Program Studi Doktor (S3)

Program Doktor Teknik Sistem dan Industri ITS dirancang untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian berkualitas tinggi yang menghasilkan kontribusi yang signifikan untuk bidang Teknik Industri. Salah satu syarat untuk lulus dari program doktor adalah mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Saat ini kami menawarkan lima bidang utama dalam bidang Teknik Sistem dan industri:

  1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)
  2. Policy Design on Industrial Systems and Distribution
  3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)
  4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)
  5. Engineering Management (EM)

Visi Misi

Visi : Menjadi penyelenggara program Doktor bidang Teknik Industri yang terpandang di Asia.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan program Doktor dengan standar kualitas yang tinggi
  2. Menciptakan iklim penelitian yang kondusif yang mampu secara produktif menghasilkan lulusan Doktor berkualitas dimana hasil-hasilnya bisa dipublikasikan di forum atau publikasi internasional.
  3. Menciptakan jejaring internasional dengan penyelenggara program Doktor Teknik Sistem dan Industri atau bidang lain yang sejenis terutama yang berada di wilayah Asia

Pendaftaran 
Calon siswa diharapkan untuk menunjukkan catatan akademik yang baik (IPK minimal 3,00) dan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa Inggris (minimal TOEFL Skor 500). Penerimaan calon juga akan mengikuti ketersediaan pembimbing dan kesesuaian calon topik penelitian.

Pelaksanaan Program
Program doktor di bidang Teknik Sistem dan industri adalah program penuh-waktu (full-time). Biasanya, kami berharap mahasiswa untuk bekerja di kantor/ruang residensi selama jam kerja. Program ini terdiri dari tahap kuliah serta tahap penelitian. Selama tahap kuliah, siswa harus menghadiri dan lulus setidaknya empat mata kuliah sambil mengerjakan proposal penelitian mereka. Mahasiswa harus mempresentasikan proposal penelitian di depan sebuah panel yang terdiri dari pembimbing dan tiga penguji. Panel yang sama juga akan memeriksa disertasi ketika selesai. Durasi normal program doktor adalah 3-4 tahun.

Wisuda 
Dalam rangka untuk mendapatkan gelar doktor, mahasiswa harus menyelesaikan semua mata kuliah, mempertahankan disertasi mereka untuk memenuhi syarat dari kantor pascasarjana, serta mempublikasikan setidaknya satu makalah ilmiah dalam jurnal internasional.

Program studi Doktor Teknik Sistem dan Industri memiliki profil lulusan sebagai berikut:

  1. Dosen: Menjadi pendidik professional yang mentransformasikan serta mengembangkan pendidikan melalui pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Peneliti: Menjadi peneliti yang mampu melakukan penelitian secara mandiri dalam bidang Teknik Industri serta melakukan analisis yang dilakukan secara sistematis dan konsisten.
  3. Policy Maker (Birokrat, Dunia Usaha dan Industri): Menjadi pembuat kebijakan (birokrat atau yang memunculkan ide atau gagasan untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan teknik industri.
  1. Mahasiswa mampu menguasai secara mendalam dan kreatif untuk melakukan pengembangan ilmu bidang Teknik Industri melalui karya-karya yang inovatif, orisinil, mempunyai kebaharuan, dan teruji yang menekankan pada pendekatan sistem dalam merancang, memperbaiki, dan melakukan instalasi suatu sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, material, peralatan, uang, informasi, dan energi.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan permasalahan pada suatu sistem industri terintegrasi baik pada lingkup mikro, meso, maupun makro, mengusulkan alternatif pemecahannya, serta melakukan evaluasi secara komprehensif multi-disipliner, interdisipliner, atau transdisipliner untuk memperoleh rekomendasi alternatif terbaik dari sisi efisiensi, efektivitas, maupun dari sisi pertimbangan keberlanjutan lingkungan.
  3. Mahasiswa mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan kegiatan penelitian atau pengembangan pada bidang ilmu Teknik Industri atas dasar kaidah ilmiah yang jujur, bertanggung jawab dan mampu mengkomunikasikan gagasan maupun penelitian secara efektif dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sehingga mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional.

1. Manufacturing Systems Engineering and Management (MSEM)

oleh Manufacturing Systems Laboratory (ManSys Lab)

Konsentrasi ini menyiapkan lulusan untuk memahami konsep dan memiliki kemampuan untuk merancang, mengoperasikan, mengelola dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan pada Sistem Manufaktur secara smart agar menjadi lebih efisien dengan mempertimbangkan isu lingkungan (green). Lulusan dari konsentrasi ini sesuai untuk bekerja di berbagai sektor baik manufaktur maupun jasa.

 

2. Rekayasa Kebijakan Sistem Industri dan Distribusi (Policy Design on Industrial Systems and Distribution)

Oleh Quantitative Modeling and Industrial Policy Analysis Laboratory  (QMIPA laboratory)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan analitis yang mendalam, banyak menggunakan model-model matematis (optimasi), model statistik, maupun model simulasi. Lulusannya akan cocok bekerja di berbagai bidang kerja yang membutuhkan analisis sistem yang kompleks baik pada industri manufaktur maupun jasa.

 

3. Logistics and Supply Chain Management (LSCM)

oleh Logistics and Supply Chain Management (LSCM) Laboratory.

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan untuk merancang, merencanakan, mengoperasikan, dan mengendalikan aliran material dari hulu ke hilir lintas organisasi. Lulusannya akan cocok bekerja pada industri manufaktur untuk fungs-fungsi perencanaan produksi dan pengendalian persediaan, pengadaan, pergudangan, dan di industri logistik.

 

4. Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering (HuFOSH)

oleh Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja atau Human Factors and Occupational Safety & Health Engineering Laboratory (HuFOSH Lab)

Konsentrasi ini dirancang untuk membekali lulusan dengan pengetahuan mengenai rekayasa sistem, produk, dan jasa sehingga dapat dipergunakan oleh manusia secara efektif dan efisien dengan memperhatikan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja. Lulusan dari konsentrasi ini akan cocok bekerja pada berbagai sektor yang terkait dengan perancangan sistem yang di dalamnya terdapat unsur manusia dan  bidang keselamatan & kesehatan kerja di berbagai industri.

 

5. Manajemen Rekayasa (Engineering Management) – MR/EM.

Oleh Laboratorium Perancangan Sistem dan Manajemen Industri (PSMI) atau Industrial Management and System Design Laboratory (IMSDL)

Konsentrasi ini membekali lulusan dengan pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola proyek-proyek rekayasa, perancangan produk baru, dan inovasi. Lulusannya cocok bekerja di industri manufaktur, Jasa dan sektor publik.

Mahasiswa pasca sarjana Teknik Industri akan disiapkan sebagai pemimpin dan innovator dalam kompetisi global bidang manajerial industri. Ketrampilan lainnya juga akan diberikan pada program ini seperti berpikir kritis dan analitis, kepemimpinan , komunikasi, bekerja dalam tim serta kreatif dalam pengembangan dan penerapan solusi sistem informasi.

Pelajari kurikulum program studi Doktor (S3) Teknik Industri selengkapnya disini.

CodeCourseCredit
SEMESTER I - MANUFACTURING SYSTEM ENGINEERING AND MANAGEMENT
TI186101Science Philosophy and Research Methodology3
TI186102Academic Writting2
TI186111Integrated Manufacturing System3
Credit Subtotal8
SEMESTER I - INDUSTRIAL SYSTEMS OPTIMIZATION AND ENGINEERING
TI186101Science Philosophy and Research Methodology3
TI186102Academic Writting2
TI186121Quantitative Modeling and Analysis3
Credit Subtotal8
SEMESTER I - LOGISTIC & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
TI186101Science Philosophy and Research Methodology3
TI186102Academic Writting2
TI186131Supply Chain Modeling3
Credit Subtotal8
SEMESTER I - HUMAN FACTORs AND OCCUPATIONAL SAFETY & HEALTH ENG
TI186101Science Philosophy and Research Methodology3
TI186102Academic Writting2
TI186141Human Factors in Industrial Systems3
Credit Subtotal8
SEMESTER I - ENGINEERING MANAGEMENT
TI186101Science Philosophy and Research Methodology3
TI186102Academic Writting2
TI186151Engineering Project Management3
Credit Subtotal8
SEMESTER II ALL CONSENTRATION
TI186201Disertation 1: Internal Progress 12
TI186202Disertation 2: Pra Qualification3
Credit Subtotal5
SEMESTER III ALL CONSENTRATION
TI186301Disertation 3: Qualification7
Credit Subtotal7
SEMESTER IV ALL CONSENTRATION
TI186401Disertation 4: Internal Progress 23
TI186402Disertation 5: Internal Progress 33
Credit Subtotal6
SEMESTER V ALL CONSENTRATION
TI186501Publication6
Credit Subtotal6
SEMESTER VI ALL CONSENTRATION
TI186601Disertation 6: Defense7
TI186602Disertation 7: Doctoral Promotion3
Credit Subtotal10
Elective Courses
TI186711Integrated Manufacturing System3
TI186721Quantitative Modeling and Analysis3
TI186731Supply Chain Modeling3
TI186141Human Factors in Industrial Systems3
TI186751Engineering Project Management3
TI186732Supply Chain Engineering3
TI186722Advanced Operations Research3
TI186723Simulation for IE2
TI186724Industrial Systems Policy Engineering and Analysis3
TI186725Advanced Industrial Statistics2
TI186733Contemporary Logistic3
TI184727Green Manufacturing2