Kerja Praktik dan Tugas Akhir

Kerja Praktik (KP) & Tugas Akhir (TA)

Kerja Praktik (KP) ialah Kerja Lapangan atau Kerja Nyata yang harus dilaksanakan mahasiswa di suatu lembaga dalam waktu yang yang telah ditetapkan dengan bobot 2 sks.


TUJUAN KERJA PRAKTIK (KP)
  1. Mampu bermasyarakat dalam dunia kerja.
  2. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang sistem kerja di suatu lembaga.
  3. Mampu mengidentifikasi masalah untuk dianalisis dengan menggunakan metode statistik.

TAHAP I. PENDAFTARAN

Sebelum Pendaftaran Kp, mahasiswa harus:

  1. Mengikuti sosialisasi kerja praktek.
  2. Mengumpulkan formulir pendaftaran ke koordinator kp yang di lampiri bukti sks tempuh, S1 dan S1-LJ = 100 SKS.
  3. Form Pendaftaran, form bimbingan proposal, form A,B,C,D, dan Penjajagan serta tata cara penulisan proposal dan laporan dapat di download di Website Statistika ITS.
  4. Lakukan pendaftaran secara online di website Departemen Statistika: www.its.ac.id/statistika.

TAHAP II. PEMBUATAN PROPOSAL
  1. Setelah dosen Pembimbing KP diumumkan, mahasiswa menemui dosen pembimbing untuk konsultasi pembuatan proposal.
  2. Pembimbingan pembuatan proposal minimum 3 kali. Mahasiswa harus membawa formulir bimbingan proposal, (dilampirkan pada proposal). Setelah bimbingan selesai , proposal KP ditandatangani oleh pembimbing dan Sekprodi II.
  3. Mahasiswa mengisi form surat penjajagan ke perusahaan/instansi yang sudah ditandatangani lengkap oleh sekprodi II, kemudian diserahkan ke Admin Prodi S1 untuk dibuatkan surat resmi ke perusahaan.
  4. Mahasiswa menyerahkan surat resmi dan proposal ke perusahaan/instansi.
  5. Mahasiswa menunggu jawaban dari perusahaan.Jjika diterima surat penerimaan difotocopy 2X, selanjutnya surat penerimaan ini ditandatangi dan diserahkan ke Pembimbing dan Admin Prodi S1 sebagai arsip.
  6. Surat penerimaan asli diserahkan ke Sekprodi-II, sebelum melakukan kerja praktek.
  7. Jika Perusahaan menolak permohonan KP, maka mahasiswa harus meminta suarat penolakan pada perusahaan, bisa surat resmi atau memeo yang ditandatangi oleh pejabat yang syah di perusahaan sebagai pertanggungjawaban. Kemudian surat penolakan di serahkan ke Korprodi dan pembimbing. Selanjutnya mahasiswa mengulangi prosedur penjajagan permohonan KP ke perusahaan lain. Seperti langkah-langkah di atas. (perhatian: surat resmi dari Jurusan hanya dibatasi 2X saja, jadi pastikan dulu perusahaan mau menerima KP atau tidak).

TAHAP III. PELAKSANAAN KP
  1. Mahasiswa yang sudah diterima KP di suatu perusahaan/instansi harus melakukan Daftar Ulang KP secara online agar pihak Prodi dapat mempunyai informasi tentang mahasiswa yang sudah diterima KP di instansi/perusahaan.
  2. Mahasiswa harus mulai Kerja Praktek di Perusahaan selama 1 bulan sesuai perjanjian dengan perusahaan/instansi. Bimbingan Kerja Praktek dapat dilakukan pada saat kerja praktek berlangsung atau sesudahnya tergantung kesepakatan dengan pembimbing KP.
  3. Selama proses pembimbingan mahasiswa dapat mulai mengerjakan laporan KP (waktu 2 bulan setelah KP di perusahaan selesai dilakukan).
  4. Selama Proses pembimbingan mahasiswa wajib membawa Form A dan B untuk di tandatangani oleh perusahaan dan pembimbing KP (Form Harus asli bukan Fotocopy).
  5. Form A dan B yang sudah di tandatangani lengkap harus dilampirkan pada buku laporan kerja Praktek dan siap dijilidkan.
  6. Buku Laporan KP ditandatangi Kadep diparaf oleh Sekdep I, Pembimbing di Departemen Statistika dan Pembimbing lapangan dari Perusahaan.
  7. Buku diserahkan ke Ruang baca Statistika dan Perpustakaan Pusat ITS.

TAHAP IV. PENYERAHAN NILAI KP
  1. Setelah menyelesaikan laporan, mahasiswa harus segera menyerahkan form C dan form D ke dosen pembimbing KP.
  2. Form C adalah form penilaian dari perusahaan yang diserahkan dalam amplop tertutup.
  3. Form D adalah form penilaian dari dosen pembimbing di Departemen yang diberikan kosongan karena dosen pembimbing sendiri yang akan menulis dan menyerahkannya kepada Admin Prodi S1.
  4. Mahasiswa menyerahkan fotocopy penyerahan Laporan KP dari Ruang Baca dan Perpus ITS kepada Admin Prodi S1.
  5. Nilai di entry kan oleh Korprodi dengan ketentuan Keterlambatan : - 1 hari s.d 1 bulan nilai maksimum AB. - 1 bulan s.d 2 bulan nilai maksimum B. - 2 bulan s.d 3 bulan nilai maksimum BC. - Lebih dari 3 bulan nilai maksimum E dan mahasiswa wajib menyerahkn laporan di tempat KP kepada Koordinator KP dan melakukan pendaftaran KP di tempat lain.
  6. Mahasiswa dapat mengambil KP di FRS Online setelah proses KP selesai atau satu semester berikutnya.
  7. Mahasiswa tidak disarankan mengambil KP di FRS Online bila belum melaksanakan KP.

Sebagai puncak kegiatan perkuliahan di Program S1, mahasiswa diwajibkan mengambil Tugas Akhir dengan bobot 6 SKS. Mahasiswa Program S1 diwajibkan mengikuti Seminar Tugas Akhir sebelum ujian Tugas Akhir.



TAHAP I. SOSIALISASI TUGAS AKHIR
  1. Sosialisasasi Topik Tugas Akhir. Kepala Laboratorium menyampaikan topik penelitian di Laboratorium masing-masing.
  2. Sosialisasi Prosedur pembuatan Tugas Akhir. Sekretaris Program studi-1 mensosialisasikan prosedur TA secara administratif.

TAHAP II. PENDAFTARAN TUGAS AKHIR
  1. Pendaftaran TA dibuka saat perwalian. Dimulai hari pertama dan ditutup hari terakhir masa perwalian.
  2. Pada saat pendaftaran Mahasiswa mengisi formulir pendaftaran secara online dan menyerahkan:
    1. Draft proposal
    2. Transkrip terakhir
    3. Sertifikat Toefl
    4. Bukti telah mengikuti seminar 10 kali (Form PP-1)
  3. Draft proposal seperti yang dimaksud pada nomor 2. minimal meliputi latar belakang masalah, tujuan dan metodologi yang digunakan. Tujuan pembuatan draft proposal adalah untuk penetapan dosen pembimbing agar sesuai (minimal 90% sesuai).


TAHAP III. PEMBAGIAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR
  1. Sekprodi Sarjana bersama para Kalaboratorium menentukan dosen pembimbing.
  2. Pembagian dosen pembimbing dilakukan di setiap laboratorium, berdasarkan :
    1. Kesesuaian kompetensi dosen.
    2. Kapasitas dosen yang disesuaikan dengan aturan dalam penilaian BAN-PT yaitu, jika jumlah pembimbingan :1-4 orang, maka penilaian akan mendapat skor maksimum (4).
    3. Pilihan mahasiswa. Mahasiswa diberi kesempatan memilih, tetapi jika seorang dosen telah mendapat beban penuh, maka Sekretaris Prodi I berhak memindahkan ke dosen lain.
    4. Proporsional, artinya proporsional antara jumlah mahasiswa dan jumlah dosen di laboratorium.
  3. Pengumuman dosen pembimbing pada paling lambat, minggu ke-1 perkuliahan.

TAHAP IV. PEMBUATAN PROPOSAL BERSAMA PEMBIMBING
  1. Pembuatan proposal bersama pembimbing pada minggu ke-2 dan 3.
  2. Pembuatan proposal di sini adalah untuk melengkapi draft proposal yang sudah dibuat pada saat pendaftaran.
  3. Proposal yang sudah diperbaiki pembimbing dikumpulkan pada minggu ke-4 di unit Administrasi S1.
  4. Pada saat pembuatan Proposal mahasiswa harus membawa formulir PP-2 untuk ditandatangani pembimbing sebagai bukti telah bimbingan minimal 3 kali.

TAHAP V. SEMINAR PROPOSAL
  1. Mahasiswa mendaftar seminar proposal TA dengan menyerahkan Proposal yang telah diperbaiki dan bukti bimbingan yaitu Form PP-2.
  2. Sekprodi Sarjana membuat jadwal seminar proposal untuk mahasiswa yang mendaftar seminar proposal pada minggu ke-4 dan diumumkan ke mahasiswa dan dosen pembimbing minimal 2 hari sebelum pelaksanaan seminar.
  3. Seminar proposal dilaksanakan pada minggu ke-4 atau 5.
  4. Setelah seminar proposal mahasiswa diberi kesempatan memperbaiki proposal dibawah arahan dosen penguji dengan membawa Form PP-3
  5. Pengumpulan perbaikan proposal satu minggu setelah jadwal seminar proposal dan disetujui oleh tim penguji proposal. Jika dalam satu semester mahasiswa tidak mengumpulkan proposal yang telah diperbaiki, maka harus melakukan seminar proposal ulang pada semester berikutnya.

TAHAP VI. PROSES PEMBIMBINGAN SKRIPSI
  1. Proses pembimbingan skripsi berlangsung lebih kurang 10 minggu, dimulai pada minggu ke-6 dan berakhir pada minggu ke-16. Proses pembimbingan dapat meliputi survey/pengumpulan data, analisis data dan cara penulisan.
  2. Selama proses pembimbingan mahasiswa harus membawa Form PP-4, sebagai bukti telah bimbingan. Jumlah bimbingan minimal 5 kali.

TAHAP VII. SEMINAR DAN UJIAN TUGAS AKHIR
  1. Mahasiswa mendaftar ke bagian administrasi dengan membawa:
    1. Draft TA dan makalah dengan jumlah:
      • Masing-masing 3 eksemplar jika tidak ada Co-pembimbing.
      • Masing masing 4 eksemplar jika ada Co-pembimbing.
    2. Bukti jumlah bimbingan TA minimal 5 kali (form PP-3).
    3. Sertifikat Toefl bagi yang lulus dengan skor 477. Bagi yang belum lulus, harus diserahkan sebelum yudisium.
    4. Bukti Skor SKEM, yaitu skor yang menunjukkan mahasiswa telah mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Berdasarkan Peraturan Akademik ITS 2014, minimal Skor SKEM adalah 1300 untuk program studi Sarjana Reguler. Sedangkan untuk program studi Sarjana Lintas Jenis tidak persyaratan SKEM.
  2. Setelah mendaftar Seminar dan Ujian TA, mahasiswa akan mengikuti 5 langkah berikut:
    1. PROSES VALIDASI
      Mahasiswa melakukan proses validasi sesuai jadwal yang telah disepakati validator (dosen pembimbing). Validasi dilakukan paling lambat 1 hari menjelang seminar tugas akhir. Mahasiswa harus membawa laporan TA dan Form validasi yaitu Form P-1 sebagai bukti telah melakukan validasi
    2. SEMINAR TUGAS AKHIR
      Mahasiswa melakukan presentasi TA secara terbuka dihadapan tim penguji dan sejumlah mahasiswa minimal 10 orang. Mahasiswa yang presentasi TA harus memakai baju bawahan hitam, baju atasan putih, dan jas almamater. Seminar tugas akhir dilakukan dengan durasi kurang lebih 45 menit. Penguji menilai mahasiswa dengan Form P-2.
    3. UJIAN TUGAS AKHIR
      Setelah dilakukan seminar tugas akhir, mahasiswa mengikuti ujian lisan secara tertutup. Tim Penguji menilai performa mahasiswa dengan Form P-4. Ujian tugas akhir dilakukan selama 60 menit.
    4. PERBAIKAN MAKALAH
      Setelah seminar TA, mahasiswa harus memperbaiki makalah sesuai dengan saran penguji dan pembimbing pada saat sesi presentasi. Mahasiwa harus menyerahkan form perbaikan makalah (Form P-3 dan P-3A) dan makalah yang sudah diperbaiki ke pihak administrasi.
    5. PERBAIKAN LAPORAN TA
      Mahasiswa harus melakukan perbaikan TA segera setelah ujian berlangsung dengan durasi kurang lebih 1 minggu. Selama perbaikan laporan TA mahasiswa membawa Form P-5. Bukti perbaikan laporan TA (Form P-5) diserahkan ke pihak adimistrasi. Laporan TA yang sudah dibukukan ditandatangani oleh Kepala Departemen dengan paraf ketua prodi Sarjana. Selanjutnya buku TA yang sudah ditandatangani, diserahkan ke ruang baca statistika (RBS) dan perpustkaan ITS.
    6. CEK LIST KELENGKAPAN YUDISIUM
      Mahasiswa harus melengkapi berkas-berkas yang diperlukan untuk yudisium, seperti blanko bebas tanggungan, blanko perbaikan TA, blanko perbaikan makalah, transkrip terbaru dengan nilai TA, surat bebas, sertifikat TOEFL, SKEM terbaru, poster, dan mengupload jurnal/artikel ke POMITS.