Program Studi Magister (S2)

Program Master atau magister Teknik Industri ITS bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan yang lebih mendalam yang berhubungan dengan kemampuan dalam hal perancangan, instalasi dan perbaikan sistem industri yang kompleks. Kami menawarkan 7 konsentrasi dalam program master, yaitu:

  1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)
  2. Policy Design on Industrial Systems and Distribution
  3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)
  4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)
  5. Engineering Management (EM)
  6. Operations and Supply Chain Engineering (OSCE)
  7. Industrial Cooperation

Mahasiswa master harus menyelesaikan 36 satuan kredit semester (SKS) yang terdiri dari mata kuliah wajib, pilihan dan tesis. Durasi normal untuk menyelesaikan program master adalah dua tahun, namun mahasiswa berprestasi bisa menyelesaikan dalam waktu 1,5 tahun. Tesis memiliki bobot 6 SKS di mana mahasiswa akan dibimbing oleh dua pengajar. Mahasiswa harus mempresentasikan proposal tesis di depan panel penguji. Ketika laporan tesis selesai, mahasiswa harus mempertahankan tesis mereka. Sebagai bagian dari persyaratan gelar, mahasiswa harus mempresentasikan karya tesis mereka dalam konferensi nasional maupun internasional atau mempublikasikannya dalam jurnal akademik nasional atau internasional.

Proses penerimaan diadakan dua kali setahun. Informasi lebih lanjut tentang proses penerimaan tersedia dihttp://www.pasca.its.ac . id

Semester pertama dimulai pada awal September, sedangkan semester kedua dimulai pada awal Februari. Magister Teknik (MT) gelar akan diberikan kepada mereka yang telah lulus semua persyaratan.

1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)

oleh Manufacturing Systems Laboratory (ManSys Lab)

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan untuk memahami konsep dan memiliki kemampuan untuk merancang, mengoperasikan, mengelola dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan pada Sistem Manufaktur secara smart agar menjadi lebih efisien dengan mempertimbangkan isu lingkungan (green). Lulusan dari konsentrasi ini sesuai untuk bekerja di berbagai sektor baik manufaktur maupun jasa.

 

2. Rekayasa Kebijakan Sistem Industri dan Distribusi atau Policy Design on Industrial Systems and Distribution)

Oleh Quantitative Modeling and Industrial Policy Analysis Laboratory  (QMIPA laboratory)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan analitis yang mendalam, banyak menggunakan model-model matematis (optimasi), model statistik, maupun model simulasi. Lulusannya akan cocok bekerja di berbagai bidang kerja yang membutuhkan analisis sistem yang kompleks baik pada industri manufaktur maupun jasa.

 

3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)

oleh Logistics and Supply Chain Management (LSCM) Laboratory.

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan untuk merancang, merencanakan, mengoperasikan, dan mengendalikan aliran material dari hulu ke hilir lintas organisasi. Lulusannya akan cocok bekerja pada industri manufaktur untuk fungs-fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan, pengadaan, pergudangan, dan di industri logistik.

 

4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)

oleh Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja atau Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering Laboratory (HuFOSH Lab)

Konsentrasi ini dirancang untuk membekali lulusan dengan pengetahuan mengenai rekayasa sistem, produk, dan jasa sehingga dapat dipergunakan oleh manusia secara efektif dan efisien dengan memperhatikan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja. Lulusan dari konsentrasi ini akan cocok bekerja pada berbagai sektor yang terkait dengan perancangan sistem yang di dalamnya terdapat unsur manusia dan  bidang keselamatan & kesehatan kerja di berbagai industri.

 

5. Manajemen Rekayasa (Engineering Management) – MR/EM.

Oleh Laboratorium Perancangan Sistem dan Manajemen Industri (PSMI) atau Industrial Management and System Design Laboratory (IMSDL)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola proyek-proyek rekayasa, perancangan produk baru, dan inovasi. Lulusannya cocok bekerja di industri manufaktur, Jasa dan sektor publik.

 

6. Operations and Supply Chain Engineering (International Program) – OSCE

Oleh semua laboratorium.

Konsentrasi ini dirancang sebagai program yang berbahasa Inggris dengan bidang yang agak luas mencakup berbagai area di bidang Teknik Industri dan Rantai Pasok. Konsentrasi ini dirancang untuk mahasiswa asing atau mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah dengan pengantar Bahasa Inggris. Konsentrasi ini lebih diarahkan untuk membentuk professional yang siap kerja setelah lulus. Oleh karena itu semua mahasiswa wajib mengambil Internship (4 sks) dan Seminar on Professional Development (2 sks). Kedua mata kuliah ini ditujukan untuk menyiapkan lulusan menjadi professional yang handal. Peluang kerja untuk lulusan ini cukup luas mencakup berbagai bidang pada konsentrasi sebelumnya.

 

7. Kerjasama Industri (Industrial Cooperation) – KI/IC.

Oleh semua laboratorium.

Konsentrasi ini diperuntukkan bagi  kalangan industri yang ingin menempuh studi lanjut ke jenjang magister. Konsentrasi ini membekali lulusan dengan ilmu-ilmu baru di bidang Teknik Sistem dan Industri agar dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata industri dengan berbasis pada pengetahuan secara teoritikal. Kurikulum KI yang ada telah dirancang untuk bersifat adaptif terhadap permintaan pengkhususan pada area fungsional tertentu melalui mata kuliah-mata kuliah di semester 1 dan 2 yang cukup kontemporer serta  3 buah mata kuliah pilihan yang dapat di customize sesuai permintaan industri.

Kami juga memiliki kerjasama dengan universitas asing untuk gelar ganda (joint/double degree). Sebagai contoh, kami telah menjalankan program double degree dengan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), AIT (Bangkok), dan Pusan National University (PNU, Korea Selatan). Mahasiswa dapat menyelesaikan bagian akhir kuliah, SKS dan tesis di NTUST, AIT atau PNU. Pembiayaan untuk double degree bisa dari pribadi, beasiswa BKLN atau dari mitra universitas di luar negeri.

Mahasiswa pasca sarjana Teknik Industri akan disiapkan sebagai pemimpin dan innovator dalam kompetisi global bidang manajerial industri. Ketrampilan lainnya juga akan diberikan pada program ini seperti berpikir kritis dan analitis, kepemimpinan , komunikasi, bekerja dalam tim serta kreatif dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi.

Pelajari silabus mata kuliah program magister Teknik Industri  pada link berikut :