Program Studi Doktor (S3)

Program Doktor Teknik Industri ITS dirancang untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian berkualitas tinggi yang menghasilkan kontribusi yang signifikan untuk bidang Teknik Industri. Salah satu syarat untuk lulus dari program doktor adalah mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Saat ini kami menawarkan lima bidang utama dalam bidang Teknik industri:

  1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)
  2. Policy Design on Industrial Systems and Distribution
  3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)
  4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)
  5. Engineering Management (EM)

Pendaftaran 
Calon siswa diharapkan untuk menunjukkan catatan akademik yang baik (IPK minimal 3,00) dan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris (minimal TOEFL Skor 500). Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Pelaksanaan Program
Program doktor di bidang teknik industri adalah program penuh-waktu (full-time). Biasanya, kami berharap mahasiswa untuk bekerja di kantor/ruang residensi selama jam kerja. Program ini terdiri dari tahap kuliah serta tahap penelitian. Selama tahap kuliah, siswa harus menghadiri dan lulus setidaknya empat mata kuliah sambil mengerjakan proposal penelitian mereka. Mahasiswa harus mempresentasikan proposal penelitian di depan sebuah panel yang terdiri dari pembimbing dan tiga penguji. Panel yang sama juga akan memeriksa disertasi ketika selesai. Durasi normal program doktor adalah 3-4 tahun.

Wisuda 
Dalam rangka untuk mendapatkan gelar doktor, mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah, mempertahankan disertasi mereka untuk memenuhi syarat dari kantor pascasarjana, serta mempublikasikan setidaknya satu makalah ilmiah dalam jurnal internasional.

1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)

oleh Manufacturing Systems Laboratory (ManSys Lab)

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan untuk memahami konsep dan memiliki kemampuan untuk merancang, mengoperasikan, mengelola dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan pada Sistem Manufaktur secara smart agar menjadi lebih efisien dengan mempertimbangkan isu lingkungan (green). Lulusan dari konsentrasi ini sesuai untuk bekerja di berbagai sektor baik manufaktur maupun jasa.

 

2. Rekayasa Kebijakan Sistem Industri dan Distribusi (Policy Design on Industrial Systems and Distribution)

Oleh Quantitative Modeling and Industrial Policy Analysis Laboratory  (QMIPA laboratory)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan analitis yang mendalam, banyak menggunakan model-model matematis (optimasi), model statistik, maupun model simulasi. Lulusannya akan cocok bekerja di berbagai bidang kerja yang membutuhkan analisis sistem yang kompleks baik pada industri manufaktur maupun jasa.

 

3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)

oleh Logistics and Supply Chain Management (LSCM) Laboratory.

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan untuk merancang, merencanakan, mengoperasikan, dan mengendalikan aliran material dari hulu ke hilir lintas organisasi. Lulusannya akan cocok bekerja pada industri manufaktur untuk fungs-fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan, pengadaan, pergudangan, dan di industri logistik.

 

4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)

oleh Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja atau Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering Laboratory (HuFOSH Lab)

Konsentrasi ini dirancang untuk membekali lulusan dengan pengetahuan mengenai rekayasa sistem, produk, dan jasa sehingga dapat dipergunakan oleh manusia secara efektif dan efisien dengan memperhatikan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja. Lulusan dari konsentrasi ini akan cocok bekerja pada berbagai sektor yang terkait dengan perancangan sistem yang di dalamnya terdapat unsur manusia dan  bidang keselamatan & kesehatan kerja di berbagai industri.

 

5. Manajemen Rekayasa (Engineering Management) – MR/EM.

Oleh Laboratorium Perancangan Sistem dan Manajemen Industri (PSMI) atau Industrial Management and System Design Laboratory (IMSDL)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola proyek-proyek rekayasa, perancangan produk baru, dan inovasi. Lulusannya cocok bekerja di industri manufaktur, Jasa dan sektor publik.

Mahasiswa pasca sarjana Teknik Industri akan disiapkan sebagai pemimpin dan innovator dalam kompetisi global bidang manajerial industri. Ketrampilan lainnya juga akan diberikan pada program ini seperti berpikir kritis dan analitis, kepemimpinan , komunikasi, bekerja dalam tim serta kreatif dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi.

Pelajari kurikulum program studi Doktor (S3) Teknik Industri selengkapnya disini.

Pelajari silabus mata kuliah program doktor Teknik Industri  pada link berikut :