News

Mengenal Predictive Maintenance melalui Kuliah Tamu Online oleh Alumni Teknik Fisika ITS

Ming, 12 Apr 2020
9:04 am
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |
          TF Media- Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar bagi dunia perkuliahan, tidak terkecuali di jurusan Teknik Fisika ITS. Demi meneruskan sistem perkuliahan, Dr.Dhany Arifianto S.T.,M.Eng, salah satu dosen Teknik Fisika ITS mencetuskan kuliah tamu online sebagai pengganti mata kuliah Getaran untuk S1 dan Predictive Maintenance untuk S2 secara tatap muka. Kegiatan ini diadakan mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 22 April 2020 dengan dikoordinasi oleh Laboratorium Vibrastic. Terdapat 5 pokok pembahasan mengenai aplikasi Predictive Maintenance di berbagai perusahaan dan dilengkapi dengan contoh studi kasus. Dalam mendukung hal tersebut, pemateri didatangkan dari berbagai sektor industri, mulai dari owner; vendor dan EPC; baik minyak dan gas; power plant; penerbangan; maupun tambang, yang tidak lain merupakan alumni Teknik Fisika.
          Elok Anggrayni S.T., M.T. sebagai penanggung jawab kegiatan Kuliah Tamu Online ini menuturkan bahwa kegiatan ini akhirnya dibuka untuk umum. Hal ini dikarenakan permintaan alumni sebagai pengisi materi. Selain itu, kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi seluruh mahasiswa karena materi-materi yang diusulkan adalah implementasi langsung dalam pekerjaan di dunia industri. Dengan adanya pemaparan tentang studi kasus yang terjadi di industri, peserta terutama mahasiswa, mendapatkan gambaran tentang peran ilmu mereka di dunia industri secara langsung. Sejalan dengan hal tersebut, banyak perguruan tinggi di luar ITS yang mengarahkan mahasiswanya untuk mengikuti kuliah tamu online, salah satunya Politeknik Negeri Semarang dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kuliah tamu ini dianggap sebagai salah satu dari perkuliahan mereka. Hingga saat ini, sudah terdapat 120 peserta yang merupakan gabungan antara mahasiswa Teknik Fisika dan peserta umum.
Gambar: Poster Jadwal Kuliah Tamu Online
              Kuliah tamu online memanfaatkan aplikasi Zoom sebagai platform yang digunakan para peserta yang sebelumnya dikoordinasi menggunakan grup Whatsapp. Saat kuliah tamu dimulai, host membagikan link untuk room yang digunakan sebagai wadah diskusi. Dalam hal publikasi, Bu Elok berkoordinasi dengan beberapa Asisten Laboratorium Vibrastic untuk pembuatan poster dan Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF) untuk penginfoan melalui platform media sosial seperti OA Line, Twitter, dan Instagram kepada masyarat umum. Diharapkan peserta yang mayoritas adalah mahasiswa memiliki wawasan mengenai informasi dari beberapa sektor industri yang ada di Indonesia. (cel/sin)

Latest News

  • Pelaksanaan UTBK 2020 Semakin Dekat, Teknik Fisika ITS Adakan Open Talk Online untuk Siswa SMA

    Mendekati pelaksanaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) 2020, Departemen Teknik Fisika ITS mengadakan Open Talk secara online melalui aplikasi

    18 Jun 2020
  • Tambah Pengalaman Berkuliah Lewat Student Exchange Ber-beasiswa

    Program pertukaran pelajar, biasa disebut student exchange adalah program dimana seorang pelajar atau mahasiswa berkesempatan mengikuti program belajar di

    18 Jun 2020
  • Mengenal Predictive Maintenance melalui Kuliah Tamu Online oleh Alumni Teknik Fisika ITS

              TF Media- Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar bagi dunia perkuliahan, tidak terkecuali

    12 Apr 2020