Study Program

Pusat Pendidikan Statistika

Pada awalnya Statistika merupakan salah satu bidang peminatan di Jurusan Matematika Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA) ITS. Seiring dengan perkembangan kebutuhan di masyarakat, Bidang Peminatan Statistika akhirnya berkembang menjadi Jurusan Baru di FIPIA ITS. Mulai tahun 1983 Jurusan Statistika secara resmi berdiri bersamaan dengan perubahan nama FIPIA menjadi FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) ITS. Berdirinya Jurusan Statistika FMIPA ITS didasarkan pada: PP No 5 tahun 1980, PP No 27 tahun 1981, dan Keppres No 58 tahun 1982.Untuk memenuhi kebutuhan Ahli Statistika di tingkat Madya, pada tahun 1981 Jurusan Statistika membuka Program Studi Diploma-III (D-III) Statistika yang disahkan dengan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI), Nomor: 116/DKTI/Kep/1984. Seiring dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan peningkatan kompetensi statistika dan peningkatan jenjang pendidikan di Indonesia, pada Tahun 1999Jurusan Statistika mendirikan Program Studi Magister (S-2) Statistika. Program Studi S-2 Statistika berdiri berdasarkan SK Dirjen DIKTI Nomor: 253/DIKTI/Kep/1999. Selanjutnya, pada tahun 2006 Jurusan Statistika membuka Program Doktor (S-3) Statistika. Berdirinya Program Doktor Statistika didorong oleh keinginan agar potensi Jurusan Statistika ITS yang semakin berkembang dapat memberikan kemanfaatan optimal bagi pengembangan ilmu statistika di Indonesia. Program Studi S-3 disahkan oleh Dirjen DIKTI dengan SK Nomor: 3795/D/T/2006. Dengan demikian sejak tahun 2006 Jurusan Statistika FMIPA ITS memiliki 4 program pendidikan yaitu :
Program Diploma-III (D-III)
Program Sarjana (S1)
Program Magister (S2)
Program Doktor (S3)
Dalam perkembangannya, seiring dengan peningkatan potensi yang dimiliki dan semakin berkembangnya iklim akademik, serta didukung oleh komitmen seluruh civitas academica, Jurusan Statistika tumbuh menjadi salah satu Jurusan di ITS yang menjadi prioritas pilihan bagi masyarakat. Saat ini tiga program studi yang dimiliki memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program Diploma-III memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 0187/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2016. Program Sarjana memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 1155/SK//BAN-PT/Akred/S/XI/2015. Sedangkan Program Magister memperoleh akreditasi A dengan SK Nomor: 016/BAN-PT/Ak-IX/S-2/IX/2011. Sementara itu, Program Doktor memperoleh akreditasi B dengan skore 352 dari BAN PT berdasarkan keputusan BAN-PT No. 121/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2014. Selain memperoleh pengakuan di level nasional, kualitas Program Studi S1 Statistika telah diakui secara internasional dengan diraihnya sertifikasi internasional Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2015 dengan Certificate Number : AP99ITSFEB15.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.