Profil Profesional Mandiri

Profil Profesional Mandiri

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memilik 3 (tiga) pilar strategi utama untuk mewujudkan ITS sebagai perguruan tinggi bereputasi internasional. Pilar tersebut adalah mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, sumbangsih solusi nasional dan membangun masyarakat sejahtera. Melalui tiga pilar tersebut, Program Studi Sarjana Teknik Geofisika, sebagai bagian dari ITS dan Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FT-SPK) berorientasi kepada kebutuhan sumber daya manusia ke depan serta pengembangan institusi perguruan tinggi berbasis riset bereputasi internasional. Sejalan dengan visi ITS, visi FT-SPK, tiga pilar transformasi ITS dan berdasarkan masukan dari para pemangku kepetingan, visi Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS yang menjadi pedoman umum sekaligus cita-cita bersama adalah: “Menjadi perintis dan pusat pendidikan tinggi berbasis riset bereputasi internasional dalam inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian, terutama untuk menunjang industri bidang energi dan sumber daya mineral, rekayasa kelautan, dan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan”.

Awal pembentukan Program Studi Sarjana Teknik Geofisika pada tahun 2012, visi tersebut telah diimplementasikan dalam suatu tagline / slogan “The Geophysicist: The Explorer, The Few, The Proud,” yang bertujuan membangun kebanggaan diri sebagai penjelajah (explorer) sesuai dengan karakteristik ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kebumian yang berada di sisi hulu, membangun kebanggan diri sebagai profesi geofisikawan yang berjumlah sedikit dan membangun kapasitas masyarakat. Sejalan dengan perubahan kurikulum yang telah ada, pada tahun 2020, tagline bertransformasi menjadi “Exploring the Earth, Empowering Society”. Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS berkontribusi secara aktif memberikan kemanfaatan secara luas, melalui kompetensi kegeofisikaan, untuk ikut menjadi bagian dari solusi menuju bangsa dan negara akan lebih berdaya saing secara global.

Untuk memenuhi tuntutan yang telah dituangkan dalam visi dan tagline maka misi Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS telah dirumuskan. Misi Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis riset yang bereputasi internasional, akuntabel dan responsible di bidang kebumian, melalui kerjasama dengan lembaga/ instansi pemerintah dan swasta, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  2. Secara aktif, menerapkan dan menyebar luaskan terhadap keseluruhan metode, hasil karya inovatif dan semua sumber daya yang dimiliki dalam pemanfaatan hasil-hasil riset teknologi untuk penyelesaian permasalahan energi dan sumber daya mineral, infrastruktur demi peningkatan kualitas lingkungan hidup masyarakat secara berkelanjutan.
  3. Menumbuhkembangkan nilai etika, moral, sikap dan karakter technopreneurial berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi pada sivitas akademika.
  4. Mengelola semua sumber daya organisasi yang dimilikinya dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata pamong yang baik (transparan, akuntabel, responsible, mandiri, dan berkeadilan).

Misi tersebut dalam pelaksanaannya dikejawantahkan dalam bentuk kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE). Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dari pelaksanaan kurikulum tersebut mengacu kepada kriteria akreditasi internasional dengan mempertimbangkan deskriptor KKNI level 6 tingkat sarjana dan standar nasional pendidikan tinggi tentang kompetensi lulusan. Sejalan dengan peraturan akademik ITS, kemampuan lulusan dari sebuah mata kuliah diukur dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Dengan demikian, CPL dicapai melalui akumulasi integratif CPMK dari beberapa matakuliah, baik secara parsial maupun keseluruhan. Pencapaian CPL diperoleh dari pelaksanaan semua mata kuliah, baik yang bersifat wajib maupun bersifat pilihan, minimal 144 sks, berdasarkan peraturan akademik ITS No. 15 Tahun 2018. Semua kriteria Quality Assurance (standar penjaminan mutu) pendidikan tinggi tersebut, diimplementasikan proses pembelajaran di kampus yang didasarkan atas:

  1. Pendekatan terhadap kebutuhan terkini para pemangku kepentingan (stakeholder) dunia usaha, industri, lembaga-lembaga penelitian dan pendidikan dan pemerintahan. Pendekatan dilakukan melalui, antara lain: forum diskusi asosiasi profesi, tracer study terhadap pengguna lulusan dan umpan balik dari alumni.
  2. Sumber daya manusia dan organisasi dan tata kelolanya yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan.
  3. Keunggulan dan kearifan lokal dan nasional yang diinternalisasi ke dalam kompetensi lulusan.
  4. Pengayaan belajar di dalam dan di luar perguruan tinggi berbasis Student Centered Learning (SCL), dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan individu mahasiswa dalam koridor merdeka belajar.

Berdasarkan kinerja proses yang sesuai kriteria tolok ukur Quality Assurance, kemampuan menyelesaikan semua proses pembelajaran lengkap, dan dinamika teknologi di era digitalisasi 4.0 maka dapat diharapkan lulusan Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS mampu memiliki karakter employability tinggi untuk masuk pasar kerja baik di tingkat nasional maupun internasional yang dirumuskan dalam Profil Profesional Mandiri Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS sebagai berikut:

  1. Individu yang mampu berfikir kritis dan dan inovatif melalui pendekatan kerja kelompok (team work) dan komunikasi aktif.
  2. Individu yang mampu berkontribusi aktif, sebagai problem solver yang tangguh terhadap permasalahan eksplorasi dan eksploitasi kebumian, berbasis penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian dengan mengedepankan etika profesi dan prinsip berkelanjutan.
  3. Individu yang mampu melaksanakan dan mengembangkan entrepreneurship dalam trans-disiplin atau trans-profesi dengan mempertimbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kebumian.

Profil profesional mandiri telah dibahas sejak penerapan kurikulum OBE di Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS Tahun 2014 dan direview kembali di awal periode perubahan kurikulum tahun 2018. Selaras dengan dinamika kebutuhan stakeholders dan masyarakat terhadap kompetensi lulusan melalui tracer study, masukan dan saran dari forum – forum profesional seperti kegiatan Lokakarya Pendidikan Tinggi Geofisika (Wadah Koordinasi Program Studi Geofisika se-Indonesia), Asosiasi profesi-Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), komunitas masyarakat Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS ke depan akan melakukan peninjauan kembali secara berkala terhadap profil profesional mandiri bersama advisory board (Dewan Penasihat) Teknik Geofisika dan semua pemangku kepentingan. Komunikasi, sosialisasi dan publikasi tentang hal ini dilakukan melalui forum komunikasi internal dan eksternal dan secara luas melalui situs web dan media sosial resmi Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS (https://www.its.ac.id/tgeofisika/id/tentang-kami/profil-profesional-mandiri-departemen-teknik-geofisika/). Komunikasi tersebut untuk meningkatkan aksesibilitas antar dosen, mahasiswa, bersama para pemangku kepentingan dan masyarakat. Profil profesional mandiri secara langsung disampaikan dalam forum-forum seminar online, pengantar profil prodi dalam video yang ditautkan dalam WEB official Prodi, disampaikan oleh dosen pengampu saat memulai perkuliahan di hadapan mahasiswa, menjadi lampiran dalam dokumen kurikulum, pamflet dan brosur profil departemen

Validated Date : Surabaya, 2 Januari 2018

Kepala Program Studi Sarjana Teknik Geofisika ITS

 

 

Dr. Dwa Desa Warnana