Agenda

WEBINAR-18 Departemen Teknik Geofisika ITS: “Perubahan Iklim dan Perubahan Garis Pantai”

Mon, 10 Aug 2020
5:15 pm
Agenda
Share :
Oleh : Admin-Teknik Geofisika   |

WEBINAR-18 DEPARTEMEN TEKNIK GEOFISIKA ITS
“Perubahan Iklim dan Perubahan Garis Pantai”

Para ahli menyebutkan bahwa perubahan iklim yang terjadi umumnya ditandai adanya perubahan temperatur rerata harian, pola curah hujan, tinggi muka laut, dan variabilitas iklim (misalnya El Niño dan La Niña, Indian Dipole, dan sebagainya). Perubahan ini memberi dampak serius terhadap berbagai sektor misalnya kesehatan, pertanian, perekonomian, naiknya mukan air laut, perubahan garis pantai dan lain-lain.

Seringkali penelitian-penelitian ini mengasumsikan bahwa meskipun permukaan laut mungkin berubah, kondisi gelombang laut akan tetap sama. Sebuah penelitian terbaru menganalisis catatan angin dan gelombang dari pengukuran satelit selama 33 tahun, dan menemukan kecepatan angin rata-rata meningkat 1,5 meter per detik dan ketinggian gelombang naik 30 cm – masing-masing meningkat 8% dan 5%, dari catatan sejarah yang relatif singkat ini (National Geograpic News).

Iklim kita yang berubah akan mendorong perubahan dalam pola angin di seluruh dunia (dan selanjutnya mengubah pola hujan, misalnya mengubah pola El Niño dan La Niña. Demikian pula, perubahan angin ini akan mengubah kondisi gelombang laut secara global. Perubahan gelombang yang “didorong oleh cuaca”, kenaikan muka laut dapat mengubah arah gelombang bergerak dari perairan dalam ke dangkal, seperti halnya perubahan kedalaman pantai, yang bisa berdampak kepada sistem karang.

Perubahan iklim akan mempengaruhi garis pantai di masa depan. Kenaikan permukaan laut bukan satu-satunya dampak perubahan iklim yang akan mempengaruhi daerah pesisir. Penelitian kami, yang dipublikasikan di Nature Climate Change, menemukan planet yang menghangat juga akan mengubah gelombang laut sepanjang lebih dari 50% dari garis pantai di dunia (National Geograpic News).

Salah satu misi ITS untuk berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan seminar daring ini akan menghadirkan para ahli dalam bidang perubahan iklim dari BMKG, ahli geoarkeologi dan ahli geologi laut yaitu :

  1. Dr. Indra Gustari, S.T., M.Si. – Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG
    Observasi Variabilitas dan Perubahan Iklim di Indonesia
  2. Dr. Ir. Wahyudi Citrosiswoyo, M.Sc. – Dosen Teknik Kelautan ITS
    Resilience Pesisir dalam Pengurangan Risiko Bencana : Mitigasi Perubahan Ikilm
  3. Dr. Agus Tri Hascaryo, S.T., S.S., M.Sc. – Geoarkeologi Jogjakarta
    Rekonstruksi Paleogeografi Pulau Jawa Pada Kala Pleistosen-Holosen

Webinar akan diselenggarakan pada :

Hari/Tgl. : Sabtu/15 Agustus 2020
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
ID Zoom : https://zoom.us/j/91465027022
Live Streaming You Tube : Teknik Geofisika ITS

#Geophysical Engineering ITS

#Teknik Geofisika ITS

#Fakultas Teknik Sipil Perencanaan dan Kebumian ITS

#Faculty of Civil, Planning and Geo Engineering ITS

#Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Latest Agenda

  • Online Seminar oleh Teknik Geofisika ITS: The Application of MEQ Method at Geothermal Field - 10 Oct

    Departemen Teknik Geofisika ITS mempersembahkan: Online Seminar “The Application of MEQ Method at Geothermal Field” dengan Narasumber: Riki Irfan

    24 Sep 2020
  • Online Seminar oleh Teknik Geofisika ITS: Sain dan Teknologi Logam Peradaban Nusantara - 12 Sep

    Departemen Teknik Geofisika ITS mempersembahkan: Webinar #22 “Sain dan Teknologi Logam Peradaban Nusantara” dengan Narasumber: Dr. Amien Widodo, Dosen

    10 Sep 2020
  • [Seminar Online] Departemen Teknik Geofisika ITS Untuk Masyarakat: “Update Ekskavasi Dan Eksplorasi Geofisika Situs Kumitir” - 05 Sep

    Eksavasi Situs Kumitir di mulai awal Agustus 2020 dan penggalian dilakukan di area seluas 312 x 250 meter persegi

    03 Sep 2020