News

Gandeng Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, Teknik Geofisika ITS Selenggarakan Riset Dalam Bentuk Kuliah Terpadu

Wed, 22 Sep 2021
6:54 pm
Information
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Gunung lumpur Sidoarjo atau populer dengan istilah “Lumpur Sidoarjo”, atau disingkat dengan “LUSI” merupakan salah satu manifestasi gunung lumpur di Zona Kendeng, Cekungan Jawa Timur.

 

Teknik Geofisika ITS berkolaborasi dengan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, untuk menyelenggarakan riset berupa kuliah terpadu bagi mahasiswa Teknik Geofisika ITS. Kunjungan ke kantor PPLS untuk audiensi pembahasan riset telah dilakukan pada hari Kamis, tanggal 9 September 2021.

 

 

Riset ini bertujuan untuk memetakan bawah permukaan kawasan LUSI dan sekitarnya menggunakan integrasi metode geologi dan geofisika. Pemetaan geologi berfungsi untuk menentukan trend struktur lokal yang mengontrol kawasan LUSI dan fisiografinya melalui manifestasi singkapan, analisis petrologi dan petrografi. Sedangkan penerapan survey geofisika untuk investigasi bawah permukaan kawasan LUSI, tanggul dan sekitarnya melalui pengukuran parameter fisis sehingga integrasi hasil penelitian akan memberikan pengayaan informasi mengenai kondisi bawah permukaan LUSI dan sekitarnya.

 

Mahasiswa yang mengambil MK Kuliah Terpadu direncanakan akan mulai mengeksekusi survey geofisika dan pemetaan geologi pada 4-15 Oktober 2021. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu menguasai dan membandingkan metoda-metoda eksplorasi serta mengintegrasikan survey lapangan geologi dan geofisika secara mumpuni.

Latest News

  • Guest Lecture “Geomechanic” by Schlumberger

    Kuliah tamu Teknik Geofisika ITS kali ini membawa kan tema “Geomechanic”, dengan mengundang narasumber dari Schlumberger

    05 Jul 2022
  • Webinar “Belajar Dari Gempa Sulawesi Barat”

    *Belajar Dari Gempa Sulawesi Barat* 8 Juni 2022 terjadi gempa M 5.9 di lepas pantai dekat episentrum gempa tahun1969,

    05 Jul 2022
  • Press Release of Webinar “Penurunan Tanah Kabupaten Sidoarjo”, Saturday, 2 July 2022

    Land Subsidence Damage and Losses in Sidoarjo Regency The viral flood incident in Banjarasri Village and Kedungbanteng, Tanggulangin District,

    04 Jul 2022