Student Internship

Student Internship

Kerja Praktek (KP) ialah Kerja Lapangan atau Kerja Nyata yang harus dilaksanakan  mahasiswa di suatu lembaga dalam waktu yang yang telah ditetapkan dengan  bobot 2 sks.

  1. Mampu bermasyarakat dalam dunia kerja
  2. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem kerja di suatu lembaga
  3. Mampu mengidentifikasi masalah untuk dianalisis dengan menggunakan metode statistik.
  • TAHAP I. PENDAFTARAN

           Sebelum Pendaftaran Kp, mahasiswa harus :

  1.  Mengikuti sosialisasi kerja praktek
  2. Mengumpulkan formulir pendaftaran ke koordinator kp yang di lampiri  bukti sks tempuh, S1 dan S1-LJ=100 SKS
  3. Form Pendaftaran, form bimbingan proposal, form A,B,C,D, dan Penjajagan serta tata cara penulisan proposal dan laporan dapat di download di Website Statistika ITS.
  4. Lakukan pendaftaran secara online di website statistik:  www.statistics.its.ac.id
  •    TAHAP II.PEMBUATAN PROPOSAL
  1.  Setelah dosen Pembimbing KP diumumkan, mahasiswa  menemui       dosen pembimbing untuk konsultasi pembuatan proposal.
  2. Pembimbingan pembuatan proposal minimum 3 kali. Mahasiswa harus membawa formulir bimbingan proposal, (dilampirkan pada proposal). Setelah bimbingan selesai , proposal KP  ditandatangani oleh pembimbing dan Sekprodi II .
  3. Mahasiswa mengisi form surat penjajagan ke perusahaan/instansi  yang sudah ditandatangani lengkap oleh sekprodi II, kemudian diserahkan ke Admin Prodi S1 untuk dibuatkan surat resmi ke perusahaan.
  4. Mahasiswa menyerahkan surat resmi dan proposal ke perusahaan/instansi.
  5. Mahasiswa menunggu jawaban dari perusahaan.Jjika diterima surat penerimaan difotocopy 2X, selanjutnya surat penerimaan ini ditandatangi dan diserahkan ke Pembimbing dan Admin Prodi S1 sebagai arsip.
  6. Surat penerimaan asli diserahkan ke Sekprodi-II, sebelum melakukan kerja praktek.
  7. Jika Perusahaan menolak permohonan KP, maka mahasiswa harus meminta suarat penolakan pada perusahaan, bisa surat resmi atau memeo yang ditandatangi oleh pejabat yang syah di perusahaan sebagai pertanggungjawaban. Kemudian surat penolakan di serahkan ke Korprodi dan pembimbing. Selanjutnya mahasiswa  mengulangi prosedur penjajagan permohonan KP ke perusahaan lain. Seperti langkah-langkah di atas. (perhatian: surat resmi dari Jurusan hanya dibatasi 2X saja, jadi pastikan dulu perusahaan mau menerima KP atau tidak)
  • TAHAP III.PELAKSANAAN KP
  1. Mahasiswa yang sudah diterima KP di suatu perusahaan/instansi harus melakukan Daftar Ulang KP secara online agar pihak Prodi dapat mempunyai informasi tentang mahasiswa yang sudah diterima KP di instansi/perusahaan.
  2. Mahasiswa harus mulai Kerja Praktek di Perusahaan selama 1 bulan sesuai perjanjian dengan perusahaan/instansi. Bimbingan Kerja Praktek dapat dilakukan pada saat kerja praktek berlangsung atau sesudahnya tergantung kesepakatan dengan pembimbing KP.
  3. Selama proses pembimbingan mahasiswa dapat mulai mengerjakan laporan KP (waktu 2 bulan setelah KP di perusahaan selesai dilakukan)
  4. Selama Proses pembimbingan mahasiswa wajib membawa Form A dan B untuk di tandatangani oleh perusahaan dan pembimbing KP (Form Harus asli bukan Fotocopy).
  5. Form A dan B yang sudah di tandatangani lengkap harus dilampirkan pada buku laporan kerja Praktek dan siap dijilidkan.
  6. Buku Laporan KP  ditandatangi  Kajur diparaf oleh kaprodi, Pembimbing di jurusan Statistika  dan Pembimbing lapangan dari Perusahaan.
  7. Buku diserahkan ke Ruang baca Statistika dan Perpustakaan Pusat ITS.
  •    TAHAP IV.PENYERAHAN NILAI KP
  1. Setelah menyelesaikan laporan, mahasiswa harus segera menyerahkan form C dan form D ke dosen pembimbing KP
  2. Form C adalah form penilaian dari perusahaan yang diserahkan dalam amplop tertutup.
  3. Form D adalah form penilaian dari dosen pembimbing di Jurusan yang diberikan kosongan karena dosen pembimbing sendiri yang akan menulis dan menyerahkannya kepada Admin Prodi S1.
  4. Mahasiswa menyerahkan fotocopy penyerahan Laporan KP dari Ruang Baca dan Perpus ITS kepada Admin Prodi S1
  5. Nilai di entry kan oleh Korprodi dengan ketentuan Keterlambatan :
  6. 1 hari s.d 1 bulan nilai maksimum AB,
  7. 1 bulan s.d 2 bulan nilai maksimum B
  8. 2 bulan s.d 3 bulan nilai maksimum BC
  9. Lebih dari 3 bulan nilai maksimum E dan mahasiswa wajib menyerahkn laporan di tempat KP kepada Koordinator KP dan melakukan pendaftaran KP di tempat lain.
  10. Mahasiswa dapat mengambil KP di FRS Online setelah proses KP selesai atau satu semester berikutnya
  11. Mahasiswa tidak disarankan mengambil KP di FRS Online bila belum melaksanakan KP