Program RPL

Link khusus daftar RPL

RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Berdasarkan Peraturan Rektor ITS no 26 Tahun 2018, Tipe RPL yang diselenggarakan di ITS Semester Gasal 2023/2024 adalah A2

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pascasarjana

Pengumuman penting untuk semua mahasiswa baru, utamanya kelas PJJ
HIRARKI PROGRAM PASCASARJANA

PROGRAM – JALUR – SKEMA – KELAS
Program ada 2:
1. Program RPL
2. Program Non RPL
Jalur ada 2:
1. Jalur Reguler
2. Jalur Riset
Jalur adalah bagian dari Program
Skema ada 5:
1. Skema Beasiswa (S2 & S3)
2. Skema Kerjasama (S2 & S3)
3. Skema Gelar bersama – JD/DD (S2 & S3)
4. Skema PMDSU (S3)
5. Skema Mandiri (S2 & S3)
Skema adalah bagian dari Jalur
Kelas ada 2:
1. Tatap Muka (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
2. PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
Kelas adalah bagian Skema

SK PENERIMAAN diumumkan hanya sampai pada hirarki PROGRAM – JALUR RPL

Khusus Jalur Riset untuk pemilihan dalam menu pendaftaran melalui Bidang Keahlian by Riset 

Contoh:
Prodi : Fisika.
Bidang Studi : Fisika by Riset

Jenis program RPL adalah sebagai berikut:

Program Reguler

Program Magister dan Doktor dari seleksi RPL yang ditempuh sepenuhnya di ITS.

Program Beasiswa ITS

ITS menyelenggerakan beasiswa untuk mahasiswa ITS yang berprestasi yaitu Fresh Graduate untuk RPL

Beasiswa Fresh Graduate untuk RPL :

1 Beasiswa Fresh Graduate

    • Diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang akan lulus atau telah lulus dari ITS maksimal 1 tahun.
    • Mempunyai IPK minimal 3.00, TPA minimal 475, Toefl minimal 475.
    • Masa studi maksimal 10 semester.
    • Mendapatkan rekomendasi dari orang yang mengetahui kapasitas akademik/profesional calon pelamar, bisa mantan dosen, pembimbing atau atasan.
    • Ada proses seleksi di Program Studi.
    • Beasiswa ini gratis SPP maksimal 4 semester.
    • Untuk Jalur Reguler dan Riset kelas Tatap Muka (Bukan PJJ)

2 Beasiswa Penelitian Dosen

    • Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan S1 untuk melanjutkan studi S2, dengan beasiswa yang bersumber dari dana penelitian, dalam bentuk pembiayaan SPP dan/atau komponen biaya lainnya.Syarat:
      1. Sudah mendapatkan persetujuan dari calon dosen pembimbing di ITS
      2. Terbuka untuk lulusan S1 dari ITS maupun Perguruan Tinggi lain
      3. IPK min. 3,00; TPA min. 475 dan TOEFL min. 477
      4. Memenuhi syarat administrasi dan syarat akademik sebagaimana yang tertera pada laman admisi pascasarjana ITS di www.its.ac.id/admission/pascasarjana

      Benefit:

      • Biaya SPP dan/atau biaya lain-lain (biaya seminar dan publikasi) yang bersumber dari dana penelitian

      Kewajiban:

      • Menghasilkan luaran sebagaimana yang dijanjikan pada skema penelitian yang sedang dilakukan oleh pembimbing

 

    • Untuk mendapatkan beasiswa ini, silahkan menghubungi calon dosen pembimbing/promotor yang memiliki dana penelitian terlebih dahulu, lalu mendapatkan surat rekomendasi dari dosen tersebut. surat rekomendasi tersebut diupload saat pendaftaran online. Untuk mengetahui nama dosen yang memiliki dana penelitian silahkan kontak prodi

Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pascasarjana ITS membuka Program PJJ Mata Kuliah atau disebut juga Kelas PJJ dengan seleksi jalur RPL. Adapun ketentuan sebagai berikut:

  1. Peraturan Akademik Program PJJ sama dengan Program Reguler
  2. Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler
  3. Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler

Program PJJ Mata Kuliah atau Kelas PJJ yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelas PJJ Reguler
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri
    • Perkuliahan secara daring dilaksanakan bersamaan dengan mahasiswa regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00)
    • Pada saat perkuliahan offline dapat dijalankan melalui smart classroom
  2. Kelas PJJ Kerjasama
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait
    • Kelas PJJ Kerjasama diselenggarakan secara terpisah (jika jumlahnya mencukupi) atau digabungkan dengan PJJ regular (jika jumlah mahasiswa cukup sedikit)
    • Satu kelas PJJ Kerjasama dapat berisi mahasiswa dari berbagai institusi
    • Perkuliahan diselenggarakan dengan waktu yang sama dengan kelas regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai dengan kesepakatan)
    • SPP sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)
  3. Kelas PJJ Profesional
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait atau perseorangan namun hanya mempunyai waktu setelah jam kerja
    • Perkuliahan diselenggarakan di luar jam kerja (Hari Senin s.d. Hari Kamis, Pukul 18.30 s.d. 22.10)
    • Satu kelas bisa berisi mahasiswa dari beberapa institusi atau perseorangan
  4. Kelas PJJ Eksekutif
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri, atau sekumpulan mahasiswa dari instansi tertentu
    • Perkuliahan dilaksanakan di waktu weekend (Hari Jumat, Pukul 18.30 s.d. 22.10 dan Hari Sabtu, Pukul 08.30 s.d. 16.30)
    • Mahasiswa dapat terdiri dari mahasiswa Kerjasama atau biaya mandiri

Program Studi yang membuka Jalur RPL selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut.

RPL A2 adalah metode pengakuan terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja yang dilakukan dalam dua tahap yaitu: asesmen dan rekognisi; hasil pengakuan yang diperoleh adalah keputusan tentang Pengakuan Jumlah SKS dan Mata Kuliah yang Diakui.

Kode
Jenjang Pendidikan Asal
Jenjang Pendidikan Tujuan
Contoh Kasus
A2.2.1
Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
Profesi, Magister, Magister Terapan
D4 Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A2.2.2
Sarjana + Pengalaman Kerja
S1 Prodi X → S2 Prodi X

Perlu Diperhatikan:

    • Bagi calon pendaftar yang mempunyai nilai TOEFL/TPA dan IPK kurang dari persyaratan minimal, tetap dapat mendaftar program pascasarjana di ITS.
    • Jika diterima sebagai mahasiswa baru, maka akan ada program upgrading kemampuan bahasa Inggris dari ITS.
    • Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes, kecuali jika tes dilakukan secara online selama masa pandemi

 

Persyaratan calon mahasiswa pendaftar RPL A2 :

  1. Mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun;
  2. Melengkapi dan mengunggah dokumen yang terdiri atas:

    1. Ijazah dan transkrip;
    2. Sertifikat kompetensi yang dimiliki (bila ada);
  3. Persyaratan Khusus IPK, TPA dan TOEFL
    Magister
    – IPK ≥ 3,00 (masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester)
    – TPA ≥ 475 (Skala 1 – 700)
    – TOEFL ≥ 477 (Skala 1 – 700)
    Doktor
    – IPK ≥ 3,00 (masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester)
    – TPA ≥ 500 (Skala 1 – 700)
    – TOEFL ≥ 500 (Skala 1 – 700)
  4. Portofolio tentang pengalaman pekerjaan yang telah dilakukan dan/atau hasil karya yang membuktikan kompetensi yang dimiliki dari pimpinan tempat kerja sebelumnya;
  5.  Pernyataan dari pimpinan tempat kerja mengenai status pegawai yang meliputi: riwayat jabatan, bidang pekerjaan, lama bekerja, dan kinerja;
Alur Pendaftaran Pascasarjana ITS jalur RPL

Panduan Pendaftaran Online dapat di download DISINI


Bagi calon pendaftar yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dan Lintas Jenis, silahkan mendaftar melalui program RPL berikut ini

    1. Melalui web ini, klik DAFTAR DISINI lalu klik Belum Punya KAP dan PIN
    2. Calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
    3. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
    4. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sesuai tabel berikut :
Kode
Jenis
Prodi Asal
Prodi Tujuan
Biaya Pendaftaran
A2.2.1
Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
Profesi, Magister Terapan, Magister
Rp. 500.000
A2.2.2
Sarjana + Pengalaman Kerja
Rp. 500.000

 

melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).

    1. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
      • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
    2. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website ini dengan login menggunakan KAP dan PIN.
    3. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
      1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
      2. Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
      3. Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4) beserta silabus mata kuliah.
      4. Ijazah Magister/Magister Terapan (khusus program S3).
      5. Transkrip Magister/Magister Terapan (khusus program S3) beserta silabus mata kuliah.
      6. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator (Harus dipastikan bahwa perekomendasi mengetahui dan diberi waktu 2 hari (24 jam) setelah proses pengisian formulir online masing-masing peserta selesai.) yang berasal dari :
        1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
        2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
      7. Menulis Portofolio (bagi pendaftar RPL A2)
      8. Sertifikat TOEFL/IELTS.
      9. Sertifikat TPA atau TPKA.
      10. Surat Keterangan Sehat
      11. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Judul Usulan Topik Penelitian pada saat pendaftaran online dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini.
    4. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
    5. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
    6. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
    7. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara, jadwal tes dan mekanismenya akan diinfokan melalui email oleh Prodi.
    8. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

Panduan Pendaftaran Online dapat di download DISINI

Biaya Pendidikan Program RPL sesuai dengan biaya Pendidikan Progam Reguler di ITS sebagai berikut :

No
Jenjang
Program
Biaya Pendidikan/Semester
SPI *)
IPITS *)
1
Magister
RPL A2 Reguler/PJJ
Rp.25.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
2.
Doktor
RPL Reguler
Rp.15.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Reguler
Rp.17.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Kerjasama
Min Rp.20.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Profesional
Rp.22.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Eksekutif
Rp.25.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000

*) hanya dibayarkan sekali pada waktu DAFTAR ULANG

Waktu Pendaftaran

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Gasal Gelombang 1
Pendaftaran 01 Maret 2023 – 07 Mei 2023
Deadline Pembayaran Biaya Pendaftaran 05 Mei 2023
Ujian Masuk 08 -17 Mei 2023
Pengumuman 22 Mei 2023 pk. 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA 24 -26 Mei 2023
Validasi Data 27 – 31 Mei 2023
Daftar Ulang/ Pembayaran SPP Mengikuti Jadwal Gelombang II
 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Gasal Gelombang 2

Pendaftaran 22 Mei – 14 Juli 2023
Ujian Masuk 17 – 26 Juli 2023
Pengumuman 29 Juli 2023 pk. 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 31 Juli – 2 Agustus 2023
Validasi Data 04 – 11 Agustus 2023
Pendaftaran Ulang : Pembayaran SPP 12 – 15 Agustus 2023
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Agustus 2023
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 21 Agustus 2023
Note: Apabila tidak melakukan pengisian SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan, maka dianggap mengundurkan diri

 

KHUSUS PENDAFTAR BEASISWA BPI DAN LPDP

Pendaftaran 22 Mei – 11 Juni 2023
Ujian Masuk 12 – 16 Juni 2023
Pengumuman 19 Juni 2023
Penerbitan LoA Paling cepat 3 hari setelah pengumuman penerimaan

 

KHUSUS BEASISWA FRESH GRADUATE DAN PMDSU ITS

Pendaftaran 22 Mei – 14 Juli 2023
Ujian Masuk 17 – 26 Juli 2023
Pengumuman 04 Agustus 2023 pk. 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 07 – 08 Agustus 2023
Validasi Data 09 – 11 Agustus 2023
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 21 Agustus 2023

Informasi Pendaftaran Beasiswa PMDSU DIKTI 10 April – 21 Mei 2023

Ini adalah informasi pendaftaran di beasiswa PMDSU DIKTI, untuk pendaftaran pascasarjana mengikuti jadwal gelombang 1 diatas

untuk pendaftaran PMDSU, silahkan memilih pendaftaran magister

 

KHUSUS FAST TRACK

Pendaftaran 22 Mei – 14 Juli 2023
Ujian Masuk 17 – 26 Juli 2023
Pengumuman 04 Agustus 2023 pk. 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 07 – 08 Agustus 2023
Validasi Data 09 – 11 Agustus 2023
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 21 Agustus 2023
  1. Bagi penerima Beasiswa Fresh Graduate yang tidak mengisi SIPMABA pada jadwal yang sudah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.
  2. Bagi pendaftar Beasiswa Fast Track dari mahasiswa S1 semester 6 atau 7 tidak perlu mengisi SIPMABA

Sekretariat Pendaftaran Program Pascasarjana ITS
Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
Gedung KPA Plasa Dr. Angka Lantai 3
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya
Telp. (031) 5994251 ext. 1126, 1384
WA (Official Pasca): 081130500022 / 081130500033
email: pasca-its@its.ac.id

Butuh bantuan?