News

FGD Review Penggunaan Kalman Filter dalam Proyeksi Yield Curve Dalam Rangka Mendukung Pembayaran Kewajiban Utang

Sun, 04 Nov 2018
11:03 pm
Information
Share :
Oleh : Admin-Matematika   |

Departemen matematika dan Kementrian Keuangan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Direktorat Strategi dan Portofolio Pembiayaan mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Review Penggunaan Kalman Filter dalam Proyeksi Yield Curve Dalam Rangka Mendukung Pembayaran Kewajiban Utang.

DJPPR Kemenkeu selama ini menggunakan model Diebold Li dalam memperkirakan yield curve yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, diskusi Kemenkeu dan Departemen Matematika mencoba menggunakan model Kalman sebagai metode alternativ selain Diebold Li. Model Kalman sendiri pernah diterapkan di Brazil dengan hasil perkiraan yang lebih baik.

Tujuan dari diskusi ini adalah bagaimana mengelola utang dengan resiko dan biaya yang minimal yang dipengaruhi oleh raio suku bunga, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mengelola portofolio hutang.

Latest News

  • Beasiswa Bank Indonesia 2024

    Beasiswa Bank Indonesia kembali hadir 📢 Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia tahun 2024 ini khusus untuk #SobatRupiah di Perguruan Tinggi maupun Sekolah

    21 Feb 2024
  • BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI 2024

    BEASISWA PERTAMINA SOBAT BUMI 2024 CINTAI BUMI, SELAMATKAN BUMI 🌏🌱 Halo, Arek-arek ITS! Beasiswa Pertamina Sobat Bumi hadir kembali!

    24 Jan 2024
  • Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya 2024

    Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya 2024 untuk kalian para mahasiswa 🙌 Daftarkan diri kalian mulai 15 Januari – 4 Februari

    23 Jan 2024
Open chat
1
Scan the code
Hello 👋
Ada yang bisa kami bantu ?