News

Gandeng Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, Teknik Geofisika ITS Selenggarakan Riset Dalam Bentuk Kuliah Terpadu

Rab, 22 Sep 2021
6:55 pm
Informasi
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

Gunung lumpur Sidoarjo atau populer dengan istilah “Lumpur Sidoarjo”, atau disingkat dengan “LUSI” merupakan salah satu manifestasi gunung lumpur di Zona Kendeng, Cekungan Jawa Timur.

 

Teknik Geofisika ITS berkolaborasi dengan Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, untuk menyelenggarakan riset berupa kuliah terpadu bagi mahasiswa Teknik Geofisika ITS. Kunjungan ke kantor PPLS untuk audiensi pembahasan riset telah dilakukan pada hari Kamis, tanggal 9 September 2021.

 

 

Riset ini bertujuan untuk memetakan bawah permukaan kawasan LUSI dan sekitarnya menggunakan integrasi metode geologi dan geofisika. Pemetaan geologi berfungsi untuk menentukan trend struktur lokal yang mengontrol kawasan LUSI dan fisiografinya melalui manifestasi singkapan, analisis petrologi dan petrografi. Sedangkan penerapan survey geofisika untuk investigasi bawah permukaan kawasan LUSI, tanggul dan sekitarnya melalui pengukuran parameter fisis sehingga integrasi hasil penelitian akan memberikan pengayaan informasi mengenai kondisi bawah permukaan LUSI dan sekitarnya.

 

Mahasiswa yang mengambil MK Kuliah Terpadu direncanakan akan mulai mengeksekusi survey geofisika dan pemetaan geologi pada 4-15 Oktober 2021. Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu menguasai dan membandingkan metoda-metoda eksplorasi serta mengintegrasikan survey lapangan geologi dan geofisika secara mumpuni.

Latest News

  • Webinar Geologi dan Tektonik Teluk Tomini dan Implikasinya terhadap Kebencanaan Geologi

    Teluk Tomini atau dikenal juga sebagai Cekungan Gorontalo, Sulawesi merupakan teluk yang dalam dan terluas di Indonesia. Tidak banyak

    11 Agu 2022
  • Support ITS Goes To TOP 500 World Class University, Teknik Geofisika ITS Himpun Dukungan Alumni

    Di tahun ini, Rektor ITS memasang target untuk ITS menjadi Top 500 dalam ranking World Class University (WCU). Teknik

    07 Agu 2022
  • Bahas Kerjasama di Bidang Pendidikan, Direktorat Panas Bumi Kunjungi Teknik Geofisika ITS

    Teknik Geofisika ITS menerima kunjungan dari Direktorat Panas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pada hari Rabu, 27

    29 Jul 2022