News

EPW 2018 Ajak Masyarakat Mengenal Teknologi

Jum, 26 Okt 2018
5:14 pm
Berita
Share :
Oleh : tfisikaadmin   |

Departemen Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengadakan perhelatan terbesarnya yakni Engineering Physics Week (EPW) 2018. Bertempat di Teknik Fisika ITS, EPW 2018 dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (3/2). Kali ini, EPW hadir dengan mengusung tema Engage Youth Capability to Empower Millennials Against the Future.

EPW merupakan sebuah acara yang diselenggarakan sebagai wadah bagi pelajar dan masyarakat untuk lebih mengenal Teknik Fisika ITS. Berdasarkan tema, EPW tahun ini ingin menggali potensi diri generasi muda Indonesia dengan mengedepankan semangat dalam dunia teknologi dan sains untuk pembangunan dunia industri.

Nesa Syofar Zahaf Maingak, Ketua EPW 2018 mengatakan, terdapat 4 rangkaian kegiatan dalam acara ini, yaitu Smart Innovation of Writing (SNOW), Engineering Physics Challenge (EPC), lomba fotografi (SNAPSHOT), dan EPW on Talk (EOT).

Nesa menjelaskan, SNOW merupakan kegiatan yang memberi kesempatan kepada siswa dan mahasiswa untuk menyalurkan ide solutif mereka dalam wujud karya tulis ilmiah. “Tema yang dipilih untuk kompetisi SNOW adalah Utilize Your Knowledge For Our Better Nation,” ujarnya.

“Sedangkan EPC merupakan ajang olimpiade tahunan tingkat nasional khusus bagi siswa SMA/sederajat,” lanjutnya kemudian. Ia mengatakan, EPC sendiri bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam bidang ilmu fisika sekaligus pengenalan mengenai keprofesian Teknik Fisika kepada siswa SMA. Pada babak semifinal, para peserta dikenalkan pada berbagai aboratorium yang ada di Departemen Teknik Fisika ITS.

Selain itu, EPW 2018 juga mengadakan lomba fotografi dengan nama SNAPSHOT. Mengangkat tema Kebersamaan Pada Generasi Muda, para peserta ditantang untuk menerjemahkan makna kebersamaan dalam bentuk foto. Lima puluh foto terbaik pada kompetisi ini dipamerkan pada penutupan EPW 2018.

Sebagai hidangan penutup, kegiatan yang terakhir adalah EOT. Acara ini merupakan talkshow yang membahas perihal Internet of Things. Tahun ini, EOT menggandeng pembicara terkemuka yakni Ir Herry Abdul Aziz M Eng (Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Komunikasi dan Informatika) Norman Sasono (Co-founder dan CTO at Bizzy.co.id), dan Aji Ngumboro (Direktur Utama PT Hutama Maju Mandiri).

“Saya harap, Melalui EPW 2018, semua peserta yang terlibat dapat mengetahui dan menunjukkan kompetensi dirinya masing-masing” pungkas Mahasiswa berkacamata ini.

Latest News

  • Perangkingan ITS pada QS

    Berikut informasi perangkingan ITS pada QS Post Views: 603

    07 Apr 2022
  • SOP Perkuliahan Tatap Muka Terbatas ITS 2022

    Nah kali ini, terdapat informasi yang penting untuk sobat kampus sekalian. Yaitu, mulai 7 Februari 2022 akan dilaksanakan Perkuliahan

    03 Feb 2022
  • Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan Semester Genap 2021/2022

    Berikut kami sampaikan informasi terkait persiapan pelaksanaan perkuliahan semester Genap 2021/2022 di Departemen Teknik Fisika FTIRS sebagaimana terlampir atau

    19 Jan 2022