Program RPL

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Pascasarjana

RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Berdasarkan Peraturan Rektor ITS no 26 Tahun 2018, Tipe RPL yang diselenggarakan di ITS adalah tipe A1, tipe A2 dan tipe B1.

Pengumuman penting untuk semua mahasiswa baru, utamanya kelas PJJ
HIRARKI PROGRAM PASCASARJANA

PROGRAM – JALUR – SKEMA – KELAS
Program ada 2:
1. Program RPL
2. Program Non RPL
Jalur ada 2:
1. Jalur Reguler
2. Jalur Riset
Jalur adalah bagian dari Program
Skema ada 5:
1. Skema Beasiswa (S2 & S3)
2. Skema Kerjasama (S2 & S3)
3. Skema Gelar bersama – JD/DD (S2 & S3)
4. Skema PMDSU (S3)
5. Skema Mandiri (S2 & S3)
Skema adalah bagian dari Jalur
Kelas ada 2:
1. Tatap Muka (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
2. PJJ (Reguler, Kerjasama, Profesional, Eksekutif)
Kelas adalah bagian Skema

SK PENERIMAAN diumumkan hanya sampai pada hirarki PROGRAM – JALUR RPL

Khusus Jalur Riset untuk pemilihan dalam menu pendaftaran melalui Bidang Keahlian by Riset 

Contoh:
Prodi : Fisika.
Bidang Studi : Fisika by Riset

Jenis program RPL adalah sebagai berikut:

Program Reguler

Program Magister dan Doktor dari seleksi RPL yang ditempuh sepenuhnya di ITS.

Program Beasiswa ITS

ITS menyelenggerakan beasiswa untuk mahasiswa ITS yang berprestasi yaitu Fresh Graduate untuk RPL

Beasiswa Fresh Graduate untuk RPL :

1 Beasiswa Fresh Graduate

    • Diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang akan lulus (wisuda ke-126 yaitu September 2022 dan diperlukan Surat Pernyataan Akan Lulus dari peserta) atau telah lulus (wisuda ke-125 yaitu Maret 2022 dan ke-124 yaitu September 2021) dari ITS maksimal 1 tahun.
      *) Pengumuman yang lulus beasiswa akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2022 Pukul 21.00 WIB
    • Mempunyai IPK minimal 3.00, TPA minimal 475, Toefl minimal 475.
    • Masa studi maksimal 10 semester.
    • Program S1/D4 harus sebidang dengan S2.
    • Mendapatkan rekomendasi dari orang yang mengetahui kapasitas akademik/profesional calon pelamar, bisa mantan dosen, pembimbing atau atasan.
    • Ada proses seleksi di Program Studi.
    • Beasiswa ini gratis SPP maksimal 4 semester.
    • Untuk Jalur Reguler dan Riset kelas Tatap Muka (Bukan PJJ)

2 Beasiswa Penelitian Dosen

    • Mendapatkan pendanaan dari penelitian yang sedang dilaksanakan oleh dosen ITS

Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pascasarjana ITS membuka Program PJJ Mata Kuliah atau disebut juga Kelas PJJ dengan seleksi jalur RPL. Adapun ketentuan sebagai berikut:

  1. Peraturan Akademik Program PJJ sama dengan Program Reguler
  2. Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler
  3. Persyaratan Calon Mahasiswa Baru Program PJJ sama dengan Program Reguler

Program PJJ Mata Kuliah atau Kelas PJJ yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelas PJJ Reguler
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri
    • Perkuliahan secara daring dilaksanakan bersamaan dengan mahasiswa regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00)
    • Pada saat perkuliahan offline dapat dijalankan melalui smart classroom
  2. Kelas PJJ Kerjasama
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait
    • Kelas PJJ Kerjasama diselenggarakan secara terpisah (jika jumlahnya mencukupi) atau digabungkan dengan PJJ regular (jika jumlah mahasiswa cukup sedikit)
    • Satu kelas PJJ Kerjasama dapat berisi mahasiswa dari berbagai institusi
    • Perkuliahan diselenggarakan dengan waktu yang sama dengan kelas regular (mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 atau sesuai dengan kesepakatan)
    • SPP sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)
  3. Kelas PJJ Profesional
    • Calon mahasiswa merupakan sekumpulan pegawai institusi atau guru yang mendapatkan ijin dari instansi untuk studi lanjut dengan/tanpa beasiswa dari instansi terkait atau perseorangan namun hanya mempunyai waktu setelah jam kerja
    • Perkuliahan diselenggarakan di luar jam kerja (Hari Senin s.d. Hari Kamis, Pukul 18.30 s.d. 22.10)
    • Satu kelas bisa berisi mahasiswa dari beberapa institusi atau perseorangan
  4. Kelas PJJ Eksekutif
    • Calon mahasiswa berasal dari luar daerah, sudah bekerja namun berinisiatif kuliah atas biaya sendiri, atau sekumpulan mahasiswa dari instansi tertentu
    • Perkuliahan dilaksanakan di waktu weekend (Hari Jumat, Pukul 18.30 s.d. 22.10 dan Hari Sabtu, Pukul 08.30 s.d. 16.30)
    • Mahasiswa dapat terdiri dari mahasiswa Kerjasama atau biaya mandiri

Program Studi yang membuka Jalur RPL selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut.

RPL A1 adalah metode pengakuan terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan formal di Perguruan Tinggi, sama seperti proses Alih Kredit (credit transfer); hasil pengakuan yang diperoleh adalah Keputusan tentang Pengakuan Alih Kredit.

Jenis RPL A1 terdiri dari : Lanjut Jenjang, Lintas Jenis, Pindahan dan Lanjut tidak Sebidang sebagaimana dijelaskan dalam Tabel berikut ini:

Kode
Jenis
Prodi Asal
Prodi Tujuan
Contoh
A1.2.2
Lintas Jenis
(vokasi ←→ akademik)
Sarjana Terapan
Magister
D4 Prodi X → S2 Prodi X
A1.2.3
Sarjana
Magister Terapan
S1 Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A1.2.4
Magister Terapan
Doktor
S2 Terapan Prodi X → S3 Prodi X
A1.3.4
Pindahan
(belum menyelesaikan pendidikan terdahulu, keluar dengan martabat, sebidang dan tidak sebidang)
Magister Terapan
Magister Terapan
S2 Terapan Prodi X → S2 Terapan Prodi X/Y
A1.3.5
Magister
Magister
S2 Prodi X → S2 Prodi X/Y
A1.3.6
Doktor
Doktor
S3 Prodi X → S3 Prodi X/Y
A1.4.1
Lanjut tidak sebidang (bidang studi berbeda)
Sarjana Terapan
Magister Terapan
D4 Prodi X → S2 Terapan Prodi Y
A1.4.2
Sarjana
Magister
S1 Prodi X → S2 Prodi Y
A1.4.3
Magister
Doktor
S2 Prodi X → S3 Prodi Y

RPL A2 adalah metode pengakuan terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja yang dilakukan dalam dua tahap yaitu: asesmen dan rekognisi; hasil pengakuan yang diperoleh adalah keputusan tentang Pengakuan Jumlah SKS dan Mata Kuliah yang Diakui.

Kode
Jenjang Pendidikan Asal
Jenjang Pendidikan Tujuan
Contoh Kasus
A2.2.1
Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
Profesi, Magister, Magister Terapan
D4 Prodi X → S2 Terapan Prodi X
A2.2.2
Sarjana + Pengalaman Kerja
S1 Prodi X → S2 Prodi X

Persyaratan Program RPL A1

  1. Persyaratan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi Asal
Akreditasi Perguruan Tinggi
Akreditasi Prodi Asal
B
Minimal Sama dengan Program Studi Tujuan
A
B

Daftar Akreditasi Program Studi di ITS :

https://www.its.ac.id/kpm/id/akreditasi-program-studi/

2. Wajib unggah Dokumen melalui web ini :

    1. Ijazah.
    2. Transkrip dengan skala nilai.
    3. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi Asal pada saat lulus.
    4. Sertifikat Akreditasi Program Studi Asal pada saat lulus.
    5. Silabus Mata Kuliah.

Persyaratan Khusus

Jenis
Program Studi Asal
Program Studi Tujuan
Syarat Khusus
Lintas Jenis
(vokasi ←→ akademik)
Sarjana Terapan
Magister
IPK ≥ 3,00
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Sarjana
Magister Terapan
IPK ≥ 3,00
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Magister Terapan
Doktor
IPK ≥ 3,50
masa studi maksimal di Prodi asal 4 semester
Pindahan
(sebidang dan tidak sebidang)
Magister Terapan
Magister Terapan
IPK ≥ 3,00
  1. Wajib menempuh minimal 2 semester atau sudah menempuh minimal 36 SKS di Program Studi Asal
Magister
Magister
IPK ≥ 3,00
  1. Wajib menempuh minimal 50% dari total SKS di Program Studi Tujuan
Doktor
Doktor
IPK ≥ 3,50
  1. Wajib mengerjakan TA/Thesis/Disertasi di ITS
Lanjut tidak sebidang (bidang studi berbeda)
Sarjana Terapan
Magister Terapan
IPK ≥ 3,00
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Sarjana
Magister
IPK ≥ 3,00
masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester
Magister
Doktor
IPK ≥ 3,50
masa studi maksimal di Prodi asal 4 semester

3. Syarat TPA dan TOEFL

Magister
TPA ≥ 450 (Skala 1 – 700)
TOEFL ≥ 477 (Skala 1 – 700)
Doctor
TPA ≥ 450 (Skala 1 – 700)
TOEFL ≥ 500 (Skala 1 – 700)

 

Catatan:

  • Bagi calon pendaftar yang mempunyai nilai TOEFL/TPA dan IPK kurang dari persyaratan minimal, tetap dapat mendaftar program pascasarjana di ITS.
  • Jika diterima sebagai mahasiswa baru, maka akan ada program upgrading kemampuan bahasa Inggris dari ITS.
  • Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes, kecuali jika tes dilakukan secara online selama masa pandemi

Perlu Diperhatikan:

    • Bagi calon pendaftar yang mempunyai nilai TOEFL/TPA dan IPK kurang dari persyaratan minimal, tetap dapat mendaftar program pascasarjana di ITS.
    • Jika diterima sebagai mahasiswa baru, maka akan ada program upgrading kemampuan bahasa Inggris dari ITS.
    • Semua pendaftar harus membawa berkas persyaratan pendaftaran pada saat tes, kecuali jika tes dilakukan secara online selama masa pandemi

 

Persyaratan calon mahasiswa pendaftar RPL A2 :

  1. Mempunyai pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun;
  2. Melengkapi dan mengunggah dokumen yang terdiri atas:

    1. Ijazah dan transkrip;
    2. Sertifikat kompetensi yang dimiliki (bila ada);
  3. Persyaratan Khusus IPK, TPA dan TOEFL
    Magister
    – IPK ≥ 3,00 (masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester)
    – TPA ≥ 450 (Skala 1 – 700)
    – TOEFL ≥ 477 (Skala 1 – 700)
    Doctor
    – IPK ≥ 3,00 (masa studi maksimal di Prodi asal 8 semester)
    – TPA ≥ 450 (Skala 1 – 700)
    – TOEFL ≥ 500 (Skala 1 – 700)
  4. Portofolio tentang pengalaman pekerjaan yang telah dilakukan dan/atau hasil karya yang membuktikan kompetensi yang dimiliki dari pimpinan tempat kerja sebelumnya;
  5.  Pernyataan dari pimpinan tempat kerja mengenai status pegawai yang meliputi: riwayat jabatan, bidang pekerjaan, lama bekerja, dan kinerja;
  1. Bagi calon pendaftar yang berasal dari program studi yang tidak sebidang dan Lintas Jenis, silahkan mendaftar melalui program RPL berikut ini

      1. Melalui web ini, klik DAFTAR DISINI lalu klik Belum Punya KAP dan PIN
      2. Calon peserta melakukan pendaftaran Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN). Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid.
      3. Selanjutnya calon peserta akan mendapatkan email berisi Kode Bayar, KAP dan PIN.
      4. Dengan menggunakan Kode Bayar, calon peserta membayar biaya pendaftaran sesuai tabel berikut :
    Kode
    Jenis
    Prodi Asal
    Prodi Tujuan
    Biaya Pendaftaran
    A1.2.2
    Lintas Jenis
    (vokasi ←→ akademik)
    Sarjana Terapan
    Magister
    Rp. 1.000.000
    A1.2.3
    Sarjana
    Magister Terapan
    Rp. 1.000.000
    A1.2.4
    Magister Terapan
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A1.3.6
    Pindahan (Sebidang dan Tidak Sebidang)
    Doktor
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A1.4.1
    Lanjut tidak sebidang
    (bidang studi berbeda)
    Sarjana Terapan
    Magister Terapan
    Rp. 1.000.000
    A1.4.2
    Sarjana
    Magister
    Rp. 1.000.000
    A1.4.3
    Magister
    Doktor
    Rp. 1.000.000
    A2.2.1
    Sarjana Terapan + Pengalaman Kerja
    Profesi, Magister Terapan, Magister
    Rp. 1.000.000
    A2.2.2
    Sarjana + Pengalaman Kerja
    Rp. 1.000.000

     

    melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Jatim (Perhatian : Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun).

    1. Detail Cara Pembayaran adalah sebagai berikut:
      • Panduan Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BNI Syariah dapat dilihat disini.
    2. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website ini dengan login menggunakan KAP dan PIN.
    3. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
      1. File pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) dengan latar belakang putih berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB.
      2. Ijazah Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4)/SKL (harus dicantumkan kontak kadep/kaprodi berupa nama, email dan no hp).
      3. Transkrip Sarjana (S1)/Sarjana Terapan (D4) beserta silabus mata kuliah.
      4. Ijazah Magister/Magister Terapan (khusus program S3).
      5. Transkrip Magister/Magister Terapan (khusus program S3) beserta silabus mata kuliah.
      6. Mendapatkan dua rekomendasi dengan cara online yaitu dengan mencantumkan Nama dan Email untuk 2 (dua) rekomendator (Harus dipastikan bahwa perekomendasi mengetahui dan diberi waktu 2 hari (24 jam) setelah proses pengisian formulir online masing-masing peserta selesai.) yang berasal dari :
        1. Pimpinan instansi bagi yang sudah bekerja, atau
        2. Mantan dosen atau pembimbing program sarjana.
      7. Menulis Portofolio (bagi pendaftar RPL A2)
      8. Sertifikat TOEFL/IELTS.
      9. Sertifikat TPA atau TPKA.
      10. Surat Keterangan Sehat
      11. Bagi pendaftar Program S2 harus mengisi Usulan Topik Penelitian dan khusus pendaftar Program S3 harus sudah memiliki Rancangan Usulan Proposal Disertasi yang telah disetujui oleh calon dosen pembimbing. Format usulan topik penelitian dan rancangan usulan proposal disertasi bisa diunduh disini. Format kesediaan sebagai promotor khusus pendaftar Program S3 bisa diunduh disini.
    4. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
    5. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
    6. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan.
    7. Kartu peserta dibawa pada waktu test materi bidang dan wawancara.
    8. Semua berkas asli yang diunggah online wajib dibawa pada saat wawancara.

Biaya Pendidikan Program RPL sesuai dengan biaya Pendidikan Progam Reguler di ITS sebagai berikut :

No
Jenjang
Program
Biaya Pendidikan/Semester
SPI *)
IPITS *)
1.
Magister
RPL A1 Reguler
Rp.10.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL A2 Reguler/PJJ
Rp.25.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Reguler
Rp.12.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Kerjasama
Min Rp.15.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Profesional
Rp.17.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Eksekutif
Rp.20.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
2.
Doktor
RPL Reguler
Rp.15.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Reguler
Rp.17.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Kerjasama
Min Rp.20.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Profesional
Rp.22.500.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000
RPL PJJ Eksekutif
Rp.25.000.000
Tidak Ada
Rp. 1.250.000

*) hanya dibayarkan sekali pada waktu DAFTAR ULANG

Waktu Pendaftaran Program RPL

Gelombang I
Pendaftaran 21 Februari – 13 Maret 2022
Ujian Masuk 14 – 18 Maret 2022
Pengumuman 22 Maret 2022 Pukul 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data)
Validasi Data
2 – 4 Agustus 2022
5 – 14 Agustus 2022
Pendaftaran Ulang : Pembayaran UKT 15 – 18 Agustus 2022
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Agustus 2022
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 22 Agustus – 26 Agustus 2022

 

Gelombang II
Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022
Ujian Masuk* 18 – 29 Juli 2022
Pengumuman* 1 Agustus 2022 Pukul 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data)
Validasi Data
2 – 4 Agustus 2022
5 – 14 Agustus 2022
Pendaftaran Ulang : Pembayaran UKT 15 – 18 Agustus 2022
Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) 23 Agustus 2022
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 22 Agustus – 26 Agustus 2022
*Bagi calon pendaftar yang membutuhkan LoA lebih dulu untuk mendaftar beasiswa, dapat menghubungi kontak WA official Pascasarjana ITS

KHUSUS PENDAFTAR BEASISWA BPI

Pendaftaran 4 April – 12 Juni 2022
Ujian Masuk 13 – 17 Juni 2022
Pengumuman 20 Juni 2022

 

KHUSUS FRESH GRADUATE

Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022
Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022
Pengumuman 8 Agustus 2022 Pukul 21.00 WIB
Pengisian SIPMABA (termasuk upload dokumen data) 9– 11 Agustus 2022
Perwalian Mahasiswa (FRS Online) 22 Agustus – 26 Agustus 2022

Sekretariat Pendaftaran Program Pascasarjana ITS
Direktorat Pascasarjana dan Pengembangan Akademik
Gedung KPA Plasa Dr. Angka Lantai 3
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya
Telp. (031) 5994251 ext. 1126, 1384
WA (Official Pasca): 081130500022
email: pasca-its@its.ac.id