News

Juara PIMNAS 33, Mahasiswa Teknik Fisika Raih Medali Perunggu Untuk ITS

Sen, 07 Des 2020
5:42 pm
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |

TF Media – Pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang sering disebut PIMNAS 33 tahun ini, menjadi suatu kebanggaan bagi Departemen Teknik Fisika. Pasalnya, mahasiswa teknik fisika kembali menyumbangkan medali perunggu dari kategori poster dan favourite untuk Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat. Tim tersebut adalah tim yang diketuai oleh Millads Anwary Fandiaz (Teknik Fisika 2019), dengan beranggotakan Yurham Afif (Teknik Fisika 2017), Fiqey Indriati Eka Sari (Teknik Informatika 2019), dan Shinta Ulwiya (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019) dengan dosen pembimbing Ibu Dyah Sawitri, ST, MT.

Miko, panggilan akrab ketua tim, mengungkapkan bahwa pengambilan judul PKM, yaitu “BRANI”, yang merupakan sebuah sistem terintegrasi transformasi produk agrobisnis Desa Sumber Brantas Kota Batu menjadi produk layak jual berbasis teknologi milenial. Berawal dari judul karya tulis ilmiah miliknya yang sedikit lagi lolos pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Provinsi Dinas Kehutanan Jawa Timur dengan tujuan mendukung sarana dan pra-sarana Desa Penyangga Tahura Raden Soerjo agar lebih sejahtera. Melihat adanya peluang untuk PIMNAS-33 sehingga miko dan 3 mahasiswa lainnya mengajukan proposal dan melewati tiap tahapan acara yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 24-29 November 2020 ini.

                             Gambar : Pengumuman PIMNAS 33 Kategori Poster

Miko, menuturkan bahwa mitra dari PKM ini merupakan sekelompok taruna tani dari desa Sumber Brantas yang diberikan pelatihan digital marketing secara daring, untuk membantu pemasaran produk agrobisnis dari desa tersebut. Dengan begitu taruna tani akan lebih produktif dan produk dari Desa Sumber Brantas menjadi lebih maju.

      Gambar : Tim Memberikan Pelatihan Digital Marketing Kepada Taruna Tani                                                                Desa Sumber Brantas

Miko juga mengatakan walaupun PKM kali ini hanya dilaksanakan secara daring, tetapi tetap banyak hal menarik selama proses pelaksanaannya. Dimana tim belajar untuk berkomunikasi dengan masyarakat yang memiliki perbedaan budaya. Tidak hanya itu, pada hari pengumuman PIMNAS 33, bersama tim dari ITS yang lain merasakan atmosfer kegembiraan yang berbeda karena ITS berhasil masuk kedalam peringkat ke-4 PIMNAS 33.

Terlepas dari kemenangan, banyak mahasiswa Teknik Fisika ITS dari berbagai lintas angkatan yang berjuang pada PIMNAS 33 ini. Mahasiswa-mahasiswa tersebut adalah Bariz Irfan Ridho (Teknik Fisika 2016), Faishal Abdurrahman (Teknik Fisika 2016), Agung Prastowo (Teknik Fisika 2017) dengan judul PKM “Komparasi Keluaran Daya Maksimum Photovoltaic dengan MPPT dan Supervisory Control Menggunakan SIMULINK MATLAB”. Kemudian Nova Sartika Wulansari (Teknik Fisika 2017), Muhamad Taufiqurrahman Ashari (Teknik Fisika 2017), Muhammad Afdhel Refialdi (Teknik Material 2017) dengan judul PKM “Sintesis Baterai Lithium Ion Berbasis Ampas Teh dengan Vasiasi Water Treatment KOH sebagai Alternatif Baterai Lithium Terbarukan”. Dan Vandi Caesario (Teknik Fisika 2016), Gabriel Vieri (Teknik Fisika 2017), Ria Rizky Amelia (Teknik Fisika 2018) dengan judul PKM “Deteksi Dini Tsunami Berdasarkan Sinyal Suara Infra (Infrasound) Menggunakan Metode Hilbert-Huang Transform”. (zah / edit : mei)

 

 

 

 

        

Latest News

  • Mahasiswa Teknik Fisika ITS Raih Juara 1 Dan Best Presentation di Bursa Eksakta Business Model Competition (BBMC)

    TF Media – Pandemi Covid-19 bukanlah menjadi halangan untuk mahasiswa Teknik Fisika menjadi seorang yang berprestasi. Hal ini dibuktikan

    09 Jan 2021
  • Juara PIMNAS 33, Mahasiswa Teknik Fisika Raih Medali Perunggu Untuk ITS

    TF Media – Pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang sering disebut PIMNAS 33 tahun ini, menjadi suatu

    07 Des 2020
  • Wisuda dan Acara TW 122 Teknik Fisika Berkesan Meski Hanya Dilakukan Secara Daring

    Di tengah pandemi Covid-19 ini mengharuskan semua kegiatan dilakukan secara online. Begitu juga dengan Kegiatan Wisuda ITS dan Tasyakuran

    20 Okt 2020