News

Wisuda dan Acara TW 122 Teknik Fisika Berkesan Meski Hanya Dilakukan Secara Daring

Sel, 20 Okt 2020
12:49 pm
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |

Sambutan Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M.Eng. saat memberikan sambutan kepada para wisudawan ITS melalui platform online Zoom

Di tengah pandemi Covid-19 ini mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online. Begitu juga dengan Kegiatan Wisuda ITS dan Tasyakuran Wisuda (TW) Teknik Fisika ITS yang diadakan secara daring. Namun, walaupun kegiatan wisuda dan tasyakuran wisuda dilakukan secara online tetap saja kehitmatan mampu dirasakan oleh semua wisudawan.

Prosesi Wisuda Mahasiswa ITS dilakukan dengan menggunakan zoom sebagai platform dan dibagi menjadi empat tahap yang dilaksanakan dari tanggal 17-18 Oktober dan dilanjutkan tanggal 24-25 Oktober. Teknik Fisika yang termasuk dalam Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FT-IRS) melaksanakan wisuda pada sesi pertama pada tanggal 17 Oktober. Acara dimulai pada pukul 07.30 dan diakhiri pada pukul 12.00. Rangkaian acara terdiri atas arak-arakan menggunakan minecraft, menyanyikan hymne ITS, sambutan oleh rektor, pengukuhan wisudawan, penyerahan wisudawan kepada IKA ITS, serta adanya penampilan dari mahasiswa yang salah satunya berasal dari Teknik Fisika yaitu Smorky Marbles.

Sebelum kegiatan wisuda dilakukan terdapat briefing oleh pihak ITS terkait aturan, hal-hal yang dipersiapakan sebelum wisuda, virtual background, dan nomor urut pemanggilan wisudawan. Sedangkan untuk link zoom dan tata tertib selama proses wisuda dikirim melalui email sehari sebelumnya oleh Humas ITS. Kemudian untuk keperluan wisuda seperti baju toga, medali wisuda, dan ijazah dapat diambil langsung oleh wisudawan yang berada di Jawa Timur. Bagi wisudawan yang berada di luar Jawa Timur akan dikirim melalui pos. Akan tetapi, sebelum pengiriman baju toga, medali wisuda, dan iajazah untuk wisudawan yang di luar Jawa Timur ada beberapa hal yang dilakukan diantaranya pengiriman KTM dan surat mutlak kepada ITS. Surat mutlak adalah sebuah surat pernyataan bahwa apabila  terjadi kerusakan atau kehilangan dalam proses pengiriman maka bukan merupakan tanggung jawab dari ITS.

Kegiatan foto bersama pada saat TW para wisudawan dan dosen

Setelah kegiatan wisuda selesai maka sudah menjadi tradisi di Teknik Fisika mengadakan acara Tasyakuran Wisuda atau yang biasa disebut TW. Acara TW dilaksanakan pada pukul 13.00-16.40 WIB dengan dibagi menjadi 2 sub acara yaitu acara formal dan acara non-formal. Untuk acara formal dilakukan pada pukul 13.15-14.10 WIB, acara formal ini terdiri atas pemutaran video opening, pembukaan acara, sambutan dari Kepala departemen Teknik Fisika yaitu Dr. Suyanto, ST., MT., Muhammad Ammar Asyraf selaku Ketua Himpunan Teknik Fisika, serta Muhammad Tegar Wahyudi selaku perwakilan dari wisudawan. Dalam sambutannya,  Bapak Suyanto menyampaikan beberapa pesan untuk para wisudawan, diantaranya yaitu untuk selalu menjaga nama baik almamater, hubungan baik dengan junior dan senior, serta etika profesionalisme sebagai engineer. Beliau juga menyampaikan bahwa Teknik Fisika mempunyai banyak alumni di bidang industri yang nantinya akan selalu men-support. Acara dilanjutkan pelepasan wisudawan oleh departemen, pembacaan doa, dan penutupan acara formal. Setelah acara penutupan formal selesai dilanjutkan dengan break selama 35 menit, lalu acara disambung dengan acara non-formal.

Pada acara nonformal hanya diikuti oleh wisudawan dan panitia. Acara dilaksanakan hingga pukul 16.10 WIB. Kegiatan pada acara ini diantaranya sharing oleh wisudawan, kegiatan sharing mengenai hal-hal ringan seperti spot favorit di Teknik Fisika, makanan yang paling disukai di Kanjo, serta kesan dan pesan orang yang sering diajak berangkat bersama. Setelah itu, acara dilanjut dengan bermain kahoot. Kemudian persembahan dari mahasiswa Teknik Fisika 2019, seperti komik dan persembahan footage video dengan backsound suara mahaiswa Teknik fisika 2019 yang menyanyi. Selanjutnya kegiatan TW ini diakhiri dengan penutupan dan kesan pesan dari wisudawan. “Semoga semua teman-teman bisa berlapang dada karena momen wisuda yang tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Serta terimakasih untuk mahasiswa Teknik Fisika angkatan 2019 untuk acara yang terbilang cukup dan berkesan untuk kami,” ujar Yusuf salah satu wisudawan yang menyampaikan kesan pesan.

Untuk persiapan acara TW membutuhkan waktu sekitar satu bulan karena kondisi pandemi ini. Ada beberapa hambatan yang dialami selama proses penyusunan TW daring diantaranya adanya miss komunikasi, sulitnya koordinasi, dan sulitnya mengembangkan acara. Namun, semua hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dengan cara sering melakukan rapat dengan staff dan divisi lain, meningkatkan komunikasi dan koordinasi, serta mencari referensi dari acara-acara online lainnya. Sedangkan untuk departemen sendiri memberi bantuan mengenai administrasi dan penyediaan aplikasi zoom.

Acara TW ini terbilang sukses dan berkesan di para wisudawan karena dikemas dengan cara  yang tidak membosankan dan mampu memanggil ingatan kilas balik kenangan 4 tahun yang telah dilalui. “Kesannya sangat mendalam karena mampu menjadi media terutama untuk buat teman-teman angkatanku untuk bisa berkumpul dan seru-seruan bareng ngobrol di masa Covid-19 ini. Di sisi lain juga berhasil menarik kembali cerita-cerita lama selama 4 tahun berkuliah di Teknik Fisika. Dari awal enggak kenal sampai harus pisah karena tujuan yang lebih besar,” kata Gophur selaku wisudawan yang mengikuti TW.

Selain Acara TW, Acara Wisuda ITS juga mampu memberikan kesan tersendiri. “Walaupun ada sedikit rasa sedih karena tidak berkumpul dengan teman-teman Angkatan, rasanya berbeda dengan wisuda yang seperti biasanya karena dilakukan secara online. Jadi, vibe suasana wisuda tidak begitu berasa dan tidak bisa bersama teman-teman, nggak bisa ngerasain arak-arakan, tapi alhamdulillah masih bisa lulus dikondisi seperti ini,” ujar Fara salah satu Wisudawan. Namun, disisi lain ada juga pengalaman yang berkesan lainnya seperti wisudawan yang bisa diwisuda dengan duduk di bersebelahan dengan keluarga. “Sedih, karena tidak adanya prosesi wisuda langsung di Graha ITS dan arak-arakan, mars dan vivat setelah keluar dari graha. Tapi, wisuda online juga tidak mengurangi ke-khidmatan wisuda. Merasa bersyukur dan bangga saat namaku dan teman-teman dipanggil dan dikukuhkan menjadi sarjana. Selain itu, dalam wisuda online juga bisa duduk sebelahan sama keluarga,” kata Putri salah satu wisudawan yang pernah menjadi asisten lab energi. Putri juga berharap yang terbaik untuk teman-teman wisudawan. “Semoga ilmu kita bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak, serta menjadi lulusan yang membanggakan. Aamiin,” tambah Putri. (laila/Mei)

Latest News

  • Mahasiswa Teknik Fisika ITS Raih Juara 1 Dan Best Presentation di Bursa Eksakta Business Model Competition (BBMC)

    TF Media – Pandemi Covid-19 bukanlah menjadi halangan untuk mahasiswa Teknik Fisika menjadi seorang yang berprestasi. Hal ini dibuktikan

    09 Jan 2021
  • Juara PIMNAS 33, Mahasiswa Teknik Fisika Raih Medali Perunggu Untuk ITS

    TF Media – Pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang sering disebut PIMNAS 33 tahun ini, menjadi suatu

    07 Des 2020
  • Wisuda dan Acara TW 122 Teknik Fisika Berkesan Meski Hanya Dilakukan Secara Daring

    Di tengah pandemi Covid-19 ini mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online. Begitu juga dengan Kegiatan Wisuda ITS dan Tasyakuran

    20 Okt 2020