Budihardjo, MM (APKS PGRI Provinsi Jatim).

IMG_9466IMG_9479

Dr. Sasono menerima cinderamata dari Prof. Sekartedjo selaku Kepala Laboratorium Rekayasa Fotonika (kiri), serta Ir. Hestu bersama Dr.rer.nat. Aulia Nasution selaku ketua panitia (kanan)

Dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 150 guru, Workshop yang diadakan di Aula Pascasarjana ITS ini menarik perhatian kalangan guru fisika se-Jawa Timur. Imroatul Maghfiroh, seorang guru dari SMAIT Al Uswah Tuban menyampaikan ketertarikan beliau terhadap workshop ini karena mendapat pengetahuan baru terkait aplikasi fisika dalam bidang optik dan fotonik. Pengetahuan tentang berbagai aplikasi dan eksperimen tentang cahaya dirasa penting untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam seminar siswa, selain materi tentang sejarah, fenomena, dan teknologi optik/fotonik, peserta mendapatkan berbagai demo menarik yang disampaikan langsung oleh asisten Laboratorium Rekayasa Fotonika. Demo tersebut diantaranya tentang serat optik, difraksi dan interferensi, serta image processing.

“Peringatan IDL 2018 ini merupakan suatu awal, tentunya diharapkan akan ada kegiatan yang lebih baik dan lebih membawa manfaat di masa yang akan datang.” Tutur Iman Ramacaesar, mahasiswa Teknik Fisika sebagai ketua pelaksana workshop guru dan siswa SMA ini.


IMG_3468

Para siswa SMA sedang mengikuti demonstrasi

Latest News

  • Mahasiswa Teknik Fisika ITS Raih Juara 1 Dan Best Presentation di Bursa Eksakta Business Model Competition (BBMC)

    TF Media – Pandemi Covid-19 bukanlah menjadi halangan untuk mahasiswa Teknik Fisika menjadi seorang yang berprestasi. Hal ini dibuktikan

    09 Jan 2021
  • Juara PIMNAS 33, Mahasiswa Teknik Fisika Raih Medali Perunggu Untuk ITS

    TF Media – Pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang sering disebut PIMNAS 33 tahun ini, menjadi suatu

    07 Des 2020
  • Wisuda dan Acara TW 122 Teknik Fisika Berkesan Meski Hanya Dilakukan Secara Daring

    Di tengah pandemi Covid-19 ini mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online. Begitu juga dengan Kegiatan Wisuda ITS dan Tasyakuran

    20 Okt 2020