Visi dan Misi

Visi

Menjadi lembaga pendidikan dan pengembangan statistika dan sains data bertaraf internasional yang berkontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang Komputasi, Bisnis & Industri, Ekonomi & Finansial, Sosial & Kependudukan, serta Lingkungan & Kesehatan.

Misi

  1. Misi Departemen Statistika memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang statistika dan sains data serta terapannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Misi Departemen Statistika di bidang pendidikan:
    1. menyelenggarakan pendidikan Sarjana dan Pascasarjana berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas internasional pada bidang statistika dan sains data serta terapannya;
    2. menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mempunyai pengetahuan kewirausahaan.
  3. Misi Departemen Statistika di bidang penelitian adalah berperan secara aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang statistika dan sains data serta terapannya melalui kegiatan penelitian yang berkualitas internasional.
  4. Misi Departemen Statistika di bidang pengabdian kepada masyarakat adalah memanfaatkan sumber daya yang dimiliki departemen untuk berperan aktif dalam menyelesaikan problem yang dihadapi oleh masyarakat, industri, dan pemerintahan.
  5. Misi Departemen Statistika di bidang manajemen:
    1. pengelolaan kemampuan sumber daya di departemen secara profesional dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi;
    2. mengembangkan jejaring dan bersinergi dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, industri, masyarakat, dan pemerintahan dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Nilai

Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Departemen Statistika adalah:

  1. Etika dan Integritas (Ethics and Integrity); dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama
  2. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik
  3. Ekselensi (Excellence); berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  4. Kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership); menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab
  5. Sinergi (Synergy); bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  6. Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility); menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, unggul dalam bidang statistika dan sains data serta penerapannya, berkepribadian yang baik dan mandiri, mempunyai kemampuan profesional dan etika profesi, memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi, mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan statistika dan sains data yang berkualitas tinggi bagi kebutuhan bidang Komputasi, Bisnis & Industri, Ekonomi & Finansial, Sosial & Kependudukan, serta Lingkungan & Kesehatan yang bertaraf nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan jejaring dengan Perguruan Tinggi lain, masyarakat, industri, lembaga pemerintah dan lembaga lain di tingkat nasional dan internasional yang dilandasi etika akademik, manfaat dan saling menguntungkan.
  4. Menumbuhkan iklim akademik yang kondusif untuk membangun sikap apresiatif, partisipatif dan kontributif dari civitas akademika, serta menjunjung tinggi tata nilai dan moral akademik.
  5. Menjadikan Departemen Statistika sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang statistika dan sains data serta penerapannya yang berkontribusi pada penyelesaian permasalahan di masyarakat.